Comscore Tracker

Berhentilah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Menginjak Usia 20 Tahun

Yuk, cari aktivitas lain untuk mengisi masa muda!

Masa muda adalah masa yang seharusnya kita habiskan untuk melakukan berbagai aktivitas produktif. Aktivitas yang menuntut kita untuk keluar dari zona nyaman dan memperkaya pengalaman.

Akan tetapi, sering kali kita sulit terlepas dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengikis produktivitas masa muda kita. Sebelum kamu jatuh ke dalam jurang penyesalan, yuk simak, 5 hal yang sebaiknya kamu hentikan ketika usiamu menginjak 20 tahun!

1. Kebiasaan bermain game

Berhentilah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Menginjak Usia 20 TahunUnsplash.com/SCREEN POST

Kebanyakan dari kita lebih memilih bermain game untuk mengisi waktu kosongnya. Selain dipandang dapat mengurangi stres, bermain game juga bisa melatih motorik kita.

Akan tetapi, di balik manfaatnya, game juga memberikan dampak buruk bagi kehidupanmu. Ketika bermain game sudah menjadi kebiasaan, ini bisa membuat banyak waktumu terbuang sia-sia dan parahnya, radiasi yang terpancar akan memengaruhi kesehatanmu.

2. Kebiasaan rebahan dan mager

Berhentilah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Menginjak Usia 20 TahunUnsplash.com/Adi Goldstein

Siapa di sini yang hobinya rebahan? Setiap liat kursi atau kasur, bawaannya ingin rebahan. Sebaiknya kurang-kurangi deh kebiasaan rebahan itu. Selagi kamu masih muda, perkaya pengalaman dan pengetahuan.

Kamu bisa mengganti kebiasaan rebahan itu dengan traveling ke luar, menikmati indahnya karya Tuhan. Jika masa mudamu dihabiskan di atas pembaringan, kamu akan merasakan bahwa dunia itu terasa sempit dan kamu juga akan kesulitan untuk mengeksplorasi diri kamu sendiri.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Teman

3. Makan makanan cepat saji atau junk food

Berhentilah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Menginjak Usia 20 TahunUnsplash.com/Dan Gold

Kondisi malas gerak atau mager bagi kaum rebahan, sering kali menjadikan junk food sebagai opsi pertama untuk mengisi perut yang kosong. Selain rasanya yang lezat, proses pembuatannya pun terbilang praktis.

Sebaiknya, kamu kurangi makan-makanan cepat saji, selagi kamu masih muda, mulailah untuk memilih dan memilah makanan yang akan kamu makan. Ini juga demi kesehatanmu kok!

4. Main-main soal asmara

Berhentilah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Menginjak Usia 20 TahunUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Masa muda sering kali diidentikkan dengan masa pencarian, mulai dari pencarian jati diri sampai pencarian sang pengisi hati. Tentu hal ini sering kali menjadi alasan bagi mereka untuk bisa menjelajahi kisah asmara, putus di sana nyambung di sini, itulah siklus anak muda zaman sekarang.

Sebaiknya kamu mulai berpikir tentang keseriusan dalam menjalin sebuah hubungan. Ingat! sebentar lagi kamu akan menginjak usia 25 tahun, usia ideal bagi seseorang untuk masuk ke jenjang pernikahan.

5. Menunda-nunda tugas atau pekerjaan

Berhentilah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Menginjak Usia 20 TahunUnsplash.com/Benjamin Combs

Hayo, siapa yang suka menunda-nunda tugas? Ini memang hal sepele, tetapi memiliki dampak yang cukup besar. Mungkin kamu tidak akan merasakan dampaknya sekarang, tetapi kamu baru akan merasakannya di masa depan.

Dengan menunda tugas atau pekerjaan, sama saja kamu menunda waktu panenmu. Tentu saja hal ini akan membuat usia terbuang sia-sia, terlebih lagi tugas yang kamu kerjakan saat mendekati deadline akan membuat kualitasnya tidak maksimal.

Yuk, kita memulai gaya hidup yang lebih produktif. Selagi masih muda, masih sehat, dan masih mampu, jangan sia-siakan nikmat yang telah Tuhan berikan. Ingat, penyesalan itu datangnya belakangan!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiri

Ahmad Rifai Yusuf Photo Community Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You