Comscore Tracker

5 Sumber Bau di Rumah Ini Perlu Rajin Kamu Bersihkan, Biar Nyaman!

#IDNTimesLife Aroma tak sedap langsung hilang

Rumah merupakan tempat ternyaman yang menjadi singgahan setiap orang setelah lelah beraktivitas seharian. Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi dambaan setiap orang agar dapat kembali mengisi energi dengan maksimal. Namun, kadang kala tak semua rumah memiliki suasana yang baik untuk beristirahat.

Pada beberapa rumah justru terganggu dengan aroma tak sedap yang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kamu dapat mencoba memeriksa beberapa sumber bau di rumah berikut ini agar rumahmu tetap harum dan nyaman ditinggali.

1. Tempat sampah yang terisi penuh

5 Sumber Bau di Rumah Ini Perlu Rajin Kamu Bersihkan, Biar Nyaman!ilustrasi tempat sampah (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Semua orang pasti akan menjawab bahwa tempat sampahlah yang pada umumnya menjadi sumber bau utama di rumah. Tentu saja sebagai tempat pembuangan akhir, tempat sampah memiliki aroma tersendiri yang dirasa tak sedap bagi sebagian orang. Tentunya kamu dapat mensiasati hal tersebut dengan rajin membuang sampah dan mengganti alas tempat sampah agar aromanya tak menyengat.

2. Sisa cucian piring

5 Sumber Bau di Rumah Ini Perlu Rajin Kamu Bersihkan, Biar Nyaman!ilustrasi mencuci piring (Pexels/Andrea Piacquadio)

Lokasi selanjutnya yang menjadi titik utama dari aroma tak sedap di rumah adalah sisa dari cucian piring yang masih tersedia. Sisa cucian piring yang ada menjadi tempat yang lembap dan menjadi favorit banyak mikroorganisme untuk tumbuh. Kamu tentunya perlu memastikan bahwa tak ada cucian piring yang menumpuk dan sisa makanan bisa langsung dibuang.

3. Pakaian basah yang belum dicuci

5 Sumber Bau di Rumah Ini Perlu Rajin Kamu Bersihkan, Biar Nyaman!ilustrasi mencuci baju (Pexels/Daria Sannikova)

Selain piring yang belum dicuci, ternyata pakaian basah juga bisa menjadi sumber dari aroma tak sedap di rumah. Oleh sebab itu, jangan membiasakan diri untuk menumpuk pakaian yang belum dicuci karena akan membuat aromanya semakin menyengat. Rajinlah mencuci baju agar tidak menumpuk dan menjadi sumber bau di rumah.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!

4. Tempat tidur yang jarang dibersihkan

5 Sumber Bau di Rumah Ini Perlu Rajin Kamu Bersihkan, Biar Nyaman!ilustrasi tempat tidur bersih (Pexels/Burst)

Meskipun menjadi tempat yang sering disinggahi untuk beristirahat, namun faktanya tempat tidur tetap saja bisa menjadi sumber dari aroma tak sedap. Hal ini bisa terjadi bila tempat tidur yang digunakan jarang dibersihkan. Akibatnya banyak kotoran dan debu menumpuk yang bisa menjadi sumber bau.

5. Hewan peliharaan dan kandangnya

5 Sumber Bau di Rumah Ini Perlu Rajin Kamu Bersihkan, Biar Nyaman!ilustrasi kucing peliharaan (Unsplash.com/Chewy)

Kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? Jika iya, maka kamu harus ekstra berhati-hati dalam menjaga kebersihannya. Selain memperhatikan kebersihan dari hewan peliharaan, kamu juga perlu fokus pada kebersihan kandangnya. Jika kamu abai dalam memperhatikan dua hal tersebut, bukan tak mungkin jika hewan peliharaanmu dan kandangnya bisa menjadi sumber aroma tak sedap di rumah.

 

Rumah yang nyaman dan bersih perlu terbebas dari aroma tak sedap. Dengan kriteria tersebut, maka kamu harus mampu menciptakannya melalui kebiasaan rajin membersihkan rumah secara teratur. Kamu jadi lebih nyaman berada di rumah, deh!

Baca Juga: 5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya