TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Sering Menyalahkan Diri Sendiri secara Berlebihan

Gak baik lho buat kesehatan mental

pexels.com/Gabriela Palai

Menyalahkan diri sendiri atas segala kesalahan yang terjadi di sekitar kita bukan merupakan sesuatu yang sehat, lho. Terlebih, jika kebiasaan menyalahkan diri sendiri ini  selalu muncul dan selalu mengganggu pikiran hingga menyebabkan stres. Dengan mengetahui penyebab kenapa sih kita sering menyalahkan diri sendiri, kita akan mampu mengatasi perasaan yang mengganggu tersebut nantinya.

Ini dia 5 poin penyebab munculnya perasaan menyalahkan diri sendiri.

1. Terlalu memforsir diri terhadap hal yang sedang dikerjakan

unsplash/Francisco Moreno

Orang yang terlalu memforsir diri atau dalam kata lain bekerja terlalu banyak dalam setiap harinya, memiliki kemungkinan lebih besar untuk menyalahkan dirinya atas segala kesalahan atau kekacauan yang terjadi di sekitarnya.

Hal ini muncul karena adanya beban pekerjaan yang mengisi benaknya secara terus menerus. Sehingga, dia merasa segala hal di sekitarnya merupakan sesuatu yang harus dia handle dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: Bukan Sombong, Ini 8 Alasan Si Pendiam Enggan Diajak Reuni dan Kopdar

2. Merasa punya tanggung jawab penuh atas banyak hal

unsplash/William Randles

Rasa tanggung jawab pastinya sangat kita butuhkan. Eits, tapi jangan sampai kita memiliki rasa tanggung jawab yang berlebihan. Hal ini akan memicu timbulnya dorongan untuk menyalahkan diri sendiri setiap kali sesuatu di luar harapan terjadi.

Misal nih, ketika di tempat kerja ada teman yang sibuk sekali hingga harus lembur dan mengabaikan keluarganya di rumah, kamu malah menyalahkan dirimu karena tidak bisa membantunya atau karena sangat tidak peka sebagai rekan kerja.

Ini adalah salah satu tanda kamu sudah berlebihan dalam menyalahkan diri sendiri. Padahal, sudah jelas bahwa hal itu adalah tanggung jawab rekan kerjamu, bukan tanggung jawabmu.

3. Kekurangan waktu me-time

unsplash/Kipras streimikis

Buat yang merasa sudah terlalu sering menyalahkan diri sendiri belakangan ini, mending kamu segera luangkan waktu untuk me-time deh. Kurangnya waktu me-time sangat berpengaruh lho pada kesehatan mentalmu. Termasuk dalam kegiatan menyalahkan diri sendiri.

Beban yang rasanya sudah terlalu banyak bisa membuat kamu merasa bahwa kesalahan apapun yang terjadi adalah salahmu seorang. Capek gak sih kalau merasa seperti ini setiap waktu?

4. Gak menikmati hidup dan terus mengejar target

unsplash/Josefa nDiaz

Perasaan menyalahkan diri sendiri juga bisa muncul akibat kurangnya rasa santai dalam menikmati hidup. Keinginan untuk mewujudkan segala hal dan mencapai target yang dibuat, bisa menjadi penyebab kita sering menyalahkan diri sendiri.

Pasalnya, kita merasa semua harus berjalan sempurna. Padahal sebagai manusia, kita hanya bisa merencanakan dan melakukan yang terbaik. Sisanya adalah urusan Tuhan yang menentukan.

Baca Juga: 5 Pengingat Sederhana Pada Diri Sendiri agar Hidup Lebih Bahagia

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya