Comscore Tracker

5 Bahayanya Kalau Kamu Terbiasa Sembunyikan Perasaan & Tersenyum Palsu

Pribadimu tertutup sehingga buat orang takut untuk mendekat

Hidup di dunia yang penuh sandiwara ini tak jarang membuatmu harus berpura-pura tersenyum dan menyimpan perasaan sendirian. Akan tetapi kalau terus melakukannya justru gak baik, lho.

Apalagi kalau kamu sampai terbiasa menyembunyikan perasaan dan tersenyum palsu di depan orang lain. Macam-macam bahayanya pun akan dibahas di berikut ini, simak baik-baik!

1. Gak ada yang bisa benar-benar membelamu kalau ada masalah

5 Bahayanya Kalau Kamu Terbiasa Sembunyikan Perasaan & Tersenyum PalsuPixabay.com/Free Photos

Bahayanya kalau kamu sampai terbiasa menyembunyikan perasaan dan tersenyum palsu ialah jika suatu saat terlibat masalah maka tidak ada yang bisa benar-benar membelamu. Itu karena kamu sering menyajikan ekspresi palsu, sehingga orang tidak benar-benar mengenal pribadimu.

2. Orang lain ragu untuk dekat denganmu

5 Bahayanya Kalau Kamu Terbiasa Sembunyikan Perasaan & Tersenyum PalsuPexels.com/Cleyder Duque

Bahayanya yang kedua bisa dibilang bisa merugikan dirimu sendiri, yaitu orang-orang ragu untuk mendekatkan dirinya padamu. Karena mereka juga mungkin peka kalau kamu tidak benar-benar terbuka dan jujur tentang apa yang kamu rasakan, sehingga yang kamu tampilkan di luar bukanlah perasaanmu sesungguhnya. Kalau seperti ini tentu siapa saja akan berpikir dua kali untuk dekat, kan?

Baca Juga: Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu 

3. Kamu bisa lupa caranya untuk jujur dan jadi diri sendiri

5 Bahayanya Kalau Kamu Terbiasa Sembunyikan Perasaan & Tersenyum PalsuPexels.com/Austin Guevara

Ketiga, kalau kamu terbiasa menyembunyikan perasaan dan menampilkan senyum palsu maka bahayanya adalah suatu saat kamu bisa lupa untuk jujur dan jadi diri sendiri. Karena kamu sudah biasa menutupi dan sembunyi, sehingga untuk menjadi apa adanya justru tidak mudah bagimu.

4. Lama-lama kamu bisa terkena stres dan depresi, lho

5 Bahayanya Kalau Kamu Terbiasa Sembunyikan Perasaan & Tersenyum PalsuPexels.com/Cottonbro

Pada situasi tertentu yang mengharuskanmu menyembunyikan perasaan mungkin tidak apa-apa untuk menutupinya dengan senyum palsu, akan tetapi kalau kamu melakukannya terus menerus bisa-bisa malah jadi tertekan dan menyebabkan timbulnya stres dan depresi, lho.

5. Selalu tertutup dan berisiko hidup sendirian

5 Bahayanya Kalau Kamu Terbiasa Sembunyikan Perasaan & Tersenyum PalsuPexels.com/Andrea Piacquadio

Dan bahayanya yang terakhir dari terbiasa menutupi perasaanmu dengan senyum palsu ialah pribadimu menjadi sangat tertutup. Tidak ada orang yang tahu bagaimana hidupmu, dan risikonya adalah kamu jadi menjalani hidup sendirian. 

Hal apapun yang palsu tentu ada dampak buruknya, sama seperti lima bahaya tadi jika kamu sampai terbiasa menyembunyikan perasaan dan tersenyum palsu pada orang lain. 

Baca Juga: 7 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik dan Jiwamu, yuk Kuat!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya