Comscore Tracker

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasih

Bersyukur merupakan peranan penting

Sebagai orangtua, dalam hal membimbing anak-anak tentu harus memiliki trik-trik khusus biar anak-anak tahu bagaimana caranya bersyukur,meminta maaf, dan berterima kasih.

Sederhana sih, tapi hal yang sederhana ini memang sangat perlu diterapkan kepada anak-anak dari seusia dini. Nah, tujuh cara ini bisa nih kamu terapkan kepada anak-anakmu, apalagi untuk kamu yang baru mau memulai menjadi seorang ibu.

1. Kamu bisa meminta anak-anakmu untuk menyebutkan satu hal yang mereka syukuri setiap malam.

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/ambermb

Dengan hal ini, kamu akan membantu anak-anak kamu untuk bersyukur meskipun dalam hal sekecil apapun. Hal ini bisa kamu lakukan ketika kumpul keluarga saat malam atau sebelum tidur.

2. Beritahu anak-anak untuk mengatakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/StockSnap

Sopan santun adalah salah satu yang memang harus kamu terapkan kepada anak-anakmu, karena dengan dua kata tersebut akan sangat membantu anak-anak untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain atau kepada orang yang lebih tua dari mereka.

3. Ucapan terima kasih dari orangtua untuk anak-anak

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/21150

Untuk memulai menerapkan cara bersyukur dan mengucapkan kata ‘terima kasih’ dimulai dari kamu sebagai orangtua. Anak-anak kamu pasti akan dengan cepat menanggapi sikap yang kamu perlihatkan.

Baca Juga: 7 Alasan Millennials Harus Berterima Kasih kepada Baby Boomer

4. Carilah hal positif meski dalam situasi yang paling sulit sekalipun

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/sasint

Sangat mudah untuk berpikiran negatif, terutama ketika situasi tidak berjalan sesuai keinginan kamu. Membantu anak-anak untuk fokus kepada hal-hal positif akan sangat membantu mereka merasa bersyukur dalam hidup, bahkan pada saat-saat terburuk sekalipun.

5. Meminta mereka untuk mengirim catatan terima kasih

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/masterstudio

Ajari anak-anak kamu pentingnya rasa terima kasih dengan meminta mereka menulis sebuah catatan atau menggambar untuk orang istimewa. Ini bisa kepada kamu sebagai orangtua, guru, keluarga yang lain atau tetangga.

6. Ubah kebiasaan menerima hadiah menjadi memberikan hadiah

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/Gilmanshin

Cara beryukur sederhana lainnya yang bisa kamu terapkan kepada anak-anak mu adalah dengan memberikan hadiah kepada orang-orang yang membutuhkan. Jadi, anak-anak kamu juga tahu kalau membahagiakan orang lain juga adalah salah satu cara bersyukur.

7. Jadilah orangtua yang memiliki rasa syukur yang besar

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasihpixabay.com/Victoria_Borodinova

Kamu pasti tahu, anak-anak belajar bersikap bukan hanya dari apa yang kita ajarkan tapi anak-anak bisa belajar dari mengamati lingkungan sekitarnya. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa terima kasih selain kamu menunjukkan betapa beryukurnya kamu di dalam hidup.

Nah, salah satu yang harus kamu syukuri juga sebagai orangtua adalah karena bisa diberikan keturunan yang bisa mengajarkan kamu bagaimana cara bersyukur atas karunia Allah.

Mane Photo Verified Writer Mane

Masih hidup di dunia ekspetasi..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya