Comscore Tracker

5 Alasan Introver Enggan Terlalu Dekat dengan Banyak Orang

Dia gak mau hidupnya ribet kalau dekat sama banyak orang

Kalau dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya, seorang yang introver memang cenderung lebih tertutup dan butuh waktu untuk bisa dekat dengan orang lain. Tapi meskipun begitu orang introver tidak anti sosial, dan punya banyak kenalan meski yang dekat dengannya relatif sedikit.

Bukan berarti orang-orang tidak mau dekat dengannya, tapi karena orang introver sendirilah yang tidak mau dekat dengan banyak orang. Bisa dibilang bahwa hal itu dilakukan karena ia tidak mau repot serta ingin menjaga ketenangan hidupnya dengan lingkaran yang benar-benar berkualitas dan nyaman.

1. Menghindari keributan dan masalah dalam lingkaran sosialnya 

5 Alasan Introver Enggan Terlalu Dekat dengan Banyak Orangilustrasi argumen (pexels.com/Monstera)

Alasannya yang pertama kenapa orang introver gak mau terlalu dekat dengan banyak orang ialah semata-mata ingin menghindari keributan internal. Maksudnya, ia menghindari adanya keributan atau masalah yang timbul dalam lingkaran sosialnya jika berisi terlalu banyak orang. 

Karena watak dan pribadi orang kan berbeda-beda, dan semakin banyak orang yang terhubung maka semakin besar pula celah untuk muncul konflik di dalamnya. Apalagi rata-rata orang introver sangat tidak suka dengan yang namanya keributan. 

2. Menjaga kualitas orang-orang yang dekat dengannya 

5 Alasan Introver Enggan Terlalu Dekat dengan Banyak Orangilustrasi teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Selain cari aman untuk menghindari keributan, orang introver juga gak mau terlalu dekat banyak orang karena ia menjaga kualitas orang-otang yang dekat dengannya. Karena seperti kita semua tahu bahwa tipe kepribadian ini memang gak mau dekat sembarangan orang. 

Jadi ia menjaga agar orang-orang yang dekat dengannya memang orang baik, berpengaruh positif dan juga membuatnya nyaman. Percuma kan kalau dekat dengan banyak orang tapi malah capek sendiri menghadapinya atau malah tidak merasa nyaman sama sekali. 

3. Gak mau direpotkan dan berurusan dengan banyak orang

5 Alasan Introver Enggan Terlalu Dekat dengan Banyak Orangilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Alasannya yang ketiga kenapa orang introver gak ingin dekat dengan banyak orang ialah karena dia tipe orang yang suka dibuat repot. Sebab seorang introver pada dasarnya tulus dan totalitas banget kalau bantu dan peduli sama orang lain. 

Gak kebayang seribet dan repot apa kalau yang dekat dengannya itu ada banyak, dan dia menghindari itu untuk menjaga dirinya sendiri juga. Supaya tidak kebiasaan membantu orang hingga menjadi people pleasure

Baca Juga: 5 Alasan Introver Kurang Menyukai Open Space di Tempat Kerja

4. Untuk kedamaian dan ketenangan hidupnya

5 Alasan Introver Enggan Terlalu Dekat dengan Banyak Orangilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keempat, semua orang pasti tahu betapa sukanya seorang introver dengan ketenangan dan kedamaian, dan itu jugalah yang sebenarnya menjadi alasan kenapa ia tidak mau dekat dengan banyak orang. Baginya sedikit orang pun tidak apa-apa selama hidupnya bisa tetap damai. 

Karena seorang introver bukanlah orang yang terobsesi dengan ketenaran, atau bahkan suka dikelilingi banyak orang. Baginya kenyamanan tetap nomor satu, dan hal itu tetap terjaga jika ia selektif dan hanya dekat dengan beberapa orang saja. 

5. Capek kalau harus memahami kepribadian banyak orang 

5 Alasan Introver Enggan Terlalu Dekat dengan Banyak Orangilustrasi menatap (pexels.com/Tim Gouw)

Hanya sedikit orang yang bisa benar-benar dekat dengan seorang introver, dan bisa dibilang bahwa hal itu merupakan keberuntungan. Karena kalau dekat denganmu maka dia akan berusaha memahamimu juga, tulus, dan gak hanya sekadar dekat saja. 

Dan itulah alasannya yang terakhir kenapa orang introver tidak mau dekat dengan banyak orang, karena bakalan capek kalau dia berusaha memahami semua orang. Apalagi dengan banyaknya perbedaan sifat, emosional serta kepribadian. 

Orang introver kenal banyak orang, tapi yang dekat dengannya biasanya sedikit. Dan lima alasan tadilah penyebabnya kenapa orang introver memilih untuk tidak dekat dengan banyak orang. Apakah kamu juga begitu? 

Baca Juga: 5 Hal yang Hanya Dirasakan Seorang Introver ketika Jatuh Cinta

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya