Comscore Tracker

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah Bergaul

#PANJATPOIN Yuk, belajar lebih pede!

Gak semua orang bisa bergaul dengan mudah. Beberapa orang, khususnya yang berkarakter introvert biasanya sulit bersosialisasi di masyarakat. Kondisi keramaian kerap membuat mereka merasa gugup, tak nyaman, bahkan takut. Keadaan ini dikenal sebagai social-phobia atau social anxiety disorder .

Tentunya sifat yang demikian itu enggak boleh dibiarkan saja. Selain berisiko menganggu mental, juga membuat hidup jadi makin sulit. Ingat lho, manusia itu gak bisa hidup sendiri. Kebiasaan sulit bergaul tentunya harus segera diatasi.

Dan bila kamu mengalami hal itu, berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan agar lebih mudah membaur dengan orang-orang di lingkunganmu.

1. Keluar dari zona nyaman memang bikin gelisah, tapi kamu harus membiasakannya pelan-pelan

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah Bergaultwitter.com/sohyunglobal

Dimulai keluar dari zona nyaman, ini adalah langkah paling utama yang harus kamu ambil. Siap gak siap, kamu harus beranikan diri untuk melangkah keluar dari sangkarmu. Sekadar main ke tetangga, berkumpul dengan teman, atau mengikuti kelompok belajar adalah langkah yang bagus.

Yang jelas, kurangi waktumu di dalam rumah. Meski ruang kamarmu terlihat begitu menggoda, kamu harus rela meninggalkannya untuk beberapa waktu.

2. Mulailah menyapa orang di sekitarmu, sekadar mengucap "Hai" saja cukup untuk permulaan

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah BergaulDok. tvN

Mulai detik ini cobalah mengubah karaktermu menjadi lebih ramah kepada orang-orang disekitar. Entah itu teman, guru, tetangga, sepupu, ipar, mertua, siapapun yg Kamu kenal. Tegurlah mereka. Sunggingkan bibirmu dan jangan lupa ucapkan salam.

3. Jika ada tamu di rumah ikutlah menimbrung, sekalipun kamu gak nyambung dengan topiknya

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah Bergauldramabeans.com

Bagi orang yang gak biasa bergaul, aktivitas menemui tamu dan ngobrol selama berjam-jam mungkin akan menjadi hal yang ngebosenin. Apalagi kalau kamunya dicuekin dan cuma jadi pendengar, duh rasanya pengen cepet-cepet balik ke kamar. Iya gak?

Well, sebenarnya kondisi semacam itu wajar bagi pemula. Tapi kamu jangan keburu nyerah.

Sekalipun nggak nyaman, tetap biasakanlah menemui tamu. Awalnya mungkin kamu canggung, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan lebih akrab. 

Selain itu, kenalanmu juga semakin bertambah.

Baca Juga: 5 Trik Jadi Kakak Tingkat yang Bijak, Biar Cepat Akrab sama Junior

4. Be humble! Belajarlah memulai obrolan, gak perlu takut dicuekin, yang penting kamu sopan

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah Bergaulbustle.com

Jangan selalu nunggu diajak ngomong duluan. Terkadang orang lain merasa sungkan menyapammu sebab Kamu terlalu pendiam. Sesekali, coba deh kamu yang memulai obrolan. Enggak masalah walaupun pembicaraanmu gak penting. Asalkan sopan, orang lain pasti akan meresponnya dengan senang hati.

5. Ikuti aktivitas yang melibatkan banyak orang, sebaiknya sih yang sesuai passion agar kamu lebih nyaman

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah Bergaulcoppamagz.com

Cobalah mengikuti aktivitas positif yang melibatkan banyak orang. Misalnya aja pengajian, karang taruna, organisasi kampus, les masak, jahit atau lainnya.

Usahakan mencari aktivitas yang sesuai dengan passionmu. Jadi kamu pun bisa merasa lebih nyaman dan rutin untuk mengikutinya. Tapi bila kamu menyukai tantangan, kamu bisa mencari sesuatu yg baru untuk menperluas lingkup pergaulanmu sekaligus menambah wawasan.

6. Jangan mudah sakit hati. Ingat, karakter orang itu berbeda-beda, jadi kamu harus siap menghadapinya

Tak Perlu Minder, Ini 6 Cara Membaur untuk Kamu yang Susah Bergaulrobinnystrom.wordpress.com

Hidup di tengah masyarakat memang gak mudah, terutama bagi kamu yang susah bergaul. Jika selama ini kamu merasa aman-aman saja karena memang ruang lingkup sosialmu terbatas, maka mulai sekarang bersiaplah menghadapi lika-liku hidup yang sesungguhnya.

Ingat, karakter orang itu berbeda-beda. Jangan menyamaratakan kepribadian. Manusia itu ada yang bersifat ramah, cuek, sombong, bahkan keras kepala. Tentunya untuk menghadapinya Kamu perlu bersikap legowo dan jangan mudah sakit hati.

Begitulah memang kehidupan! Jika kamu terus-menerus takut dan menghindar, lalu mau sampai kapan bersembunyi?

Baca Juga: Kamu Punya Rekan Kerja Pendiam? Ini 5 Cara Menghadapi Sikapnya

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya