Comscore Tracker

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20an

#GoodLife Karena kehidupan yang sebenarnya ada di depan mata

Setelah menempuh wajib belajar selama 12 tahun, kini kamu dihadapi pada pilihan hidup yang akan berdampak besar pada masa depanmu kelak. Entah itu meneruskan pendidikan di bangku kuliah, bekerja di usia muda, atau malah nikah muda.

Idealnya di usia 20an kamu sedang mengalami masa-masa keemasan dalam hidup kalian. Di usia ini banyak hal penting yang harus kamu pikirkan, kerjakan, dan dapatkan. Dari sekian banyak hal penting yang ada, berikut 6 di antaranya.

1. Tentukan tujuan hidupmu

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20anunsplash.com/Ibrahim Rifath

Sedari duduk dibangku SMA atau SMK sudah seharusnya kamu merajut mimpi demi mimpi yang akan kamu wujudkan. Sehingga di usia 20an kamu sudah mengetahui tujuan hidup yang kamu inginkan. Tujuan merupakan hal paling penting yang bisa menentukan sekeras apa usahamu nanti dan seindah apa hasil dari jerih payah yang rela kalian kerjakan.

2. Buat daftar prioritas

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20anunsplash.com/Aziz Acharki

Masa transisi dari remaja ke dewasa terjadi saat kita berada di usia 20an. Berbagai godaan baik dari dalam diri atau lingkungan sudah pasti banyak kamu temukan. Oleh karena itu pandai-pandailah menentukan daftar prioritas hidup.

Meskipun kamu jengah mendengar kata-kata prioritas, tapi pada kenyataannya hal ini memang sangatlah penting. Dengan mengetahui kepentingan yang harus kalian kerjakan, semua usaha akan terasa lebih terarah. Jika sudah begini progres yang kamu capai juga akan mudah terlihat.

3. Cari cara untuk mewujudkan mimpi

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20anunsplash.com/Mesut Kaya

Bukan cuma mencari tujuan dan membuat daftar prioritas, usahamu yang sebenarnya baru saja akan dimulai ketika kamu sudah mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan. Cari cara untuk bisa mewujudkan cita-cita yang kamu telah buat sebelumnya.

Meskipun itu tidak mudah tapi pastikan kamu yakin dan bertekad untuk terus berusaha. Sebab yakinlah bahwa tidak akan ada hasil yang menghianati proses.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Merajut Mimpi  

4. Berusaha jadi pribadi yang 'bernilai lebih'

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20anunsplash.com/Anthony Tran

Karena sedang berada dalam masa kejayaan, kamu sudah sepatutnya memperlakukan dirimu secara spesial. Misalnya seperti berada dalam lingkungan komunitas yang positif atau mencari hobi baru yang menguntungkan, dengan begini kamu akan memiliki nilai lebih di mata orang banyak.

Kemampuan lain yang kamu miliki juga bisa terasah. Berbagai pengalaman seru selama kamu meningkatkan kualitas diri ini bisa menjadi cerita seru untuk anak cucumu kelak.

5. Waktunya untuk membalas jasa kedua orangtua

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20anunsplash.com/Gustavo Alves

Melakukan hal yang satu ini memang gak akan ada habisnya sebab jasa mereka itu sangatlah banyak dan tidak terhitung. Kamu gak perlu langsung membeli barang-barang mahal nan branded bagi mereka, namun hal-hal sederhana pun sudah bisa membuat orang tua bahagia.

Misalnya jika kamu berada di perantauan, tanyakan secara berkala bagaimana kabar mereka di rumah. Atau kalau kalian berdekatan, belikan makanan kesukaan juga sudah bisa melelehkan hati orangtua.

6. Jodoh itu sudah diatur, jangan berusaha mencarinya terlalu giat

Millennials, Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Utamakan di Umur 20anunsplash.com/Bart LaRue

Yang terakhir dan yang paling sering menjadi bahan galau-an para anak muda ialah masalah percintaan. Tenang saja, jangan terlalu buru-buru dan ngotot ingin memiliki pasangan di usia 20an. Kamu baru saja lulus dari masa remaja dan membutuhkan banyak pelajaran lain selain cinta. Ingat bahwa jodoh itu sudah di tentukan oleh Tuhan dan akan tiba saat bahagia itu nanti.

Keenam hal di atas tadi ternyata sangat sederhana kan? Kamu bisa mulai mencobanya satu per satu demi mencapai kehidupan yang memuaskan guys!

Baca Juga: 11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-an

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya