Comscore Tracker

5 Sikap Berikut Justru Bisa Merendahkan Dirimu Sendiri, lho!

Selalu bilang gak mampu padahal belum dicoba

Direndahkan atau dianggap remeh sama orang lain, pastinya bikin kamu sakit hati. Bahkan ini bisa membawa dampak berkepanjangan, seperti membuat kamu jadi minder. Karena merasa dinilai kurang baik oleh orang di sekitarmu. Lalu bagaimana jadinya, jika yang meremehkanmu itu justru kamu sendiri?

Mungkin terdengar aneh, ya tapi kenyataannya masih ada saja orang yang tanpa sengaja meremehkan dirinya sendiri, lho. Dengan cara menunjukkan kelima sikap di bawah ini, nih. Ayo, apakah kamu termasuk salah seorang yang dimaksud? Cek dulu, yuk lima sikap itu apa saja!

1. Membiarkan orang lain mengambil keputusan untuk dirimu

5 Sikap Berikut Justru Bisa Merendahkan Dirimu Sendiri, lho!ilustrasi memilihkan baju (pexels.com/Sam Lion)

Bahkan untuk urusan remeh seperti mau pesan es krim rasa apa, kamu selalu menyerahkan keputusan itu ke temanmu. Pokoknya rasa apa saja yang dipilihkan kamu terima, deh. Padahal kamu sendiri punya kesempatan untuk memilih, lho. Siapa tahu, setelah melihat varian rasanya, kamu jadi ingin mencoba rasa yang unik. Di mana itu bukan yang dipesankan oleh kawanmu ini.

Belum lagi untuk perkara yang lebih serius. Kamu selalu ngikut saja apa kata orang-orang di sekelilingmu. Tanpa mau mencoba memberi masukan. Secara tidak langsung, kamu sedang meremehkan kemampuanmu sendiri. Sebab kamu pasti berpikir, mereka lebih bijak dalam mengambil keputusan. Sebagai orang yang biasa-biasa saja, kamu tinggal mengikuti kesepakatan mereka.

2. Susah untuk bilang 'tidak' pada permintaan orang yang memberatkanmu

5 Sikap Berikut Justru Bisa Merendahkan Dirimu Sendiri, lho!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Armin Rimoldi)

Menolong teman yang lagi kesusahan itu memang baik. Tandanya kamu termasuk orang yang setia kawan. Hanya saja, gak semua permintaan teman itu harus kamu loloskan, kok. Dirimu berhak menolak, jika memang bantuan yang dia minta itu justru akan memberatkanmu. Contohnya, ketika ada kawan yang mau pinjam uang. Sementara kamu sendiri lagi pas-pasan. 

Masa iya, kamu tetap gak berani bilang 'tidak', sih? Lalu kalau tetap dituruti, kamu bakal memberinya pinjaman dari mana? Jangan bilang kamu bakal merelakan uang tabunganmu untuknya? Atau justru mencarikan pinjaman ke orang lain atas namamu, ya? Ini bukan perkara tega gak tega, lho. Tapi dengan begini, kamu sedang merendahkan dirimu sendiri. Karena mengizinkan orang lain meminta seenaknya, sementara itu menyebabkan kamu kesusahan.

3. Memberikan hak-mu secara sukarela kepada orang lain, padahal kamu sendiri membutuhkannya

5 Sikap Berikut Justru Bisa Merendahkan Dirimu Sendiri, lho!ilustrasi membagi makanan (pexels.com/Sam Lion)

Tak jauh berbeda dengan sulit menolak permintaan teman. Kamu juga sering kali memberikan apa yang menjadi hakmu dengan sukarela. Kalau itu karena kamu merasa tidak memerlukannya, sih gak masalah, ya. Anggap saja sedang beramal. Tapi jika ternyata kamu juga perlu, itu bodoh namanya. 

Gak usah jadi pahlawan kesiangan, deh kalau untuk menjaga dirimu sendiri saja kamu belum bisa. Misalnya, kamu lihat temanmu sedang kelaparan karena gak ada uang untuk beli makan. Sementara kamu ada bekal makanan. Alhasil, bekal itu kamu berikan semua padanya.

Bagus, sih tapi lihat siapa yang pada akhirnya jadi gantian kelaparan? Kan, setidaknya kamu bisa membagi makanan tersebut dengannya, bukannya malah memberikan semuanya.

Baca Juga: 5 Risiko Memiliki Harga Diri Rendah, Rentan Stres

4. Selalu menganggap diri tidak mampu melakukan hal baru, padahal belum dicoba

5 Sikap Berikut Justru Bisa Merendahkan Dirimu Sendiri, lho!ilustrasi ditawari teman (pexels.com/Amina Filkins)

Banyak kesempatan emas yang datang menghampirimu. Seperti tawaran kerja di sebuah perusahaan di luar negeri. Siapa yang kuasa menolak peluang ini coba? Tapi bukannya menerima dengan senang hati, eh kamu justru menolaknya begitu saja. Bahkan dengan alasan yang kekanak-kanakan, yakni tidak percaya diri. 

Kamu menganggap kesempatan ini gak cocok untukmu, karena terlalu mewah. Selain itu, belum tentu nantinya kamu bisa menyesuaikan diri di sana. Apalagi kemampuanmu berbahasa Inggris masih pas-pasan. Alhasil, lagi-lagi kesempatan besar itu harus dilewatkan begitu saja. Gimana gak merendahkan diri sendiri kalau begini ceritanya?

5. Tidak menegur orang yang menghina dirimu karena menganggapnya sebagai lelucon semata

5 Sikap Berikut Justru Bisa Merendahkan Dirimu Sendiri, lho!ilustrasi menegur teman (pexels.com/Budgeron Bach)

Bercanda sama teman memang hal yang wajar, tapi gak semua topik bisa dijadikan bahan bercandaan, lho. Contoh, ketika sudah menyangkut fisik atau masalah pribadimu. Ketika ada teman yang mengejek bentuk tubuhmu, jangan ikut-ikutan tertawa, tapi segera tegur dia.

Bukan perkara gampang baper, namun jika kamu gak membela diri, nantinya akan banyak orang yang meremehkan dan menjadikan kekuranganmu sebagai bahan lelucon, lho. Lama-lama pasti sakit hati juga mendengarnya.

Ternyata yang berpotensi merendahkan dirimu itu gak cuma orang lain, tapi bisa juga datang dari sikapmu sendiri. Makanya, sebisa mungkin jangan sampai terulang kembali, ya! Karena kalau kamu saja gak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana bisa orang lain akan memperlakukanmu dengan baik?

Baca Juga: 5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya