Comscore Tracker

5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-Love

Bukti kalau kamu mencintai diri dengan baik

Belakangan ini self-love menjadi hal yang banyak dibahas dimana-mana, itu karena banyak orang baru menyadari betapa pentingnya mencintai diri sendiri. Meskipun banyak orang ingin memulai self-love tapi tak jarang pula sebagian besar dari mereka bingung harus mulai dari mana, dan apa yang harus dilakukan.

Padahal self-love sendiri bukanlah suatu hal yang sulit dan bisa dimulai dari hal yang sederhan sekalipun, bahkan ada banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata bagian dari self-love, lho.

Kamu mungkin tak menyadari itu, makanya beberapa di antaranya akan kita bahas kali ini agar kamu bisa lebih aware ke depannya.

1. Merawat dan menjaga kebersihan diri

5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-LovePexels.com/Sora Shimazaki

Hal pertama yang biasa dilakukan sehari-hari namun ternyata masuk dalam self-love ialah, jika kamu selalu menjaga kebersihan diri dan merawat diri.

Hal ini termasuk self-love karena menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dan perhatian pada dirimu, pada dasarnya pun kamu memang harus menjaga kebersihan diri dengan baik agar tak mudah terkena penyakit, kan. Orang yang kurang mencintai dirinya sendiri sering banget mengabaikan hal ini.

2. Beristirahat dan tidur dengan cukup meski sedang sibuk sekalipun

5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-LovePexels.com/Andrea Piacquadio

Memberi waktu istirahat dan tidur yang cukup meski sedang sibuk juga merupakan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan bagian dari self-love. Kamu mungkin bisa tidur lebih sedikit, dan bekerja tanpa henti untuk mendapat hasil yang lebih baik, namun itu berarti kamu tidak sayang pada dirimu sendiri karena terus memaksakan diri bekerja.

Makanya kalau kamu memang cinta pada diri sendiri, aturlah waktu istirahat dan tidur yang cukup.

Baca Juga: Ini 6 Hal tentang Self-love yang Kurang Dipahami Orang, Bukan Egois

3. Memberi apresiasi pada diri sendiri untuk setiap pencapaian dan kerja keras

5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-LovePexels.com/Sam Lion

Memberi apresiasi diri sendiri untuk setiap pencapaian dan kerja keras juga merupakan bagian dari self-love, lho. Karena jangan sampai dari semua kerja keras yang telah kamu lakukan, malah dirimu yang tidak mendapat apa-apa.

Jadi meskipun kamu adalah tulang punggung keluarga, atau memiliki banyak tanggung jawab dan beban, pastikan untuk tetap memberi diri sendiri sebuah apresiasi. Tapi tetap ingat untuk jangan boros-boros, ya.

4. Memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga

5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-LovePexels.com/Ketut Subiyanto

Keempat, memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga ternyata juga termasuk hal-hal dalam kehidupan sehati-hari yang merupakan bagian dari self-love.

Bukan tipe olahraga intens yang berjam-jam seperti atlet, namun olahraga ringan yang menjaga kebugaran tubuhmu saja sudah cukup. Karena itu berarti kamu memang peduli pada diri sendiri dengan menjaga kesehatan.

5. Peduli pada penampilan agar selalu rapi dan menarik

5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-LovePexels.com/Fauxels

Lalu hal terakhir yang biasa dilakukan sehari-hari namun ternyata masuk ke dalam self-love ialah jika kamu menjaga penampilan dengan baik. Karena cinta memang mestinya dimulai dari diri sendiri, kan?

Memperhatikan, merawat, dan merias diri agar terlihat baik dan menarik. Karena penampilan memang penting, baik dalam hidup bersosial maupun dalam karier, apalagi hal itu juga merupakan cara dalam menunjukkan rasa cintamu pada diri sendiri. 

Karena biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kamu mungkin tak menyadarinya bahwa hal-hal sederhana seperti tadi pun ternyata bagian dari self-love. Benar kan?

Baca Juga: Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya