Comscore Tracker

Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hidup

Ekspresikan emosi negatif dengan cara yang sehat

Kesulitan hidup merupakan hal yang paling dihindari oleh semua orang. Namun, kenyataannya kita tidak bisa menghindari semua kesulitan hidup yang ada. 

Kesulitan demi kesulitan yang hadir dalam hidup, tak jarang bikin kita merasa muak dan capek dengan keadaan dan kondisi yang terjadi. Untuk membantu mengatasi kesulitan hidup yang kamu alami, coba deh selalu ingat 5 hal bijak ini. Yuk, kita simak!

1. Bersabarlah, sebab tidak ada kesulitan yang abadi

Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hidupunsplash.com/Eutah Mizushima

Ingatlah, tidak ada satu pun kesulitan yang abadi di dunia ini. Ya, masalah dan kesulitan hidup memang dapat hadir dan silih berganti dalam hidup, namun tidak akan selamanya ada. 

Kesulitan dan masalah yang sedang kamu hadapi pun dapat berakhir pada waktunya. Tugasmu adalah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya sesuai kapasitas atau kemampuanmu. Jadi, tetap bersabar dan semangat, ya!

2. Kesulitan yang kamu rasakan bisa terasa berkurang bila kamu mengubah sudut pandang

Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hidupunsplash.com/Ethan Sykes

Sejatinya, penderitaan akibat kesulitan hidup bisa saja berkurang jika kamu mengubah sudut pandangmu. Artinya, kamu tidak lagi terus memandang masalah dan kesulitan hidup sebagai bencana dan malapetaka.

Sebaliknya, kamu menganggap kesulitan hidup sebagai pelajaran penting yang membuatmu lebih matang dalam menyikapi hidup. Saat sudut pandangmu berubah menjadi lebih positif, maka penderitaan pun bisa terasa jauh berkurang meski masalah masih ada. Dan, kamu pun bisa segera menyelesaikannya dengan penuh keyakinan.

Baca Juga: 6 Cara Hapus Kebiasaan Bersedih yang Berlarut-Larut

3. Tak perlu ragu mengekspresikan emosi negatif yang kamu rasakan, asal dilakukan dengan cara yang sehat

Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hiduppexels.com/Victoria Borodinova

Tak bisa dimungkiri kalau emosi negatif kerap hadir saat kita mengalami kesulitan hidup. Marah, sedih, kecewa dan berbagai emosi negatif bisa membuat perasaan menderita semakin menjadi-jadi. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meminimalkan emosi negatif tersebut?

Tidak ada salahnya kok mengekspresikan emosi negatif, malah akan lebih baik kalau kamu mengekspresikannya, asal dilakukan dengan cara yang sehat. Misalnya, dengan menuliskan semua yang kamu rasakan pada jurnal pribadi. Atau, kamu juga bisa curhat pada orang-orang yang bisa dipercaya. Banyak cara kok, asal dilakukan dengan positif dan tidak merugikan orang lain.

4. Yakinlah, di balik kesulitan ada harapan yang menunggu untuk bersinar

Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hidupunsplash.com/sean Kong

Hal bijak ini pasti sudah sering kamu dengar. Terdengar sederhana, namun pahami dengan baik, ya. Yakinlah dan miliki harapan kalau di balik kesulitan yang kamu alami ada secercah harapan yang menunggu untuk bersinar.

Artinya, janganlah mudah berputus asa di tengah-tengah kesulitan dan masalah, percayalah bahwa ada kebaikan yang siap muncul saat kamu sudah siap dan di waktu yang tepat.

5. Menerima kenyataan memang tidak mudah, namun setidaknya dapat membantumu merasa lebih damai

Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hiduppexels.com/Tobi

Kesulitan hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi. Tak mudah memang, bahkan memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mampu menerima kenyataan tersebut.

Perlahan tapi pasti, saat kamu sudah bisa menerima kenyataan, maka kamu dapat belajar untuk menerima dan merasa lebih damai. Bukan berarti pasrah dan tidak melakukan apa-apa, namun usaha yang kamu lakukan dibarengi dengan perasaan yang ikhlas. Ingatlah hal ini dengan baik, ya.

Nah, itulah kelima hal bijak yang perlu kamu ingat saat mulai muak dengan kesulitan hidup yang ada. Mudah-mudahan kelima hal di atas dapat membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih kuat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Mempertanyakan Keadilan Atas Hidupmu

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya