Comscore Tracker

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Menambah Anak, Penting!

Jangan sampai tanpa pertimbangan yang jelas

Kehadiran momongan merupakan salah satu hal yang sangat diidamkan dari para orangtua. Tentunya para orangtua banyak yang berharap agar dapat dikaruniai anak-anak yang baik dan berbakti.

Untuk jumlah anak yang diinginkan biasanya bisa berbeda-beda tiap pasangannya, meski secara idealnya adalah dua anak. Namun, ternyata dalam menambah anak tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab perlu mempertimbangkan beberapa hal yang berikut ini.

1. Usia ibu

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Menambah Anak, Penting!ilustrasi anak dan ibu (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Hal pertama yang harus jadi bahan pertimbangan adalah mengenai usia ibu. Hal ini karena memang usia ibu sangat berpengaruh terhadap kondisi janin dan juga kesehatannya.

Bahkan ada risiko tersendiri bagi sang ibu apabila memaksakan untuk memiliki anak di usia 40 tahun lebih. Itulah mengapa pertimbangan akan usia ibu adalah salah satu hal yang tak boleh disepelekan.

2. Kemampuan finansial

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Menambah Anak, Penting!ilustrasi memiliki uang (pexels.com/@karolina-grabowska)

Kemampuan finansial merupakan modal besar sebelum akhirnya memiliki anak kedua. Hal ini karena ketika pasangan diberikan momongan lagi, maka artinya tanggung jawab pun akan bertambah.

Jelas saja ini membuat pasangan membutuhkan kemampuan finansial yang matang agar dapat membesarkan anak-anaknya dengan baik. Bila kemampuan finansialnya sudah sesuai, maka tak ada masalah dalam memiliki anak kedua.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Mau Punya Momongan denganmu, Siap Jadi Orangtua nih!

3. Selisih usia dengan anak pertama

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Menambah Anak, Penting!Ilustrasi kakak menjaga adiknya (Pexels/Pixabay)

Hal yang tak boleh luput dari pertimbangan selanjutnya adalah mengenai selisih usia anak. Mungkin banyak pasangan yang berpikir bahwa hal ini tak terlalu penting, padahal cukup penting apabila dipikirkan lebih jauh.

Jika memiliki dua anak dengan selisih yang singkat, maka akan mengorbankan banyak hal. Contohnya adalah ASI eksklusif dari anak pertama yang harus terpaksa diberhentikan atau bahkan situasi rumah tangga yang terasa lebih repot, sebab selisih usia anak berdekatan.

4. Kesiapan mental suami dan istri

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Menambah Anak, Penting!ilustrasi ayah dan anak (unsplash.com/@bonko86)

Antara suami dan istri tentunya memiliki pertimbangan yang penting sebelum menambah anak. Hal ini dapat diperhatikan dari kondisi mental keduanya, sehingga tak boleh disepelekan begitu saja.

Apabila memang antara pasangan sudah sama-sama siap memiliki anak kedua, maka tak ada masalah. Justru yang disayangkan apabila memaksakan diri untuk menambah momongan, padahal belum tentu yakin dalam menanggung hal tersebut dengan baik.

5. Kondisi perkembangan anak pertama

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Menambah Anak, Penting!ilustrasi anak marah dan egois (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Anak pertama sering kali menjadi pertimbangan yang dipikirkan oleh pasangan sebelum menambah momongan. Mungkin hal ini karena dilihat dari perkembangan anak pertama dalam menyambut calon adiknya.

Jika ternyata kondisi perkembangan anak pertama masih belum terlalu baik, sehingga membutuhkan perhatian ekstra dari orangtuanya, maka jangan dulu memutuskan menambah momongan. Pastikan bahwa kondisi perkembangan anak pertama juga sudah siap.

 

Tentu tidak sembarangan dalam memutuskan untuk menambah momongan. Ada pertimbangan panjang yang juga harus diperhatikan. Jangan gegabah, ya!

Baca Juga: 9 Tanda Unik Kamu Siap Punya Momongan, Gak Cuma Siap Finansial Saja

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya