Comscore Tracker

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama Kerja

Ayo, gak mungkin cewek doang yang ngerjain!

Dewasa ini, kebutuhan yang meningkat dan makin mahalnya harga bikin banyak pasutri bekerja. Apabila hanya salah satu saja yang bekerja, ditakutkan beberapa kebutuhan dan cicilan tidak dapat tertangani. Belum kalau ada keadaan darurat, suami dan istri harus bisa saling back up.

Tapi, salah satu resiko jika pasangan sama-sama bekerja adalah tugas rumah terbengkalai atau hanya dikerjakan oleh salah satunya saja. Kalau sudah seperti ini, mau gak mau harus ada pembagian tugas rumah nih! Lalu, bagaimana caranya? Untuk mengawalinya, yuk kita simak cara bagi tugas rumah buat pasangan millenials yang sama-sama kerja ini!

1. Jika kalian baru akan menikah, ada baiknya hal ini dibicarakan baik-baik. Mengurus rumah pun kelak berhubungan dengan mengasuh buah hati

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama KerjaPexels/sk

Masalah istri atau suami akan bekerja pasca nikah, masih saja jadi topik hangat untuk pasangan yang baru akan menikah. Pasalnya, menikah tentunya masih membutuhkan banyak modal untuk kehidupan sehari-hari. Belum dengan cicilan rumah, alat elektronik, atau kendaraan. Selain itu, faktor masih ingin mencapai prestasi mungkin muncul.

Hal ini tidak harus selalu jadi konflik. Asalkan kamu dan pasangan bisa berbicara dari hati ke hati dan mempertimbangkan kurang lebihnya, pasti didapat keputusan yang menguntungkan kedua belah pihak. Toh, masing-masing juga ingin melihat hidupnya bahagia bersama kan?

2. Mulailah mengawali pembagian tugas dengan kalimat-kalimat yang bersifat persuasif dan spesifik. Walau sulit, kamu harus mencoba!

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama KerjaPexels/Nathan Cowley

Kadang-kadang, pasangan tidak paham kalau kamu ingin dibantu walaupun sudah diberi tahu? Mungkin cara kamu menyampaikannya yang perlu disiasati. Bicaralah dengan nada persuasif nan spesifik. Misalnya, "Aku ingin kamu membantuku membereskan rumah" digantikan dengan "Sayang, kita harus mulai membagi pekerjaan rumah ini berbarengan."

Lalu, sampaikan apa urgensinya jika kalian berbagi pekerjaan rumah bersama. Mungkin selama ini, kamu sering kelelahan dan berefek pada bangun kesiangan. Dijamin pasangan akan membantu dan menawarkan hal apa saja yang bisa dibantunya.

3. Pembagian tugas rumah hendaknya jangan sepihak, melainkan melibatkan pertimbangan bersama supaya adil

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama KerjaPexels/Nathan Cowley

Diskusi memang dibutuhkan dalam hal membagi tugas rumah tangga. Apalagi kamu dan suami punya jadwal yang berubah-ubah. Jika ada tugas yang sifatnya insidental seperti renovasi pipa air, ajak pasanganmu menandai kalender. Ketika jadwal semakin dekat, kalian sama-sama mengingatkan dan menentukan siapa yang bisa meluangkan waktu untuk tugas tersebut.

Baca Juga: 5 Pertengkaran Pasangan LDR yang Justru Bikin Hubungan Makin Kokoh!

4. Kelak, pasti ada beberapa tugas yang tak bisa dikerjakan olehmu atau pasangan. Tak masalah, tinggal bikin hari atau waktu penggantinya saja

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama Kerjapexels.com/creative vix

Ketika kamu dapat dinas mendadak, jadwal yang tadinya sudah matang pasti berubah. Mau tak mau, pasangan mengalah dan mengerjakan jadwal tugasmu bukan? Gak papa, kok! Hal ini wajar dan bukannya menambah bebannya. Kamu tinggal mencari jadwal pengganti di waktu lain dan biarkan pasangan mengambil "libur" saat kamu bekerja di waktu pengganti.

Ketika pasangan tidak dapat menjalankan tugasnya di lain waktu, kamu pun tak perlu pusing lagi. Kamu bisa ambil pekerjaan dobel. Di waktu pasangan kembali, kamu bisa mengambil waktu untuk hangout atau memanjakan diri bukan?

5. Jangan lupakan waktu untuk berduaan. Kalian pasti lelah karena pekerjaan kantor & rumah, sehingga perlu quality time

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama Kerjapexels/courtney sargent

Meski telah membuat jadwal dengan rapi, ada baiknya jangan terlalu saklek. Terlalu serius pada pekerjaan juga bikin stres, lho! Sudah cukup stres dengan kehidupan di kantor, jangan sampai stres juga dengan kehidupan rumah. Mari luangkan waktu dengan suami untuk jalan berdua atau liburan.

Bagaimana pun, pasangan suami istri juga perlu romantisme seperti masa pacaran. Gak cuma meningkatkan kekuatan hubungan, otak pun dibuat segar dan bahagia.

6. Pekerjaan rumah mungkin bisa diserahkan pada asisten. Tapi jika sudah memiliki anak, pastikan waktu untuk anak pun terjamin

6 Cara Bagi Tugas Rumah buat Pasangan Millennials yang Sama-Sama KerjaPexels/Johan Bos

Mungkin, kamu punya pembantu rumah tangga yang bisa mengerjakan segala tugas rumah. Barangkali, orangtua juga dengan senang hati turut mengasuh anak saat bekerja. Tapi, jangan jadikan ini alasan untuk melupakan anak ya! Pastikan perhatian ke anak tercukupi, terutama kasih sayangnya.

Itu dia enam cara bagi tugas rumah buat pasangan millennials yang sama-sama kerja. Bagaimana dengan kamu? Tertarik coba?

Baca Juga: 5 Alasan Tak Tebantahkan Kenapa INFJ dan INTP adalah Pasangan Serasi

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya