Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Hati-hati saat Berkomentar di Media Sosial

Jangan sembarang asal komentar!

Suka memberikan komentar di postingan media sosial orang lain? Sebenarnya, tidak ada masalah jika kita ingin memberikan pendapat tentang apa yang mereka publikasikan. Namun, kita juga harus paham etika dalam memberikan komentar pada orang lain.

Memberikan komentar di media sosial bisa berdampak baik ataupun buruk, itu semua tergantung dari komentar apa yang kita berikan. Berikut ini ada lima alasan mengapa kamu harus hati-hati saat berkomentar di media sosial, harus waspada nih!

1. Bisa menyakiti perasaan orang lain secara tidak langsung

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Hati-hati saat Berkomentar di Media SosialPexels.com/fauxels

Ketika kamu memberikan komentar buruk di salah satu postingan teman media sosial, bukan tidak mungkin jika kamu menyakiti perasaannya secara tidak langsung, terlebih jika komentar yang diberikan berhubungan dengan kekurangan secara fisik.

Memang, kita bisa memberikan pendapat apapun pada teman media sosial melalui kolom komentar. Namun, cobalah untuk tetap menggunakan akal sehat dan etika agar kamu tidak benar-benar menyakiti perasaannya.

2. Kamu bisa saja melanggar pasal UU ITE yang dapat dilaporkan ke pihak berwajib

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Hati-hati saat Berkomentar di Media SosialPexels.com/Donald Tong

Ketika kamu memberikan komentar yang terlalu berlebihan dan dapat merugikan orang lain, kamu bisa saja melanggar pasal UU ITE yang dampaknya bisa pada pelaporan pihak berwajib.

Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin kamu masuk penjara hanya karena memberikan komentar buruk pada seseorang. Makanya, kamu harus lebih hati-hati dalam memberikan komentar di media sosial karena sudah ada peraturan yang dibuat secara hukum.

3. Kamu dapat menimbulkan rasa dendam yang bisa berujung tindakan kriminal

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Hati-hati saat Berkomentar di Media SosialPexels.com/mentatdgt

Memberikan komentar buruk secara terang-terangan di media sosial bisa membuat pemilik akun merasa kesal dan timbulnya rasa dendam yang mendalam.

Hal ini tidak bisa kamu anggap remeh lho, bisa saja orang tersebut melakukan tindakan kriminal terhadap kamu karena merasa dirinya tersakiti atas komentar yang telah diberikan secara sembarangan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic Untukmu

4. Memberitahu kepada banyak orang sisi buruk dari diri kamu yang sebenarnya

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Hati-hati saat Berkomentar di Media SosialPexels.com/Pixabay

Ketika kamu memberikan komentar sembarangan di media sosial, itu sama saja sedang memberitahukan kepada banyak orang sisi buruk diri kamu yang mungkin tidak pernah orang ketahui sebelumnya.

Memberikan komentar jahat atau kasar di media sosial bisa dilihat oleh banyak orang, sehingga mereka akan tahu siapa yang memberikan komentar jahat tersebut. Makanya, kamu harus hati-hati saat memberikan pendapat kepada orang lain, bukan tidak mungkin jika kamu yang akan kena batunya.

5. Jejak digital tidak akan pernah hilang selama mereka menyimpannya

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Hati-hati saat Berkomentar di Media SosialPexels.com/Ashutosh Jaiswal

Pada saat kamu memberikan komentar buruk di media sosial orang lain dan pemilik akun mengambil tangkapan layar dari komentar tersebut, secara otomatis komentar kamu tidak akan pernah hilang selama pemilik akun menyimpannya.

Mungkin kamu bisa saja menghapus komentar yang sudah terlanjur diberikan, namun kamu tidak bisa melakukan apa-apa pada saat pemilik akun mengambil tangkapan layar.

Jika memang komentar tersebut mau sepenuhnya hilang dari jejak digital, kamu harus meminta maaf dan memohon agar yang bersangkutan segera menghapusnya.

Itu dia deretan alasan mengapa kamu harus hati-hati pada saat berkomentar di media sosial. Jangan asal sembarangan memberikan komentar dalam bentuk apapun, itu bisa mengakibatkan sesuatu yang sangat buruk, lho.

Baca Juga: Gak Ada Akhlak, 10 Komentar Netizen Paling Kocak di Media Sosial

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya