Comscore Tracker

5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinya

Terhindar dari burnout saat bekerja

Bekerja menjadi aktivitas yang terkadang menjadikan seseorang kurang waktu untuk beristirahat. Padahal istirahat adalah kegiatan yang dibutuhkan bagi tubuh dan pikiran. Selain sebagai upaya menjaga kesehatan, hal tersebut juga bisa meningkatkan produktivitas dalam keseharian. Berikut lima manfaat yang didapat saat kamu memiliki waktu istirahat yang teratur dan cukup.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinyailustrasi memiliki tubuh sehat dan segar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tak hanya berolahraga dan makan bergizi saja, sistem kekebalan tubuh manusia juga bisa meningkat dengan cara mengatur dan mencukupi waktu istirahat. Tubuh dan pikiran yang sudah lelah bekerja, membutuhkan waktu untuk mengisi energi kembali.

Caranya dengan beristirahat yang cukup. Jika ingin lebih maksimal, usahakan agar waktunya pun teratur setiap harinya. Jangan tidur larut malam, supaya paginya kamu bisa bangun lebih awal untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada hari tersebut.

2. Daya ingat semakin tajam 

5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinyailustrasi seseorang sedang mengingat sesuatu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pola istirahat memengaruhi daya ingat manusia. Apabila ingin memiliki daya ingat yang kuat dan tajam, beristirahat secara teratur dan cukup bisa menjadi upayanya. Bekerja semakin fokus, tak mudah lupa akan sesuatu.

Sehingga, rencana harian akan berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang optimal. Kemampuanmu dalam berpikir pun tak mudah terdistraksi, mengambil keputusan juga kian tepat dan tak penuh keraguan, ditambah ingatan yang tajam.

Baca Juga: 7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!

3. Mengurangi tingkatan stres 

5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinyailustrasi orang merasa stres (pexels.com/Arina Krasnikova)

Stres bisa dialami oleh siapa saja, apalagi seseorang yang sedang disibukkan oleh berbagai kegiatan maupun pekerjaan. Memaksakan diri untuk tetap bekerja, bukanlah solusi yang tepat, sebab akan meningkatkan stres yang dirasakan.

Akan tetapi, jika kamu tak terlalu keras kepada diri, dan memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat. Maka yang akan terjadi, stres yang dialami bisa berangsur berkurang. Itulah sebabnya, istirahat bisa menjadi cara yang ampuh untuk menurunkan tingkatan stres dan mencegah diri mengalami depresi.

4. Emosi semakin stabil 

5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinyailustrasi orang mengendalikan emosi diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kurangnya waktu istirahat memicu seseorang menjadi mudah marah, tersinggung, dan emosi negatif lainnya. Maka, mencukupi waktunya begitu penting untuk dilakukan, sebab bisa menstabilkan emosi yang ada di dalam diri.

Ketika emosi stabil, suasana hati pun selalu tenang dan senang, sekalipun sedang banyak hal yang dikerjakan. Konsentrasi pun bisa penuh saat kondisi emosionalmu terkendali dengan baik. Mulai sekarang, cobalah atur jadwal istirahatmu, cukupi jangka waktunya. Jangan kekurangan maupun berlebihan.

5. Energi dalam diri tidak akan pernah terkuras sampai habis 

5 Manfaat Istirahat Teratur dan Cukup Setiap Harinyailustrasi energi dalam diri mulai terkuras (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Energi seseorang bisa saja berkurang setelah melakukan berbagai kegiatan. Namun, bagi kamu yang memiliki waktu istirahat yang cukup dan selalu teratur, dampak positifnya yaitu tak akan pernah kehabisan energi yang menyebabkan diri sangat lemah.

Peka lagi terhadap kondisi diri, jika sudah merasa lelah, janganlah dipaksakan beraktivitas. Kekuatan seseorang ada batasnya, ketika kelelahan dan mulai kekurangan energi, beristirahatlah untuk memulihkan diri.

Istirahat merupakan kebutuhan tubuh dan emosional manusia. Memang terkadang, ada saatnya kamu harus lembur bekerja, sehingga tak punya cukup waktu mengistirahatkan diri. Namun, alangkah baiknya untuk tetap berusaha membiasakan pola yang sehat.

Segala dampak baik dan buruknya kamu sendiri yang merasakannya. Jika ingin mendapatkan efek positifnya, harus bersedia untuk mengatur dan mencukupi waktu istirhatmu di setiap harinya.

Istirahat berbeda dengan bermalas-malasan. Rilekskan diri, jauhkan segala distraksi dan nikmati waktu istirahatmu. Saat bangun di pagi hari, badan bugar, hati senang, serta pikiran pun segar. Kelima manfaat di atas sangat berfungsi meningkatkan produktivitas, sebab dapat menghindarkanmu dari burnout saat bekerja.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahat

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya