Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!

Gak cuma wawasan, cara berpikirmu juga ikutan meluas

Kebiasaan merupakan suatu hal yang kita lakukan secara berulang, entah itu tanpa sadar ataupun secara sadar. Ada kebiasaan yang baik namun ada juga yang tidak, dan tak sedikit orang yang menganggapnya sebagai suatu hal yang remeh.

Namun terlepas apakah kamu menyadarinya atau tidak, beberapa kebiasaan justru bermanfaat untuk dirimu, lho. Seperti lima kebiasaan di bawah ini yang tanpa sadar sebenarnya membuat wawasanmu menjadi luas. Apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya!

1. Langsung mencari tahu apa yang tidak kamu ketahui

5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!Ilustrasi lihat Laptop(pexels.com/Fauxels)

Kebiasaan pertama yang tanpa sadar membuat wawasanmu luas ialah, jika kamu tipe orang yang terbiasa langsung mencari tahu apa yang tidak kamu tahu. Misalnya, kamu sedang ngobrol dengan seseorang dan ada sesuatu dalam pembicaraan dengannya yang tak kamu mengerti, maka kamu pun langsung mencari tahunya ketika pulang.

Apalagi dengan adanya internet kamu bisa mendapat banyak informasi dengan mudah. Tanpa sadar kamu jadi tahu banyak hal, deh.

2. Selalu berani mencoba hal-hal baru sehingga punya banyak pengalaman

5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!Ilustrasi salaman(pexels.com/Fauxels)

Tanpa sadar kamu juga berwawasan luas jika terbiasa untuk berani mencoba hal-hal baru, sehingga wawasanmu berasal dari banyaknya pengalaman yang kamu miliki. Kamu mungkin melakukannya karena suka atau sekedar menghilangkan kebosanan diri, tapi justru berguna dalam menambah wawasanmu sendiri. Kebiasaanmu pun menjadi bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kamu Dicap Sebagai Pecundang

3. Menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang di sekitarmu

5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!Ilustrasi rapat kerja(pexels.com/Sora Shimazaki)

Kamu yang terbiasa menjadi pendengar yang baik mungkin gak sadar akan hal ini, bahwa pengetahuan dan wawasanmu kian bertambah seiring banyaknya cerita yang kamu dengarkan dari orang-orang. Karena beda orang yang bercerita atau curhat padamu, berbeda pula informasi yang kamu dapat, kan. Jadi gak heran kalau kemudian kamu tiba-tiba mengetahui banyak hal bersadarkan cerita dari orang lain.

4. Baca berbagai macam buku untuk menuntaskan rasa penasaranmu

5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!Ilustrasi belajar(pexels.com/Cottonbro)

Kebiasaan lainnya yang juga membuat wawasanmu luas ialah, jika kamu selalu membaca banyak buku demi menuntaskan rasa penasaranmu terhadap sesuatu. Kamu gak capek, bahkan gak bakal puas jika belum menemukan jawaban dari apa yang membuatmu penasaran. Jadi setiap penasaran maka kamu pun menambah watu jenis wawasan baru, dan begitulah hingga seterusnya. Bisa dibilang kalau ini memiliki keuntungan tersendiri untuk dirimu, jadi teruskanlah kebiasaanmu, ya!

5. Suka menilai suatu hal dari berbagai sudut pandang

5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!Ilustrasi diskusi(pexels.com/Fauxels)

Kamu yang memiliki kebiasaan menilai sesuatu dari berbagai sisi dan sudut pandang juga tanpa sadar menambah banyak wawasan dari kebiasaanmu itu, lho. Mungkin kelihatannya sepele, tapi percayalah bahwa setiap hal tak akan sama jika dilihat atau dinilai dari sudut pandang yang berbeda. Dan selain menambah wawasan, pemahaman dan cara berpikirmu juga ikut meluas dengan ini. 

Lima kebiasaan tadi mungkin kelihatan sepele atau kecil di mata banyak orang, tapi justru sangat bermanfaat, kan? Bahkan membuat wawasanmu menjadi luas.

Baca Juga: 6 Cara Usir Kebiasaan Negative Thinking, Jadi Lebih Enteng

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya