Comscore Tracker

5 Bedanya Kritik Orang yang Bermaksud Baik Vs Berniat Menjatuhkanmu

#IDNTimesLife Bakal kelihatan dari cara dia bicara

Kita semua tahu bahwa gak ada manusia yang sempurna di dunia, sehingga kesalahan pun terkadang gak terhindarkan. Dan terlepas dari sadar atau tidaknya saat kamu berbuat salah, merupakan tugas orang sekitar dan teman untuk saling mengingatkan dan menegur, bahkan wajar jika sesekali memberi kritik pada satu sama lain.

Nah, bicara soal kritik, ada perbedaan dari kritik yang bermaksud baik dan juga yang bermaksud menjatuhkan. Jika kamu ingin tahu perbedaannya simaklah pembahasan berikut ini, karena kritik yang bermaksud buruk pasti kelihatan!

1. Kelihatan dari caranya bicara padamu

5 Bedanya Kritik Orang yang Bermaksud Baik Vs Berniat MenjatuhkanmuPexels.com/Nicole Michalou

Jika ingin tahu apakah kritik seseorang bermaksud baik atau buruk terhadapmu sebenarnya bisa dilihat dari caranya bicara padamu, lho. Baik itu dari pemilihan kata yang dia utarakan padamu, intonasi bicaranya, atau bahkan gerak tubuhnya ketika memberimu kritik. Akan sangat terlihat bedanya antara yang berniat baik, menjatuhkan, atau bahkan meremehkanmu.

2. Kritik yang baik gak akan menyudutkanmu

5 Bedanya Kritik Orang yang Bermaksud Baik Vs Berniat MenjatuhkanmuPexels.com/Fauxels

Lalu bedanya yang kedua dari kritik yang bermaksud baik vs yang menjatuhkan ialah, kalau dia mengkritik untuk mengingatkanmu maka kritiknya gak akan menyudutkan dirimu. Alih-alih menghakimi sepihak, dia akan memberitahu letak kesalahanmu untuk bisa segera memperbaikinya. Jika ada orang yang seperti ini di sekitarmu maka dia adalah orang baik, lebih bagus lagi kalau bisa jadi teman dekatmu.

3. Kritik yang bermaksud menjatuhkan cenderung menghakimi

5 Bedanya Kritik Orang yang Bermaksud Baik Vs Berniat MenjatuhkanmuPexels.com/Ketut Subiyanto

Perlu diketahui bahwa kritik yang bermaksud menjatuhkan cenderung menghakimi. Jadi jangan percaya pada alasan seseorang bahwa dia berniat baik padamu jika isi kritiknya hanya berupa penghakiman, dia cuma mencari pembenaran dari kritik negatifnya saja. Kritik yang seperti ini biasanya berniat menjatuhkan mental seseorang sehingga membuatnya merasa bersalah.

Baca Juga: 5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan 

4. Gak menyebarluaskannya sehingga membuatmu malu

5 Bedanya Kritik Orang yang Bermaksud Baik Vs Berniat MenjatuhkanmuPexels.com/August De Richelieu

Kemudian perbedaan lainnya dari kritik yang baik dan yang bermaksud buruk ialah, jika dia benar-benar berniat baik dalam mengkritikmu ia gak akan menyebar luaskannya pada orang-orang sehingga membuatmu malu. Cukup dia dan kamu saja yang tahu tentang itu. Kalau sampai disebarluaskan maka sangat terlihat bahwa tujuannya adalah untuk menjatuhkanmu di mata orang lain.

5. Kritiknya disertai saran dan masukan kalau memang dia bermaksud baik

5 Bedanya Kritik Orang yang Bermaksud Baik Vs Berniat MenjatuhkanmuPexels.com/Mentatdgt

Berbeda dengan kritik bersifat menjatuhkan, kritik yang bermaksud baik akan memberimu saran serta masukan untuk bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Karena pada dasarnya kritik yang baik adalah kritik yang membangun pribadi seseorang dan menimbulkan pengaruh positif. Jadi dibanding merasa tersinggung atau menurunkan rasa percaya diri, kritik yang baik justru membuat semangatmu terpacu dan berterima kasih.

Terkadang ada orang yang menyembunyikan niat buruk dari kritiknya dengan mengatakan bahwa dia berniat baik, namun jika sudah tahu perbedaannya dari pembahasan tadi tentu kamu pun gak akan tertipu. 

Baca Juga: 5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya