Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan Hidup

#IDNTimesLife Kebahagiaan itu kamu sendiri yang ciptakan

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang gak mau hidupnya bahagia. Semuanya pasti mau, bahkan ada sebagian orang yang sampai menjadikannya tujuan hidup. Nah, perihal kebahagiaan yang dijadikan tujuan hidup, sebenarnya hal itu agak kurang tepat.

Gak semestinya perasaan bahagia dijadikan sebagai tujuan, karena kita gak bisa mengontrol perasaan dan juga tidak ada jaminan untuk mendapatkannya, kan. Tapi kalau mau pembahasan lebih jelasnya, mungkin bisa simak lima alasannya di bawah ini.

1. Bahagia itu diciptakan

5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan HidupIlustrasi pasangan(pexels.com/Arina Krasnikova)

Alasannya kenapa gak semestinya menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan hidup ialah, karena pada dasarnya kebagiaan ya kamu sendiri yang menciptakannya. Kamu gak bisa atur-atur perasaanmu, dan memaka dirimu sendiri untuk bahagia ketika bukan saat yang tepat. Tapi kamu bisa menciptakan bahagiamu sendiri dalam hidup dengan melakukan hal-hal yang kamu cintai.

2. Soalnya hidup gak bakal selamanya bahagia terus

5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan HidupIlustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kedua, alasannya kenapa gak semestinya kebahagiaan dijadikan tujuan hidup ialah, bahwa hidup tak selamanya bahagia. Kita semua tahu kalau hidup bagaikan roda yang selalu berputar, jadi gak bakal bahagia terus. Jadi lebih baik jangan jadikan tujuan utama dalam hidup, karena kamu bisa kecewa nanti.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu sedang Mengejar Kebahagiaan dengan Standar Orang Lain

3. Kalau menargetkannya, bisa-bisa kamu gak bakal pernah menemukannya lho

5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan HidupIlustrasi orangtua stres(pexels.com/Keira Burton)

Dunia dan hidup ini gak selalu berjalan sesuai yang kita mau, jadi kalau sengaja menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan atau bahkan target hidup, takutnya malah gak mendapatkannya. Kenapa? Karena kebahagiaan bukan sesuatu yang bisa dikejar, akan tetapi mesti dirasakan oleh hati. Lebih baik pahami dulu apa makna kebahagiaan untukmu, sehingga tidak mengejar yang tidak pasti dan yang tidak kamu pahami.

4. Gak ada jaminan kalau kamu bakal benar-benar bahagia di titik momen kehidupan apapun

5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan HidupIlustrasi wanita(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak ada jaminan kalau menikah akan membuatmu bahagia, gak ada jaminan sukses berkarier serta merta membuatmu bahagia, dan yang lain-lainnya. Jadi sesuatu berupa kebiahagiaan itu gak bisa dijadikan suatu tujuan dan target dalam hidup kita.

5. Hidupmu bakalan capek, padahal bahagia bisa didapat dari hal kecil

5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan HidupIlustrasi teman(pexels.com/Keira Burton)

Misalnya saja seperti bagian dari kehidupan sehari-hari, momen menghabiskan waktu bersama keluarga, dicintai oleh pasangan, ngobrol dengan teman. Hal kecil seperti itu sebenarnya suatu hal membahagiakan dalam hidup yang patut disyukuri. Jadi jangan sampai kamu mengejar kebahagiaan yang sebenarnya sudah kamu miliki sendiri.

Bahagia itu salah satu bentuk emosi dan perasaan positif yang dirasakan seseorang. Jadi gak cocok rasanya kalau kebahagiaan dijadikan tujuan hidup utama. Yang mana kebahagiaan itu ya diciptakan dan rasakan sendiri, bukan dikejar apalagi sampai dibikin jadi target.

Baca Juga: Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan Hidup

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya