Comscore Tracker

5 Ciri Kamu Gak Terlalu Peduli dengan Teman Dekatmu

Katanya dekat, tapi kok cuek?

Sesama teman dekat memang seharunya peduli satu sama lain, saling membantu ketika ada kesulitan, dan selalu ada ketika membutuhkan. Namun gak selamanya kepedulian tersebut benar-benar penuh, bahkan terkadang itu hanya sebatas basa-basi semata.

Tanpa disadari, sedikitnya ada lima ciri kamu hanya setengah peduli pada teman dekatmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Sering menanyakan tentang masalahnya, namun enggan untuk membantu

5 Ciri Kamu Gak Terlalu Peduli dengan Teman DekatmuPexels.com/Anna Shvets

Ketika melihat teman yang sedang dihampiri banyak masalah, rasa kepedulian kita timbul secara tiba-tiba dan menanyakan masalah seperti apa yang sedang dihadapi. Namun sayangnya kita hanya berhenti sampai di situ saja.

Gak ada kelanjutan setelah teman kamu memberitahu semua masalahnya, bahkan kamu gak membantunya sedikit pun. Ini adalah ciri dari setengah peduli, kamu hanya kepo tentang masalahnya dan gak berniat untuk membantunya.

2. Sering memberikan bantuan, namun hanya sebatas semangat motivasi

5 Ciri Kamu Gak Terlalu Peduli dengan Teman DekatmuPexels.com/Huy ProShoot

Memberikan motivasi pada teman yang sedang kesulitan memang terdengar sangat bijak, motivasi tersebut bisa memberikan semangat lebih dalam menyelesaikan suatu masalah. Namun hal itu gak selamanya membantu dan menyelesaikan masalah lebih cepat.

Jika memang kamu bisa membantu lebih, mengapa gak? Peduli pada teman jangan setengah-setengah, siapa tahu dia benar-benar membutuhkan bantuanmu yang lebih dari sekedar ucapan motivasi.

3. Sering berkata "kasihan", namun gak ada aksi sama sekali

5 Ciri Kamu Gak Terlalu Peduli dengan Teman DekatmuPexels.com/Elijah O'Donnell

Kata "kasihan" mengingatkan kita pada rasa peduli yang tinggi pada orang lain. Namun hanya kasihan pada teman dekat sendiri gak menunjukan rasa peduli secara sepenuhnya, itu hanya terkesan setengah-setengah dan gak ada dampak sama sekali dalam penyelesaian suatu masalah.

Harusnya kamu memberikan aksi lebih dalam membantu sesama, apalagi itu adalah teman dekat kamu selama ini. Jangan sampai kepedulian kamu hanya sebatas kata-kata saja, tapi dibarengi dengan aksi yang membantu.

Baca Juga: Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero Syndrome

4. Menjadi pendengar yang baik, namun aslinya pura-pura mendengarkan

5 Ciri Kamu Gak Terlalu Peduli dengan Teman DekatmuPexels.com/Tirachard Kumtanom

Ada masanya di mana teman kamu benar-benar butuh pendengar yang baik, dia ingin mencurahkan semua isi hatinya yang kacau akibat dari permasalahan yang sedang dia hadapi.

Kamu sebagai teman harus peduli dengan cara menjadi pendengar yang baik untuk menenangkan hatinya. Tapi jangan sampai kamu hanya pura-pura mendengarkan, berlagak mengerti apa yang dia ucapkan padahal gak menyimak sama sekali.

5. Membagi jawaban hanya akan membuatnya malas berpikir

5 Ciri Kamu Gak Terlalu Peduli dengan Teman DekatmuPexels.com/Pragyan Bezbaruah

Ketika teman kamu sedang kesusahan dalam mengerjakan suatu soal di sekolah, kita sebagi teman dekat memang seharusnya membantu menyelesaikannya. Namun kepedulian tersebut gak dilakukan dengan cara yang benar, membagi jawaban secara cuma-cuma hanya akan membuat dia menjadi malas berpikir.

Kita memang mencerminkan sikap peduli pada teman sendiri, namun kepedulian tersebut hanyalah setengahnya. Kamu harus bisa memberikan penjelasan secara jelas dan terperinci, tentu agar teman kamu tahu bagaimana cara mengerjakannya.

Itu dia deretan sikap yang menunjukkan bahwa kamu hanya setengah peduli pada teman dekatmu. Cobalah untuk lebih peduli pada teman kamu secara bertahap, jangan biarkan mereka kesulitan hanya karena kita kurang mengambil peran.

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya