Comscore Tracker

5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic Untukmu

Twitter memang tempat terbaik untuk berkeluh kesah

Media sosial sebenarnya tidak sepenuhnya toxic. Twitter, dikabarkan sebagai salah satu media sosial yang cukup ramah untuk kesehatan mental penggunanya. Semua ini tentu tergantung pribadi masing-masing selaku pengguna, dalam penggunaan media sosial di kehidupan sehari-hari. Media sosial akan sangat bermanfaat bagi pengguna, asalkan pengguna paham karakteristik masing-masing media sosial. Lantas, apa saja tips supaya Twitter tidak menjadi toxic untukmu? Simak ulasan berikut ini.

1. Jangan terlalu serius dalam mencerna setiap postingan

5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic UntukmuUnsplash/rawpixel

Terkadang seseorang mengunggah sesuatu sesuai kehendak masing-masing. Di sisi lain, ada pengguna yang terbiasa serius dalam menyikapi berbagai hal. Tentu saja kebiasaan menganggap terlalu serius segala sesuatu harus dikurangi saat kamu bermain media sosial, terutama saat kamu bermain Twitter.

Saat bermain Twitter, kamu harus memegang teguh bahwa Twitter itu tempat untuk bercanda, menumpahkan uneg-uneg yang cenderung menggelitik. Kamu tidak perlu lekas tersinggung apabila ada cuitan yang menurutmu kurang berkenan di hati. Pada dasarnya, pengguna Twitter mengutamakan kebahagiaan dalam penggunaannya. Kalau kamu setuju dengan cuitannya, kamu boleh beri dukunganmu dengan tekan tombol rt atau favorit. Sebaliknya, kamu bisa pilih opsi ‘tidak menyukai tweet ini’ maka cuitan tersebut akan hilang dari timeline-mu.

2. Apabila ada pertikaian sebaiknya menjadi pihak netral atau gembok akunmu

5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic UntukmuUnsplash/Mimi Thian

Tidak jarang, Twitter menjadi tempat yang tepat bagi pengguna untuk melakukan perang pendapat atau yang dikenal dengan istilah twitwar. Agar Twitter tidak berubah menjadi toxic untukmu, sebaiknya kamu tidak turut serta dalam arus perang tersebut. Apabila ingin berpendapat, berpendapatlah senetral mungkin. Kalau kamu merasa sulit menjadi netral, sebaiknya kamu gembok dahulu akunmu supaya tidak memicu perang lanjutan. Menggembok akun dimaksudkan agar kamu tidak diserang oleh orang tidak dikenal karena hanya followers-mu saja yang bisa melihat cuitanmu.

3. Tahu batasan saat ingin curhat di Twitter

5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic UntukmuUnsplash/rawpixel

Kamu bisa leluasa mencurhakan isi hatimu di Twitter, tetapi kamu harus ingat bahwa saat kamu memposting sesuatu, tentu ada yang melihat. Membatasi cuitanmu sama artinya menjaga privasimu. Kamu harus ingat bahwa masalah pribadimu tidak seharusnya menjadi konsumsi publik karena dikhawatirkan cuitan negatifmu bisa menjadi bumerang untukmu di kemudian hari.

Baca Juga: 7 Tipe Teman di Media Sosial Ini Sebaiknya Kamu Unfollow Aja

4. Mencari mutual baru sebagai teman virtual

5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic Untukmukoreaboo.com

Tidak perlu takut atau ragu mencari teman baru di dunia maya. Di Twitter, kamu bisa mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Orang-orang di Twitter akan sangat suportif apabila kalian sering saling menyapa. Kamu bahkan tidak akan menyangka jika mereka hanyalah orang asing yang kamu temui di dunia maya. Pengguna Twitter bisa sangat bersahabat, bisa juga sangat jahat, tergantung bagaimana kita bersikap. Ingat, kalau kalian niat mencari teman, haram hukumnya kalau sampai kamu sengaja unfollow orang demi followers yang lebih banyak daripada following!

5. Sebelum mengikuti akun, cek dahulu postingan akun tersebut

5 Tips Agar Media Sosial Twitter Gak Menjadi Toxic UntukmuUnsplash/NEW DATA SERVICES

Sebelum mengikuti akun, cek dahulu postingan akun tersebut. Jangan sampai kamu menyesal karena salah follow orang. Terkadang, ada akun-akun tertentu yang memang problematic. Ada yang memang gemar keributan, sering mengeluarkan kata-kata kasar, dan lain sebagainya. Untuk mencegah postingan tidak baik muncul di timeline-mu, kamu bisa kendalikan sendiri akun mana yang sebaiknya di follow dan akun mana yang sebaiknya tidak di follow.

Bagi sebagian orang yang belum tahu, Twitter menjadi wadah yang sangat menjanjikan untuk melepas penat sambil sesekali bercuit mengabarkan tentang hari ini. Di Twitter, banyak sekali informasi yang dapat kamu akses, baik berupa tulisan, foto, video, dan beragam info menarik lainnya yang tidak ada di media sosial lain. 

Twitter yang tadinya sempat ditinggalkan kini mulai dihuni kembali oleh pengguna lamanya, bahkan pengguna baru yang tertarik menggunakan media sosial ini terus bertambah. Jadi, kamu sudah tahu kan cara membuat agar Twitter-mu tidak menjadi media sosial yang toxic? Selamat mencoba!

Oh iya, apa nama Twitter-mu? Yuk saling follow!

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 Tanda Kamu Salah Memanfaatkan Media Sosial

Annisa Widi Photo Verified Writer Annisa Widi

Bachelor Degree of Psychology. Penyuka buku, mawar peach, matcha, buku, dan kopi susu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya