Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Pengalaman Pahit Bisa Bikin Seseorang Bangkit

Saatnya menata hari!

Setiap orang mungkin punya cerita kelam dalam hidupnya,  entah itu saat dia masih muda atau saat ia sudah berkeluarga. Semua kisah tersebut menjadi bagian dari kenangan pilu yang rasanya sulit untuk dilupakan.

Kendati demikian, tidak sedikit orang yang pernah memiliki pengalaman pahit namun dapat bangkit dari kesedihannya. Ia kembali mencoba menata hari agar tak lagi kelabu. 

Jika seseorang bisa mengambil hikmah dari pengalaman pahitnya, tentu ia akan berusaha untuk bangun dari duka yang menyelimutinya. Karena itu pengalaman pahit yang dimiliki seseorang dapat menjadi trigger agar ia bisa kembali bangkit.

Berikut ini 5 alasan mengapa pengalaman pahit bisa membuat seseorang bangkit.

1. Karena tak ingin mempunyai pengalaman yang sama di masa depan

5 Alasan Mengapa Pengalaman Pahit Bisa Bikin Seseorang BangkitUnsplash.com/Gabriel Barletta

Pada hakikatnya, seseorang yang pernah punya masa lalu kelam tentu tak mau hal tersebut berlangsung lama.  Karena setiap orang tidak mau jika pengalaman serupa terjadi lagi di masa depan, kecuali bagi mereka yang pasrah akan keadaan yang menimpanya dan tidak mau berupaya untuk berbenah. 

Oleh karena itu, Seseorang yang berupaya bangkit dari pengalaman masa lalunya, sesungguhnya hanya ingin masa lalu tersebut tidak lagi terjadi di masa yang akan datang.  Sebab, ia menginginkan kehidupan yang lebih baik lagi di masa depan.

2. Agar hidup tidak terjerumus dalam duka tak berkesudahan

5 Alasan Mengapa Pengalaman Pahit Bisa Bikin Seseorang BangkitPixabay.com /sreza24595

Seseorang yang terus berduka dengan pengalaman pahit yang pernah ia rasa tentu akan sulit menjalani hidup dengan normal. Makanya kerap kita dengar istilah move on di mana seseorang berupaya untuk hijrah agar tidak larut lagi dalam duka lama yang tak berkesudahan.

Dengan bersikap move on, hidup pun bisa berangsur-angsur membaik dibandingkan kondisi sebelumnya. Hal inilah yang membuat seseorang bisa bangkit dari kesedihannya lantaran tak ingin duka tersebut terus saja berlarut dalam dirinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!

3. Karena hidup hanya sekali, sehingga merugi jika hanya larut dalam pengalaman pahit

5 Alasan Mengapa Pengalaman Pahit Bisa Bikin Seseorang BangkitUnsplash.com/ Ümit Bulut

Mereka yang berusaha bangkit dari pengalaman pahit sejatinya tengah berupaya menghindari dampak yang tidak bermanfaat dari sikap larut dalam duka lara. Makanya seseorang memilih bangkit agar hidupnya bisa tertata kembali.

Tidak ada gunanya larut dalam kesedihan atau menangisi pengalaman pahit yang pernah dirasakan. Sebab waktu akan terbuang percuma dan hidup pun akan merugi.

4 .Setiap orang ingin hidupnya lebih baik lagi dari kemarin

5 Alasan Mengapa Pengalaman Pahit Bisa Bikin Seseorang BangkitUnsplash.com/ Joshua Earle

Setiap orang tentu ingin hari-hari yang ia lalui bisa lebih baik dibandingkan masa yang  kemarin.  Karenanya sebagian orang memilih bangkit dari keterpurukannya dan mencoba untuk mewarnai hari lebih bermakna lagi. Ingatlah, kegagalan atau pengalaman  pahit yang pernah seseorang alami di masa lalu menyimpan banyak hikmah  berharga untuk dijadikan pelajaran hidup di masa mendatang. 

Orang yang dahulunya larut dalam perbuatan buruk misalnya,  ketika ia tersadar dan akhirnya memutuskan bangkit dari masa lalunya, ia akan berupaya untuk mewarnai harinya dengan berbuat kebaikan. Sebab ia tahu, perbuatan kelamnya dahulu tak memberi manfaat sama sekali dalam hidupnya.

5. Menyadari bahwa setiap episode kehidupan tidak lepas dari yang namanya ujian

5 Alasan Mengapa Pengalaman Pahit Bisa Bikin Seseorang BangkitUnsplash.com/ Jon Flobrant

Saat seseorang menerima bahwa kehidupan tak pernah lepas dari yang namanya ujian dan masalah,  maka hal itu akan membuatnya mudah untuk bangun dari keterpurukannya. Sebab konsep kehidupan tak pernah lepas dari ujian. Hanya saja kadar ujian masing-masing orang tidaklah sama sehingga tidak bisa dipukul rata. Untuk itu menghadapi hidup dengan cara bangkit dari pengalaman pahit adalah tindakan tepat. 

Demikianlah, 5 alasan mengapa pengalaman pahit bisa membuat seseorang bangkit dari kesedihannya. Simpan keluhmu dan teruslah berupaya menata hari. Jadilah survivor yang terus berupaya memperbaiki setiap lini kehidupan ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lain

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya