TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Pentingnya Ambil Waktu Beristirahat Setiap Harinya

Suasana hati terjaga, tubuh kian berstamina

ilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Waktu beristirahat menjadi penting untuk dinikmati, sebab jika terlalu keras bekerja dan berkegiatan lainnya, tubuhmu dapat menurun staminanya, hingga suasana hati pun ikut terpengaruh. Bagi kamu yang punya kesibukan padat, tetaplah bijaksana di saat waktunya istirahat, ambil dan gunakan dengan sebaik mungkin.

Meski, hanya sejenak tapi manfaat baiknya besar untukmu, baik jangka pendek maupun panjang. Berikut lima alasan betapa pentingnya ambil waktu beristirahat di setiap harinya.

1. Suasana hati selalu baik dan bergembira 

ilustrasi bergembira bersama teman (pexels.com/Allan Mas)

Suasana hati juga sangat dipengaruhi oleh bagaimana caramu beraktivitas sepanjang hari. Jika ingin selalu stabil, maka saat tiba waktunya beristirahat, gunakanlah dengan maksimal. Kondisi fisik yang mengalami kelelahan menyebabkan perasaan ikut berantakan.

Dengan mengambil waktu beristirahat, kamu menjadi punya kesempatan untuk menaikkan suasana hati yang semula kurang bergembira menjadi kembali ceria. Mood yang baik tentunya memengaruhi segala sesuatu yang kamu lakukan. Apabila ingin selalu terjaga, mudah berkonsentrasi, hingga memiliki kesabaran dalam proses, maka beristirahatlah dengan cukup.

Baca Juga: 5 Hal Ini Pertanda Kamu Butuh Istirahat, Stop Memaksa Diri Bekerja!

2. Daya ingatan dan fokus terus alami peningkatan 

ilustrasi laki-laki yang memiliki daya ingat tinggi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Daya ingatan manusia dan fokus yang dimilikinya bisa meningkat dan menurun. Bagi seseorang yang pandai memanfaatkan waktu istirahatnya secara optimal. Maka, mudah lupa bisa dihindari sejak dini. Begitu juga dengan daya fokus akan terus meningkat.

Faktanya, mengambil waktu beristirahat benar-benar mempertajam daya ingat dan fokus seseorang. Tubuh dan pikiran juga membutuhkan waktu beristirahat yang cukup, maka jangan melewatkan atau mengabaikan jam istirahat, meski hanya sempat beberapa saat. Namun, usahakanlah agar setiap hari kamu tidur kurang lebih selama 7-9 jam. Semakin cukup waktunya, semakin baik untuk ingatan dan fokus pikiran.

3. Semakin berstamina di setiap harinya 

ilustrasi berenergi positif sepanjang hari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingin pekerjaan dan kegiatan lainnya lancar dengan hasil yang maksimal? Ambil waktu istirahat yang cukup di setiap harinya. Energi seseorang jika terus-menerus digunakan tanpa ada jeda beristirahat, pastinya akan terkuras habis.

Jika terus memaksakan diri beraktivitas, tubuhmu akan kehilangan banyak stamina. Inilah alasannya beristirahat tak boleh dilupakan, karena menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kembali stamina tubuh manusia. Sehingga, produktivitas meningkat, prestasi pun banyak didapat.

4. Kreativitas semakin tak terbatas 

ilustrasi sebuah kreativitas (pexels.com/Tim Douglas)

Sisi kreativitas seseorang sangat membantunya untuk bisa mendapatkan jenjang karier impian. Apabila ingin meningkatkan kemampuanmu dalam menciptakan sesuatu yang baru, maka mengambil waktu untuk beristirahat itu sangat perlu.

Pikiran yang terus dipaksakan untuk berkreasi, tanpa menyempatkan diri menikmati jeda waktu untuk merilekskan badan dan pikiran. Maka, hasil kreasimu tak akan sekreatif dulu lagi, bahkan tak ada nilai barunya. Namun, jika kamu selalu disiplin, jika sudah tiba waktunya beristirahat tak mengabaikannya, justru sisi kreativitasmu semakin naik hingga tak terbatas.

Baca Juga: 5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinya

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya