Comscore Tracker

5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!

Standar hidupmu yang tinggi justru menyusahkan diri sendiri

Bisa dibilang bahwa semua orang di dunia ini punya gaya hidupnya sendiri yang ia pegang. Akan tetapi kebanyakan orang salah dalam memaknai perihal gaya hidup, yang mana mereka cenderung menerapkan gaya hidup yang diinginkan dibanding yang sesuai dengan kemampuannya. 

Tentu saja hal itu akan berpengaruh pada kehidupan yang dijalani, hidup bakal terasa berantakan dan banyak beban ketika gaya hidup yang dipegang melebihi batas kemampuan.

Salah satu contohnya ialah bergaya hidup elit meski ekonomi sulit, tampil bermewah-mewahan seperti kalangan elit meski nyatanya tidak mampu untuk itu. Dan berikut ini adalah beberapa tandanya kalau gaya hidupmu tidak sesuai kemampuan. 

1. Sukanya datang ke tempat elit meski menumpang orang lain

5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!ilustrasi teman (pexels.com/Los Muertos Crew)

Dirimu yang terlalu memaksakan diri dengan suka datang ke tempat-tempat elit sampai menumpang dengan orang lain merupakan tanda kalau gaya hidupmu tak sesuai kemampuan. Sederhananya, tempatmu bukan di tempat seperti itu kalau dirimu sendiri saja tidak mampu untuk itu. 

Apalagi kalau sampai menumpang orang lain, sengaja mencari teman kaya raya supaya bisa ikut ke acara bergengsi, atau mengencani pacar kaya supaya kencan di tempat mewah. Memang benar bahwa itu merupakan hakmu, tapi kalau dirimu sendiri saja tidak bisa membawa diri sampai ke sana, berarti gaya hidupmu ketinggian. 

2. Memaksakan diri membeli barang branded meski harus kredit

5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebutan 'gaya elit ekonomi sulit' diperuntukkan untuk orang-orang yang kemampuan ekonominya rendah tapi memaksakan diri memiliki barang mewah. Bahkan tak jarang, karena saking inginnya sampai rela kredit dan membayar cicilan barang itu setiap bulannya. 

Percayalah, gaya hidup seperti itu tidak baik untuk diterapkan dalam hidup. Menginginkan barang-barang branded tentu bukanlah hal terlarang, tapi alangkah baiknya jika dipenuhi ketika kamu benar-benar mampu untuk membelinya. Kalau memaksakan bergaya hidup seperti itu, nanti hidupmu hancur karena dikejar banyak tagihan. 

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!

3. Penampilan mewah tapi tinggal di rumah kumuh

5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!ilustrasi rumah kumuh (pexels.com/Celine Chamiot Poncet)

Tanda lainnya yang menunjukkan kalau gaya hidupmu tidak sesuai dengan kemampuan ialah jika kamu berpenampilan begitu mewah tapi tinggal di rumah yang kumuh. Dan kenyataannya, ada banyak banget orang yang seperti ini. 

Ketika pergi ke luar tampak begitu sosialita dengan penampilan modis layaknya orang kaya, tapi menyembunyikan fakta bahwa ia sebenarnya merupakan orang biasa yang tinggal di rumah sederhana.

Dengan kata lain gaya hidupmu tidak sesuai dengan kemampuan, apalagi rumah dan tempat tinggal merupakan hal utama yang menggambarkan kemampuan si pemiliknya. Lebih baik membuat tempat tinggal menjadi layak dan nyaman ditempati, daripada memaksakan diri pada penampilan. 

4. Utang ke banyak orang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tinggi

5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!ilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau mau memiliki gaya hidup yang tepat maka lebih baik dimulai dengan sadar diri. Sadar sampai sejauh mana kemampuanmu dan gaya hidup seperti apa yang cocok untukmu supaya tidak menyusahkan diri sendiri nantinya. 

Karena kalau kamu nyatanya orang biasa yang mestinya hidup sederhana tapi memaksakan diri untuk bergaya hidup tinggi, maka itulah nanti yang akan menambah bebanmu. Yang mana bisa saja membuatmu jadi berutang sana sini untuk memenuhi standar tinggimu yang sebenarnya gak sesuai dengan kemampuan. 

Jadi, kalau kamu sampai punya banyak utang untuk memenuhi kebutuhan dan standar gaya hidup tinggimu itu, maka tandanya gaya hidup tersebut tidaklah sesuai dengan kemampuanmu. 

5. Gajimu selalu habis untuk foya-foya dan pamer di media sosial

5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!ilustrasi teman selfie (pexels.com/Kampus Production)

Kalau gajimu selalu habis untuk foya-foya dan pamer di media sosial, maka itu juga tandanya gaya hidup yang kamu terapkan tidak sesuai dengan kemampuanmu. Mementingkan kesenangan sementara dibanding memenuhi kebutuhan pokok dalam hidup dengan gaji yang dimiliki. 

Hal seperti ini sering terjadi pada kalangan anak muda yang baru mengenal dunia dan bisa menghasilkan uang sendiri. Padahal, alangkah baiknya jika bergaya hidup sebatas kemampuan yang dimiliki supaya lebih bijak dalam mengatur finansial sendiri. 



Itulah tadi lima tandanya kalau gaya hidupmu gak sesuai dengan kemampuanmu. Kesenangannya sesaat, tapi dampaknya bisa menyulitkan hidup sendiri kalau terus diterapkan. Jadi, jalanilah hidup sesuai dengan kemampuanmu, ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya