Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Suka Iri pada Teman yang Jauh Lebih Sukses

Iri sedikit boleh, berlebihan jangan!

Pernahkah kamu merasa iri pada teman yang jauh lebih sukses? Mungkin semua orang pernah merasakannya, bahkan hal ini terbilang wajar terjadi. Kita semua tahu bahwa semua orang ingin dianggap sebagai orang yang paling sukses jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Namun rasa iri tersebut tidak terjadi begitu saja, sedikitnya ada lima alasan mengapa kamu bisa iri pada teman yang jauh lebih sukses. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan di bawah ini.

1. Kamu ingin berada di posisi sejajar dengan temanmu, tapi sayangnya tidak bisa

5 Alasan Mengapa Kamu Suka Iri pada Teman yang Jauh Lebih SuksesPexels.com/cottonbro

Pada dasarnya rasa iri bisa timbul karena berbagai macam hal, salah satunya kamu tidak bisa mencapai apa yang telah teman kamu raih. Apa yang telah kamu capai tidak pernah sebanding sehingga menganggapnya sebagai rival.

Untuk bisa sejajar atau bahkan satu langkah lebih maju, cobalah untuk berusaha jauh lebih keras lagi. Jadikan rasa iri tersebut sebagai motivasi bahwa kamu juga bisa mencapai di titik yang sama dengan apa yang telah teman kamu raih.

2. Kamu tidak bisa menikmati apa yang telah teman kamu capai secara finansial

5 Alasan Mengapa Kamu Suka Iri pada Teman yang Jauh Lebih SuksesPexels.com/Andrea Piacquadio

Secara finansial orang sukses memang tidak pernah yang namanya kekurangan uang atau bahkan bisa saja lebih, sedangkan kamu yang masih begitu-begitu saja akan merasa iri karena tidak bisa menikmati apa yang telah teman kamu capai.

Maka dari itu kamu juga harus bisa sukses atau bahkan jauh lebih berhasil, jangan jadikan iri tersebut hanya sebatas iri saja. Jadikan itu sebagai motivasi bahwa kamu juga mau menikmati hidup yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

3. Teman kamu suka pamer di sosial media

5 Alasan Mengapa Kamu Suka Iri pada Teman yang Jauh Lebih SuksesPexels.com/Canva Studio

Rasa iri kamu akan bertambah besar saat melihat teman kamu pamer tentang kesuksesannya di sosial media, bahkan kamu akan merasa orang paling gagal di dunia ini ketika apa yang mereka pamerkan sangat mahal atau mewah.

Sebenarnya kamu juga bisa memiliki apa yang teman kamu punya, hanya saja kerja keras kamu harus dibarengi dengan kerja cerdas agar bisa mencapai atau melebihi apa yang telah teman kamu raih.

4. Merasa derajat kamu jauh lebih rendah daripada orang lain

5 Alasan Mengapa Kamu Suka Iri pada Teman yang Jauh Lebih SuksesPexels.com/The Lazy Artist Gallery

Rasa iri timbul karena posisi kamu berada paling bawah daripada teman-teman kamu yang sudah sukses, makanya kamu tidak ingin kalah atau bahkan ingin bersaing dengan cara menunjukkan sifat iri hati.

Namun jika kamu belum sukses bukan berarti derajat kamu berada jauh di bawah mereka, hanya saja kamu masih mengalami yang namanya proses, sedangkan teman kamu sudah memetik hasilnya.

5. Kerja keras yang telah kamu lakukan selama ini seperti tidak menghasilkan apa-apa

5 Alasan Mengapa Kamu Suka Iri pada Teman yang Jauh Lebih SuksesPexels.com/Pixabay

Melihat dengan jelas pencapaian orang lain seakan membuktikan bahwa kerja keras kamu tidak menghasilkan apa-apa. Meski sudah kerja siang dan malam dengan mengorbankan jam tidur, melihat orang lain bisa sukses bisa menimbulkan iri hati.

Hal ini wajar terjadi karena kamu sendiri sudah melakukan berbagai macam cara untuk bisa mencapai apa itu kesuksesan, namun hasilnya nihil. Semua orang akan merasa iri jika berada di posisi semacam itu, yang perlu dilakukan hanyalah berjuang dan bekerja lebih cerdas.

Itu dia deretan alasan mengapa kamu suka iri pada teman yang jauh lebih sukses. Meski timbul rasa iri, cobalah untuk lebih meningkatkan kemampuan kamu agar bisa mencapai apa yang telah orang lain dapatkan.

Baca Juga: 5 Tanda Nasihatmu Bersumber dari Rasa Iri Hati, Kok Bisa Ya?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya