Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!

Fenomena yang sering terjadi di sekitar kita

Apakah kamu mempunyai banyak teman? Tentunya kamu akan menghadapi berbagai kompetisi dalam bergaul bersama mereka. Hal tersebut sangat wajar bahkan bermanfaat. Namun dalam kompetisi tersebut ada saja teman yang iri atau tidak suka akan keberhasilan yang kamu capai. Teman yang bersikap demikian disebut Crab Mentality.

Dilansir Psychology Today, Crap Mentality atau mentalitas kepiting, adalah analogi dari pola pikir egois dan iri terhadap kesuksesan orang lain. Bahkan ada yang sampai menjatuhkan, dengan cara mengkritik, meremehkan, hingga memanipulasi. Apakah kamu nyaman jika berteman bersamanya? Bagaimana menghadapi, yuk disimak

Baca Juga: [QUIZ] Berapa Level Crab Mentality Kamu?

1. Berteman dengan teman yang suportif

5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!ilustrasi pertemanan(pexels.com/id-id/jepret-je)

Jika ada teman kamu yang mempunyai sikap crab mentality atau mental kepiting sebisa mungkin untuk mengurangi intensitas bergaul dengannya.
Secara perlahan kamu bisa keluar dari pertemanan tersebut.

Tetap berteman dengannya hanya akan menyulitkanmu untuk mencapai kesuksesan. Kamu bisa mencari teman baru yang lebih suportif sehingga dapat sebagai penyemangat saat kamu melangkah menuju kesuksesan.

2. Koreksi diri jika merasa gagal

5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!ilustrasi koreksi diri(pexels.com/id-id/inzmamkhan11)

Tidak mudah untuk mencapai suatu kesuksesan dan untuk mencapainya, kadang harus beberapa kali mengalami kegagalan. Salah satu kegagalan tersebut mungkin kamu mendengarkan komentar-komentar negatif dari teman yang bermental kepiting ini.

Nah, sebagai koreksi mulai saat ini kamu harus menghindari komentar negatif tersebut. Untuk penyemangat kamu harus yakin bahwa di balik kegagalan ada pelajaran yang dapat diambil. Sehingga kamu akan bangkit dan tidak menghiraukan komentar-komentar yang bersifat negatif tersebut.

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Hal Ini Menandakan Kamu Mempunyai 'Crab Mentality'

3. Jangan lelah mengembangkan kemampuan diri

5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!ilustrasi belajar(pexels.com/id-id/divinetechygirl)

Setelah kamu mencapai kesuksesan maka temanmu yang bersikap Crab Mentality ini akan iri dan berusaha untuk menjatuhkanmu. Menghadapi teman seperti ini kamu baru meningkatkan percaya diri dengan cara terus mengembangkan kemampuan diri. Supaya kamu tidak goyah dari segala cara yang dilakukan oleh temanmu ini untuk menjatuhkanmu.

Asah terus kemampuanmu, ya. Agar kamu memang patut mencapai sukses tersebut dan  teman bermental kepiting ini tidak dapat menjatuhkan kamu.

4. Berusaha mencapai keberhasilan

5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!ilustrasi keberhasilan(pexels.com/id-id/olly)

Untuk mencapai keberhasilan kamu harus berusaha dan optimis. Saat ada komentar yang negatif, tutup telinga dan tetap pada tujuan serta lakukan apa yang kamu anggap benar.

Tetap gigih, optimis, dan percaya pada diri sendiri. Jika ada yang memberi komentar negatif tidak usah didengar. Dengan demikian kamu tidak akan memikirkan sindiran dan kritikan temanmu yang iri tersebut. Tetaplah berusaha untuk mencapai keberhasilan

5. Tetap fokus pada progress diri sendiri

5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!ilustrasi fokus pada progress diri(pexels.com/id-id/olly)

Temanmu yang bersikap crab mentality selalu membandingkan progres dirinya. Jika ada yang mempunyai progres lebih tinggi dari dirinya maka ia akan iri, dan cemburu. Bahkan berusaha untuk menjatuhkan.

Maka kamu jangan terpengaruh tetaplah fokus pada progres diri sendiri, ya. Karena dengan langkah ini kamu akan mencapai hasil yang maksimal.

Fenomena crab mentality ini sering terjadi lingkungan sekolah, tempat kerja, bahkan di  keluarga juga ada. Nah, dalam menghadapi teman yang bermental kepiting ini, kamu harus memiliki sikap masa bodi atau ‘cuek’  jangan pernah ragu akan pencapaian yang telah dicapai. Karena sikap temanmu ini hanya akan menghambat kesuksesan yang telah atau akan kamu capai, lho!

Baca Juga: 5 Fakta "Crab Mentality" yang Sering Terjadi di Kelompok Masyarakat

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya