Comscore Tracker

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!

Dikasih saran, malah marah-marah

Curhat merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh sesama teman. Tujuannya adalah untuk berkeluh kesah dan mendapat dukungan moral. Tentu saja, selama ini kamu pernah menjadi tempat curhat bagi teman-temanmu, dong. Di antara mereka pasti ada saja yang bikin kesal. Seperti enam tipe teman tukang curhat di bawah ini, nih. 

Bukannya bikin kamu bersimpati dengan ceritanya, eh ujung-ujungnya malah memancing emosi. Yuk, cek apa saja tipe yang dimaksud. Jangan-jangan temanmu salah satunya lagi. 

1. Si dia yang suka curhat tak kenal waktu dan tempat

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!Ilustrasi mengobrol sambil kerja (pexels.com/Gary Barnes)

Idealnya, sih siapa yang butuh maka dia yang menyesuaikan, dong. Tapi hal tersebut sepertinya gak masuk ke dalam kamus temanmu yang satu ini, deh. Tiap kali perlu curhat penginnya kamu selalu siap sedia mendengarkannya.

Gak peduli itu jam dua pagi atau saat kalian sedang di dalam ruangan kuliah. Pokoknya gak bisa nanti-nanti, deh harus segera tidak boleh ditunda. Aduh, itu mau curhat apa buang air besar, ya kok gak bisa besok saja? 

2. Si dia yang gemar mengumbar urusan asmaranya

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!Ilustrasi mengobrol (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Sebenarnya curhat soal asmara, sih sah-sah saja. Tetapi bukan berarti semua urusan percintaannya harus dibeberkan dari A sampai Z, dong. Belum tentu kamu mau menyimaknya juga, kan? Apalagi kalau yang dibahas sudah menyangkut aib pasangannya sendiri. Kamu yang orang luar saja gak nyaman mendengarnya, kok.

Tapi begitu dikasih tahu, eh dia malah memaksamu untuk dengar dulu cerita lengkapnya. Berat, lho, membawa aib seseorang. Salah-salah bisa keceplosan dan jadi konsumsi banyak orang. Kamu juga yang akhirnya merasa bersalah, kan? 

3. Si dia yang datang dengan masalah itu-itu saja

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!Ilustrasi orang curhat (pexels.com/Liza Summer)

Bosan gak, sih, mendengar masalah teman yang seputar itu-itu saja? Misalnya, dia cerita soal keuangannya yang gak kunjung ada perkembangan. Padahal kebutuhan sehari-hari makin meroket. Awalnya dulu, sih kamu masih mau dengar dan kasih sedikit saran. Tapi lama-lama, kok dia jadi suka mengulang cerita yang sama. 

Masa iya, setelah sekian tahun berlalu masalah itu gak ketemu jalan keluarnya juga? Ini temanmu yang ketiban sial atau memang doi gak mau usaha? Yang jelas kamu ikutan sial karena harus mendengarnya membahas persoalan yang itu-itu saja. 

Baca Juga: Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi Curhat

4. Si dia yang curhat lalu minta saran, tapi gak mau terima kalau dikasih masukan

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!Ilustrasi orang curhat (pexels.com/MHA)

Namanya juga lagi curhat, wajar jika sebagai pendengar kamu sekali-kali kasih saran. Toh, itu juga demi kebaikannya, kok. Justru dengan memberikan tanggapan dan masukan, berarti selama ini kamu peduli padanya. Tahu teman lagi ada masalah, ya sewajarnya dibantu. Meskipun cuma sekadar saran.

Harusnya dia bisa menerimanya dengan bijak. Kalau sesuai, ya gak ada salahnya masukan darimu dicoba. Tapi kalau tidak pas, ya cukup didengarkan saja, kan? Gak perlu marah-marah segala. Sudah merepotkan, bikin kesal lagi! 

5. Si dia yang ujung-ujungnya menyalahkanmu kalau masalahnya gak kelar-kelar

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!Ilustrasi marah ke teman (pexels.com/Liza Summer)

Ada juga tipe tukang curhat yang unik bin ajaib. Yakni si dia yang kalau dikasih saran selalu nurut. Tetapi begitu saranmu gak berhasil menyelesaikan persoalannya, dia langsung melimpahkan kesalahan itu ke kamu. Sebab menurutnya, gara-gara saran darimu, masalahnya jadi makin runyam.

Wah serba salah, nih. Niat hati mau membantu, eh malah dikambing hitamkan. Padahal, bisa jadi itu karena dia sendiri yang kurang bijak dalam mengambil keputusan. Lalu setelah ini, masih mau memaksa minta jalan keluar ke kamu lagi, dong. Sabar saja, deh! 

6. Si kacang yang lupa sama kulitnya. Giliran masalahnya rampung kamu ditinggalkan begitu saja

6 Tipe Tukang Curhat yang Suka Bikin Kamu Jengkel Sendiri, Kudu Sabar!Ilustrasi orang tertawa (pexels.com/Elina Sazonova)

Ada pula tipe tukang curhat yang baik banget saat lagi butuh bantuan, eh begitu masalah kelar dia hengkang begitu saja. Gak ada, tuh ucapan terima kasih dari mulutnya. Ya, bukannya mau pamrih.

Tapi setidaknya ada niat buat berterima kasih, dong. Kan sudah dibantu menyelesaikan masalahnya. Masa mau seperti kacang yang lupa sama kulitnya? Apa gak malu, tuh kalau suatu waktu ada masalah, eh datang lagi dong ke kamu. Mohon-mohon supaya didengar curhatannya. 

 

Ada-ada saja, ya, tipe tukang curhat yang selalu berhasil bikin hati jengkel? Kalau menurut pengalamanmu, nih kira-kira pernah gak menemui satu saja di antara enam tipe di atas?

Kalau pun pernah, gimana caramu menyikapinya supaya si dia kapok dan gak bikin ulah lagi? Tulis pengalamanmu di kolom komentar, yuk! Siapa tahu bisa menginspirasi orang lain. 

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Sering Curhat ke Teman Soal Masalah Hidup

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya