Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan Ikhlas

Karena datangnya segala kesulitan pasti ada hikmahnya

Bicara tentang kesulitan hidup, sepertinya semua orang pasti mengalami kesulitan dalam hidup meski dalam bentuk yang berbeda-beda. Dan dibanding mengeluh serta frustrasi dengan segala kesulitan itu, ada baiknya jika kamu tabah dalam melewatinya. Bahkan keikhlasan pun perlu untuk kamu miliki lho.

Walaupun kelihatannya sepele namun inilah lima alasan yang akan menjelaskan mengapa kamu perlu menghadapi kesulitan hidup dengan ikhlas. Disimak ya!

1. Setiap kesulitan pasti ada hikmahnya

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan IkhlasPexels.com/Elina Sazonova

Pertama, alasan mengapa kamu perlu menghadapi segala kesulitan hidup dengan ikhlas adalah karena pada dasarnya setiap kesulitan pasti ada hikmahnya. Entah itu untuk menjadi pelajaran hidup, teguran introspeksi diri, atau memang disebabkan oleh kecerobohanmu sendiri. Dan ikhlaslah dalam menghadapi itu semua agar tidak terlalu menjadi beban. 

2. Dengan melewati itu pribadimu pun menjadi semakin kuat

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan IkhlasPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu alasannya yang kedua mengapa kamu perlu ikhlas jika sedang dihadapkan dengan kesulitan ialah karena kamu mesti percaya bahwa pribadimu akan semakin kuat setelah melewatinya. Jadi kamu gak perlu menanggapinya dengan emosi atau mengamuk karena tidak terima, ikhlas saja menghadapinya supaya kamu mendapat hikmah baiknya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!

3. Kalau tidak bisa dicegah maka pilihanmu adalah menghadapinya

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan IkhlasPexels.com/Fauxels

Ada masalah yang bisa dihindari dengan mencegahnya sebelum terjadi, namun ada pula yang tak bisa dihindari dan satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan ialah dengan menerima serta menghadapinya dengan ikhlas. Menangani kesulitan itu sebisamu, karena kalau memang itu sudah menjadi takdirmu, mau dibilang apa lagi kan.

4. Mendewasakan diri dari setiap kesulitan itu

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan IkhlasPexels.com/Alan Retratos

Kemudian alasannya yang keempat ialah setiap masalah dan kesulitan dalam hidup pasti akan mendewasakan pribadimu, maka dari itu gak ada salahnya kalau kamu ikhlas dalam menghadapinya. Karena meski harus bersusah-sudah dahulu, namun pada akhirnya kamu pun akan merasakan dampak baiknya juga.

5. Kesulitanmu mungkin tanda agar intropeksi diri

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan IkhlasPexels.com/Austin Guevara

Kelima, perlu bagimu untuk menghadapi kesulitan hidup dengan ikhlas ialah karena kesulitanmu mungkin tanda bahwa sudah waktunya bagimu untuk introspeksi diri. Bisa jadi kesulitan tersebut merupakan teguran, agar kamu menghilangkan hal-hal serta sifat buruk dalam diri dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Jadi intinya adalah percaya saja kalau setiap kesulitan hidup pasti ada hikmahnya dan hadapilah dengan ikhlas. Supaya tidak menjadi beban yang terlalu memberatkan. Setuju?

Baca Juga: Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hidup

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya