Comscore Tracker

Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak Sopan

Yuk lebih hati-hati lagi!

Setiap orang pastinya ingin terlihat percaya diri di mata orang lain, bahkan sering kali bertindak terlalu berlebihan hanya untuk menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Menunjukkan rasa percaya diri memang tidak ada salahnya.

Namun bukannya percaya diri, lima hal ini malah menjadikan kamu pribadi yang kurang sopan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Menyapa orang tidak dikenal secara berlebihan

Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak SopanPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, gak semua orang bisa menyapa orang baru dikenal begitu saja, butuh kepercayaan diri yang tinggi untuk sekadar saling menyapa satu sama lain.

Namun bukan percaya diri lagi namanya jika kamu menyapa orang tidak dikenal secara berlebihan, bahkan tindakan tersebut bisa dikatakan kurang sopan. Ada batasan yang perlu kamu jaga ketika menyapa orang asing, tentu dengan mengikuti tata krama yang ada.

2. Lewat di depan orang yang lebih tua tanpa permisi sama sekali

Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak SopanPexels.com/August de Richelieu

Menilai kepercayaan diri sebenarnya tidak hanya dilihat dari seberapa bisa kamu melakukannya, tapi seberapa baik kamu mengekspresikannya.

Bisa lewat dengan mudah tanpa grogi di depan banyak orang yang lebih tua mungkin terlihat percaya diri, namun tanpa adanya permisi sama sekali akan menjadikan kamu pribadi yang kurang sopan.

Baca Juga: Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang Lain

3. Berani bicara di depan banyak orang dengan tujuan menjatuhkan orang lain

Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak SopanPexels.com/Rica Tejada

Secara garis besar, orang yang percaya diri pada dasarnya mampu berbicara di depan umum atau orang banyak tanpa ada keraguan sama sekali.

Namun bukan percaya diri lagi namanya jika apa yang kamu bicarakan hanya untuk menjatuhkan orang lain. Biasanya hal ini didasari pada emosi atau dendam yang membuat kamu seolah-olah berani melakukannya.

4. Menggunakan pakaian yang tidak seharusnya dikenakan di acara khusus

Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak SopanPexels.com/Wherbson Rodrigues

Orang yang percaya diri memang tidak pernah ragu ketika menggunakan pakaian jenis apapun, apa yang dipakainya tidak akan menimbulkan rasa cemas atau malu hanya karena masalah pakaian.

Namun masih banyak orang yang menyalahartikan kepercayaan diri dalam berpakaian, bukan percaya diri namanya jika kamu menggunakan pakaian yang tidak seharusnya dikenakan di acara khusus. Kita harus memperhatikan norma kesopanan untuk menghormati orang di sekitar.

5. Selalu mengekspresikan tindakan terlalu berlebihan sehingga membuat risi orang lain

Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak SopanPexels.com/Tim Grundtner

Percaya diri sudah sepantasnya tidak pernah merugikan orang lain, meskipun hanya sebatas membuat risi atau mengurangi kenyamanan. Setiap tindakan yang kita lakukan harus dipikirkan secara matang dan tahu dampak pada orang sekitar.

Bukan percaya diri lagi namanya jika kamu selalu mengekspresikan setiap tindakan secara berlebihan yang pada akhirnya merugikan orang lain. Bukan hanya terlihat buruk, tapi juga menjadikan kami pribadi yang kurang sopan.

Itu dia deretan tindakan yang menyalahartikan makna percaya diri sehingga menjadikan kamu pribadi kurang sopan. Bertindak sebagai orang yang percaya diri memang tidak ada salahnya, namun kita juga harus memperhatikan dampaknya pada orang di sekitar.

Baca Juga: Gak Sopan! 5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibahas saat Ketemu Orang Baru

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya