Comscore Tracker

5 Sikap yang Benar dalam Menyambut Tamu, Sopan dan Beretika!

Sebab tuan rumah yang baik tentu harus menghargai tamunya 

Bertamu ke rumah orang atau justru kedatangan tamu ke rumah merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun meskipun sudah biasa terjadi, jangan sampai kamu malah mengabaikan etika dan attitude dalam menyambut tamu. Sebab sebagai tuan rumah kamu harus memperlakukan tamu dengan baik, kan.

Sopan dan beretika, simak lima attitude di antaranya berikut ini ya!

1. Tidak membiarkan tamu berdiri lama di luar 

5 Sikap yang Benar dalam Menyambut Tamu, Sopan dan Beretika!Pexels.com/Helena Lopes

Attitude yang pertama ialah jangan sampai kamu membiarkan tamu menunggu dan berdiri lama di luar. Itulah mengapa kamu sebaiknya menjaga kerapihan rumah supaya gak panik jika ada tamu yang datang, jadi mereka pun bisa cepat kamu persilahkan masuk.

2. Memberi kudapan ringan  

5 Sikap yang Benar dalam Menyambut Tamu, Sopan dan Beretika!Pexels.com/Helena Lopes

Attitude lainnya yang membuatmu sopan dan beretika ialah dengan memberi kudapan ringan,entah itu makanan ringan atau minuman penyegar dahaga. Jadi tamu bisa merasa lebih rileks ketika datang ke tempatmu, menghilangkan perasaan lelah selama perjalanan ke rumahmu.

3. Jika sedang makan maka ajaklah makan bersama 

5 Sikap yang Benar dalam Menyambut Tamu, Sopan dan Beretika!Pexels.com/Alexy Almond

Lalu jika tamu datang ke rumah ketika kamu sedang makan maka ajaklah tamu untuk makan bersama. Hal ini sebagai salah satu bentuk keramahanmu, lagi pula tidak ada yang tahu akan selama apa pertemuan kalian dan jam berapa ia pulang kan. Jangan sampai tamu kelaparan ketika datang ke tempatmu.

Baca Juga: 5 Perilaku Tidak Sopan di Indonesia tetapi Dianggap Sopan di Finlandia

4. Mengobrol dengan baik 

5 Sikap yang Benar dalam Menyambut Tamu, Sopan dan Beretika!Pexels.com/Cottonbro

Etika lainnya dalam menerima tamu adalah dengan mengajaknya bicara dengan baik. Lakukan komunikasi yang baik tanpa ada unsur-unsur negatif seperti membuatnya tidak nyaman dengan kata-kata yang sembarangan. Pastikan juga pembicaraan itu berlangsung dua arah ya, jadi baik kamu dan dia bisa saling menyimak satu sama lain.

5. Ciptakan suasana yang nyaman 

5 Sikap yang Benar dalam Menyambut Tamu, Sopan dan Beretika!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kelima, ciptakanlah suasana yang nyaman bagi siapapun tamu yang datang. Dengan kata lain jangan sampai ada yang bertengkar ketika ada tamu yang datang, supaya suasana rumah tidak suram atau justru membuat tamu merasa tertekan dengan kedatangannya.

Tidak hanya dalam dunia kerja atau hubungan saja kita harus memperhatikan attitude, namun saat menerima tamu pun kamu harus menjaga tingkah laku agar tetap sopan dan beretika.

Baca Juga: Penuh Manner, 5 Zodiak Ini Pembawaan Dirinya Sopan dan Beradab

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya