Comscore Tracker

5 Quotes Bijak Lao Tzu yang Bakal Memotivasi Kamu Jadi Orang Baik

Kebiasaan baik melahirkan nasib baik

Karakter baik haruslah dipupuk sedini mungkin. Terkadang, orang baik terlahir dari orang jahat yang lelah. Ketika kamu berusaha untuk menjadi orang baik, pasti akan ada saja yang berusaha menggoyahkanmu.

Namun, tanamkan beberapa kutipan dari filsuf China, Lao Tzu ini. Dalam kutipannya tersurat berbagai nilai kebaikan yang harus manusia lakukan. Berikut lima quotes Lao Tzu yang akan memotivasi kamu buat jadi orang baik.

1. Cintailah orang-orang di sekitarmu

5 Quotes Bijak Lao Tzu yang Bakal Memotivasi Kamu Jadi Orang Baikilustrasi pasangan (pexels.com/@mikhail-nilov)

"Being deeply loved by someone gives you strength, while loving someone deeply gives you courage."

Lao Tzu 

Konteks cinta dalam kutipan ini adalah kasih sayang pada orang lain. Ekspresikan rasa cinta itu pada orang-orang terdekatmu. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli pada mereka. 

Entah itu dengan mendukung segala cita-cita atau keinginan mereka. Membantu dan selalu ada saat orang-orang sedang membutuhkanmu. Ingatlah, di dunia ini kamu tidak bisa hidup sendiri, kamu butuh mereka, pun sebaliknya. 

2. Jangan lelah bersabar

5 Quotes Bijak Lao Tzu yang Bakal Memotivasi Kamu Jadi Orang Baikilustrasi pertemanan (pexels.com/@elevate)

"I have just three things to teach: simplicity, patience, compassion. These three are your greatest treasures."

Lao Tzu

Selain kasih sayang, hal lainnya yang harus dimilikimu adalah kesederhanaan dan kesabaran. Saat ini tidak sedikit yang pamer kekayaan bahkan kebahagiaan. Padahal, sejatinya kekayaan dan kebahagiaan hanya bisa diukur dengan hati. 

Dan kesabaran juga menjadi ciri orang baik. Percayalah, ketika kamu memilih bersabar atas musibah yang melanda, kelak akan datang hal-hal baik padamu. Sebab pada hakikatnya, kesabaran tidak akan membuat kamu merugi. 

Baca Juga: 5 Quotes Tokoh Dunia yang Bikin Bangkit dari Penyesalan

3. Berpikir dan berkata baik

5 Quotes Bijak Lao Tzu yang Bakal Memotivasi Kamu Jadi Orang Baikilustrasi mengobrol (pexels.com/William Fortunato)

"Kindness in words creates confidence. Kindness in thinking creates profoundness. Kindness in giving creates love."

Lao Tzu

Berpikirlah baik pada orang lain, sekalipun orang itu pernah menyakitimu. Sebab pada dasarnya, kejahatan lebih baik dibalas dengan kebaikan. 

Selain itu, dengan berpikir baik pada orang lain, membuat kata-kata kita terjaga. Maksudnya, dengan pemikiran baik kamu akan terhindar dari mengeluarkan kata-kata yang menyakiti orang lain. Untuk apa berbicara jika hanya menyakiti orang lain, bukan? 

4. Jauhi kemarahan

5 Quotes Bijak Lao Tzu yang Bakal Memotivasi Kamu Jadi Orang Baikilustrasi berdebat (pexels.com/Alex Green)

"The best fighter is never angry."

Lao Tzu

Petarung paling hebat adalah mereka yang tidak pernah marah. Bahkan dalam agama pun dianjurkan untuk mengambil air untuk meredakan amarah. 

Hal itu membuktikan bahwa sifat pemarah bukanlah hal baik. Jika, memang terjadi hal-hal yang tidak kamu sukai, cukup utarakan tanpa perlu marah-marah. Sebab kemarahan tidak dapat menyelesaikan masalah. 

5. Kebiasaan menentukan nasibmu

5 Quotes Bijak Lao Tzu yang Bakal Memotivasi Kamu Jadi Orang Baikilustrasi kegiatan sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

"Watch your thoughts, they become your words; watch your words, they become your actions; watch your actions, they become your habits; watch your habits, they become your character; watch your character, it becomes your destiny."

Lao Tzu

Perhatikan pikiran, kata-kata, perilaku, kebiasaan, dan karaktermu karena semua itu yang menentukan bagaimana nasibmu kelak. Bayangkan jika kamu terbiasa mencuri, kelak nasibmu adalah bui. 

Namun, jika kamu membiasakan bersedekah, maka hartamu akan semakin berkah. Yakinlah, ketika kamu membantu orang lain yang kesulitan, kelak saat kamu sedang dalam musibah akan selalu ada yang membantu. 

Orang baik pada masa kini sudah semakin menipis. Pastikan dirimu bukan termasuk di dalamnya. Sebab orang baik hidupnya akan lebih damai. 

Baca Juga: 5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodoh

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

I scream so loud, but, no one heard a THING. So, I decided to write. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya