Comscore Tracker

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna 

Banyak dampak positif yang bisa didapat, lho

Tak jarang, kamu mendengar beberapa orang yang mengeluh tentang hidupnya. Misal kenapa dia gak juga sukses dan jadi kaya seperti teman-temannya. Atau seseorang yang frustasi karena tak juga bisa mendapatkan pasangan hidup alias jomblo akut.

Sebenarnya, bahagia tidaknya hidup itu tergantung dari dirimu sendiri. Apakah kamu sudah menjalaninya dengan sungguh-sungguh, berusaha semaksimal mungkin atau justru masih saja sibuk menengok kanan-kiri, membandingkan hidupmu sendiri dengan orang lain?

Mudah saja kok, kalau kamu ingin melalui hari-hari dengan perasaan yang tenang dan tidak banyak pikiran yang sebenarnya gak perlu dengan menerapkan 7 kebiasaan baik berikut ini, misalnya.

Percaya deh, setelah mempraktikkannya sebulan saja, kehidupanmu pasti bakal terasa berbeda. Hati lebih tenang dan pikiran jadi tak terlalu banyak beban sehingga dampaknya, kamu bisa mengerjakan kewajibanmu dengan ringan dan gak lagi harus merasa tertekan dengan kekawatiran-kekawatiran yang gak perlu.

Berani coba?

1. Tidak terlibat terlalu dalam dengan urusan orang lain

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna Unsplash.com/ Trung Thanh

Melihat ada teman yang tengah punya masalah, wajar jika timbul rasa simpati di hatimu. Gak salah kok jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk membantunya.

Tapi ingat, lebih baik jangan terlalu ikut campur, ya. Toh, temanmu itu juga sudah cukup dewasa dan bisa mengatasi persoalannya sendiri. Cukup dengan mendengarkan keluh-kesahnya serta memberikan sedikit masukan. Tak perlu sampai terlibat terlalu dalam, yang pada akhirnya membuatmu repot sendiri.

2. Jujur pada diri sendiri

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna Unsplash.com/Oleg Sergeichik

Menjadi seseorang yang selalu jujur memang gampang-gampang susah. Apalagi jujur pada orang lain, terkadang membuatmu mesti berpikir berulang kali untuk menyampaikan kebenaran. Sebabnya, terkadang memang kejujuran itu tak selalu enak didengar.

Tapi, setidaknya kamu mesti mulai jujur dari diri sendiri dulu, deh. Tentu kamu gak takut pada dirimu sendiri, kan?

Jujurlah pada apa yang sebenarnya kamu inginkan, cita-citakan, serta apa kesalahan yang pernah kamu lakukan dan apa kekurangan yang kamu miliki. Dengan jujur pada diri sendiri, pasti perasaanmu menjadi lebih tenang dan membuatmu makin percaya diri.

3. Mengikhlaskan masa lalu dan tidak melulu mengungkitnya

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna Unsplash.com/Alexandre Croussette

Namanya juga masa lalu, tentu adalah suatu kejadian yang sudah berlalu. Sepahit apapun itu, lebih baik berusaha melupakannya daripada terus-terusan mengingat apalagi sampai diungkit-ungkit segala.

Mungkin kamu belum sepenuhnya mengiklaskan peristiwa yang sempat menggoreskan luka tersebut, tapi jika itu terus-menerus diingat bahkan sampai di masa sekarang, apa iya kamu mau terus hidup bersama bayang-bayang?

Memang kita gak bisa mengubah masa lalu. Tapi kita bisa membuat masa depan jadi jauh lebih baik lagi, kok. Percaya deh, dengan mengikhlaskan perasaanmu pasti bakal jauh lebih tenang dan nyaman.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimu

4. Berani mengakui kesalahan dan belajar darinya

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna Unsplash.com/Aurélien Dockwiller

Manusiawi kok jika kamu pernah melakukan kesalahan. Tentu semua orang di dunia ini juga pernah berbuat salah. Cobalah untuk terbiasa mengucapkan kata maaf saat tahu kamu berbuat salah entah itu persoalan yang sepele maupun berat.

Dengan terbiasa meminta maaf atas kesalahanmu, itu menandakan kamu menyesal dan bakal belajar dari kesalahan tersebut, sehingga nanti gak akan terulang lagi.

5. Tidak mudah terjerumus pada arus pergaulan yang salah

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna Unsplash.com/Kats Weil

Sebagai seseorang yang dewasa, tentu kamu mempunyai prinsip, mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Seorang yang telah memiliki prinsip hidup tentu gak bakal mudah terbawa arus, apalagi sampai terjerumus ke pergaulan yang kurang sehat. Semisal, di kantor baru ada kebiasaan minum minuman keras sampai mabuk dan party bareng.

Walaupun kamu ikut terlibat dalam acara tersebut sebagai bagian dari karyawan perusahaan, tapi gak lantas ikutan minum sampai mabuk juga. Kamu tahu betul batasan mana yang perlu dijaga dan gak boleh sampai dilanggar.

6. Disiplin pada diri sendiri, punya target, dan upaya untuk mewujudkan mimpi

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna unsplash.com/ JESHOOTS.COM

Salah satu sikap yang bisa membantumu terus berkembang adalah disiplin. Terapkan sikap itu pada diri sendiri dulu. Mulai dari terbiasa bangun pagi, sarapan, membersihkan kamar tidur, membuat rencana harian, target mingguan sampai pada rancangan apa saja yang perlu dikerjakan supaya mimpi-mimpimu yang kerap dianggap orang mustahil, bisa segara diwujudkan.

Contohnya, akhir tahun depan kamu ingin banget bisa pergi umrah. Menurut teman-temanmu itu gak mungkin, apalagi mengingat gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja terbilang pas-pasan. Tapi, gak ada yang gak mungkin selama kamu percaya dan berusaha kan?

7. Rajin beribadah

7 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna Unsplash.com/ Ben White

The last but not least, tentu yang paling utama dan gak boleh sampai lupa adalah ibadah. Apapun agama yang dianut, jangan sampai lupa untuk menjalankan ibadah sesuai dengan yang sudah ditetapkan, ya. Mendekatkan diri pada Tuhan, pasti akan membuat hatimu senantiasa tentram, tenang, dan damai. Sekalipun ada masalah yang datang, kamu bisa melaluinya dengan baik, serta mengambil keputusan yang bijak.

Gimana nih, siap buat membiasakan 7 sikap positif barusan? Semangat mencoba, ya!

Baca Juga: Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya