Comscore Tracker

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng Tetangga

Meramaikan hari kemerdekaan dengan lomba-lomba seru

Gak terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Agustus. Bulan yang identik dengan Hari Kemerdekaan ini disambut dengan suka cita oleh seluruh rakyat Indonesia. Selain mengibarkan Bendera Merah Putih di halaman rumah dan menghias lingkungan dengan tema merah putih, salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan adalah lomba 17 Agustus. 

Lomba ini biasanya dibuat agar dapat diikuti oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. gak cuma dilakukan untuk menyambut 17 Agustus, lomba ini juga berfungsi untuk memupuk rasa persaudaraan, gotong royong, dan kekompakkan antar tetangga. 

Nah, jika masih bingung menentukan jenis lomba yang seru untuk dilakukan bersama para tetangga, kamu bisa intip beberapa ide lomba 17 Agustus berikut ini.

Baca Juga: Seru-seruan Raffi Ahmad hingga Parto Lomba Tembak Bareng Paspampres

1. Lomba futsal sarung

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba futsal sarung (instagram.com/man1bangkabarat)

Jika bermain fustal biasa aja kita masih sering kalah, apa lagi lomba satu ini? Selain harus fokus menggiring bola ke gawang lawan, kita juga harus berhati-hati agar tidak jatuh atau melakukan pelanggaran.

Gak cuma seru buat pemainnya, lomba 17 Agustus ini juga seru ditonton ramai-ramai bareng tetangga. Dukungan dan sorakan dari penonton bikin lomba futsal sarung makin meriah sekaligus meningkatkan keakraban dengan tetangga.

2. Lomba balap bakiak

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba bakiak (www.instagram.com/vindymarbelani)

Lomba lain yang seru dilakukan bareng tetangga adalah balap bakiak. Walau sudah dilakukan sejak berpuluh-puluh tahun, lomba ini jadi gak pernah hilang keseruannya. Lomba yang dilakukan oleh lima sampai enam orang ini mengharuskan kita berjalan ke garis finish menggunakan bakiak khusus.

Teriakan arahan dan semangat dari setiap tim membuat berjalannya lomba satu ini gak pernah sepi. Tak heran lomba balap bakiak jadi salah satu lomba wajib tiap 17 Agustus.

3. Lomba memasukkan paku ke dalam botol

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba memasukkan paku ke dalam botol (www.instagram.com/framana_juniarsyah.s)

Kalau dua lomba sebelumnya biasa dilakukan oleh bapak-bapak lomba satu ini cocok dilakukan oleh ibu-ibu. Lomba memasukkan paku dilakukan dengan paku yang diikat oleh tali, kemudian tali ini diikat pada perut empat orang. lomba ini membutuhkan satu orang lagi untuk memberikan aba-aba. 

Gak cuma diburu waktu, lomba ini juga menantang pesertanya untuk fokus mendengarkan dan memberi aba-aba. Pasti kamu bisa bayangkan seberapa ramai dan serunya lomba satu ini, bukan?

Baca Juga: 10 Potret Liburan Kenzy Taulany di Singapura, Seru-seruan Sama Sahabat

4. Lomba estafet

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba estafet (instagram.com/ppnglinduk)

Nah, kalau lomba yang ini pasti selalu ada di setiap perayaan 17 Agustus. Lomba estafet biasanya terdiri dari beberapa lomba kecil yang dimainkan secara bergantian, seperti balap kelereng, melipat kertas, dan lempar bola.. Jika gagal di salah satu lomba, kamu harus mengulang lagi tahap lomba ini dari awal. 

Meski dilakukan sendiri-sendiri lomba satu ini tetap seru karena kamu bisa memberi semangat ke anggota tim dan menonton tim lainnya bertanding.

5. Lomba Joget Bangku 

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba joget bangku (www.instagram.com/sdislamaswaja)

Lomba 17 Agustus satu ini cocok dilakukan oleh anak-anak karena sangat simpel dan gak memerlukan banyak tenaga. Anak-anak bisa bebas berjoget dan menarik sesuai musik yang dimainkan sambil bercanda dengan para tetangga.

Semakin seru karena kamu bisa menggunakan musik-musik yang viral untuk lomba rebut bangku semakin meriah. Nah, agar lomba ini tetap aman, pastikan kamu menggunakan kursi yang tidak terlalu tinggi atau berukuran kecil, ya!

6. Lomba balap balon

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba balap balon (www.instagram.com/fisha.icha)

Meski mirip dengan lomba balap bakiak, lomba balap balon pastinya jauh lebih mudah, tapi bukan berarti lomba ini gak seru, ya! Lomba untuk anak-anak ini dilakukan oleh dua orang yang harus membawa balon sampai garis finish. aturannya cuma 1, kamu gak boleh menggunakan tangan. Gimana? Pasti seru, kan?

7. Lomba panjat pinang

7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Seru-Seruan bareng TetanggaIlustrasi lomba panjat pinang (www.instagram.com/alanwar_pacitan)

Lomba 17 Agustus rasanya kurang seru kalau belum ada lomba satu ini. Lomba panjat pinang identik dengan berbagai hadiah menarik yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari setrika, sepeda, hingga televisi pada ujung pohon pinang. 

Eits, gak semudah itu, pohon pinang ini sudah dilumuri dengan cairan super licin yang membuat usaha memanjat pohon ini berkali-kali lebih sulit! Semakin seru karena bapak-bapak harus bekerja sama memanjat pohon pinang agar bisa mendapatkan hadiah terbaik. 

Lomba 17 Agustus emang seru karena membuat kita semakin akrab dengan tetangga, tapi pastikan selalu menjaga keselamatan, ya! Jangan sampai lomba yang harusnya dibuat untuk seru-seruan malah menyebabkan kamu luka atau cedera. Ingat, keselamatan nomor satu! 

Baca Juga: 6 Pilihan Waterpark di Tangerang Raya buat Seru-seruan

Alifia Tsamara Photo Writer Alifia Tsamara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya