Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat Kritikan

Jangan buru-buru sensitif ya!

Kritik merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi setiap individu atau kelompok. Siapa saja bisa mendapatkan kritik dari orang lain, mulai dari perihal kecil sampai tanggapan soal hal-hal yang besar.

Namun demikian jangan langsung alergi dengan kritikan yang kamu dapatkan dari orang lain. Responlah dengan positif segala kritikan dan jadikan semua itu sebagai masukan yang berarti bagimu. Berikut ini 5 keuntungan yang kamu peroleh jika mendapatkan kritik dari orang lain.

1. Kamu jadi bisa mengevaluasi diri

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat KritikanUnsplash.com/Matese Fields

Setiap manusia tidak ada yang sempurna, tentu ada khilaf dan salah yang terjadi di sela-sela langkahnya mengarungi kehidupan. Begitu juga dengan dirimu, kritik yang datang padamu baik dari keluarga atau dari atasan di kantor dapat menjadi bahan evaluasi diri bagimu.

Raihlah keuntungan dari setiap kritik yang datang padamu. Dengan mendapatkan kritik atau tanggapan dari orang lain, baik bernada positif maupun negatif, jangan sampai hal itu membuat dirimu ciut untuk melangkah. Cerna kritik tersebut dengan bijak untuk meningkatkan kualitas hidupmu lebih baik.

2. Kamu jadi paham apa kesalahanmu

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat KritikanUnsplash.com/ frank mckenna

Biasanya seseorang baru menyadari kesalahan yang ia perbuat ketika menerima kritik dari orang lain. Kritik yang hadir seolah menjadi pengingat bagi seseorang untuk menyadari bahwa ada yang salah pada dirinya dan perlu untuk diperbaiki.

Sebagai contoh, orangtuamu tentu akan mengkritikmu ketika kamu pergi ke luar rumah tanpa berpamitan. Perilaku ini tentu tidak benar dan merupakan bentuk ketidaksopanan pada orangtuamu. Alhasil, tidak salah jika hal ini memicu orangtuamu marah dengan cara mengkritikmu dengan harapan kamu tidak lagi mengulang perbuatan yang sama di lain waktu.

Jangan salah artikan kritik sebagai respon tidak suka orang lain terhadap dirimu, melainkan hal itu sebagai alarm pengingat bahwa ada yang perlu kamu perbaiki baik itu sikap atau tutur kata.

Baca Juga: 6 Hal Ini Perlu Diterapkan Saat Mendapat Kritik, Jangan Alergi!

3. Bikin kamu lebih maju lagi dalam melangkah

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat KritikanUnsplash.com / Anna Vander Stel

Bayangkan jika tanpa kritik, bisa saja hidup seseorang berjalan begitu saja tanpa ada perubahan yang berarti. Makanya tidak heran jika budaya kritik kerap menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan, misalnya dalam dunia kerja ataupun dalam lingkaran keluarga.

Saat kamu merespon dengan baik kritik yang datang padamu, maka hal itu menunjukkan bahwa kamu berniat untuk berubah lebih baik lagi ke depan. Ini penting sebagai cambuk atau trigger yang membuat seseorang lebih baik lagi.

Ketahuilah, orang-orang yang hidup dalam tekanan, biasanya lebih mudah untuk survive dibandingkan mereka yang hidup adem ayem tanpa ada kritik yang datang. Maka bersyukurlah dan raih manfaat penting dari kritik yang datang padamu.

4. Kamu jadi termotivasi untuk mencari solusi dari masalah yang menderamu

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat KritikanPixabay.com /jamesoladujoye

Kritik biasanya datang dari orang-orang di sekitar yang peduli terhadap kehidupanmu. Bisa jadi mereka datang mengkritikmu saat melihat kondisimu sedang dirundung masalah, namun kamu tidak mengambil tindakan apa-apa dalam menghadapi masalahmu.

Untuk itu, kritik datang sebagai pecut dari orang sekitar untuk memotivasimu agar bisa berpikir lebih maju sehingga masalah yang kamu hadapi satu demi satu terurai.

5. Membuat pikiranmu lebih terbuka

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Saat Mendapat KritikanUnsplash.com / Kenan Buhic

Keuntungan lain yang bisa kamu peroleh dengan mendapatkan kritik dari orang lain yakni pikiranmu menjadi lebih terbuka. Ini terjadi karena kamu berupaya untuk menerima kritik sebagai masukan yang berharga dari orang lain dan mencoba untuk menelaah kritik itu dengan baik.

Orang-orang yang siap mendapat kritik biasanya tidak terlalu tertutup dengan orang lain dan tidak sensitif meskipun kritik itu sedikit tajam dan sedikit memojokkannya. Namun ketahuilah saat kamu menghadapi kritik dengan kepala dingin dan pikiran terbuka, maka hal itu dapat membuat pikiranmu lebih mudah mencerna kritik. Jadi, jangan takut mendapatkan kritik ya.

Demikianlah 5 keuntungan jika kamu memperoleh kritik dari orang lain. Berterima kasihlah dengan mereka yang mau meluangkan waktu dan tenaga memberi kritik padamu. Sekalipun kritik itu tajam bagai silet, jangan ciutkan langkahmu untuk maju dan memperbaiki diri. Sebab dengan mendapatkan kritik, seorang lebih tahan banting dan gak mudah menyerah dibandingkan mereka yang anti kritik.

Baca Juga: 5 Tips Mengkritik Pacar Tanpa Membuatnya Tersinggung & Sakit Hati

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya