Comscore Tracker

5 Tips Belajar Berbisnis Infused Water untuk Anak Sekolah Dasar 

Si kecil bisa belajar entrepreneurship sejak dini lho!

Pandemi COVID-19 tidak menghalangi semangat guru dan siswa untuk menjadi aktif dan kreatif dalam pembelajaran dari rumah. Pelaksanaan pembelajaran tiba-tiba berubah menjadi digital, semua guru dan siswa harus bisa menggunakan tekhnologi berbagai macam pembelajaran yang akan di gunakan. 

Sejak Maret 2020 sistem pembelajaran di Balikpapan, Kalimantan Timur sudah berubah menjadi digital. Hal ini tidak membuat guru dan siswa menjadi patah semangat, bahkan dengan pembelajaran yang menyenangkan dari rumah anak sekolah dasar dapat berbisnis infused water sebagai minuman kesehatan untuk daya tahan tubuh alami.

Sambil menyelam minum air, sambil belajar bisa berbisnis. Mungkin ini adalah salah satu pepatah yang bisa diambil dari kegiatan siswa sekolah dasar di masa pandemi.

1. Mengetahui manfaat buah-buahan bagi kesehatan

5 Tips Belajar Berbisnis Infused Water untuk Anak Sekolah Dasar Unsplash.com/@chenzo

Sebelum membuat infused water sebaiknya kita mengetahui fungsi masing-masing dari buah-buahan. Buah semangka berfungsi untuk apa, buah jeruk berfungsi untuk apa dan lain sebagainya. Informasi lengkap mengenai fungsi dan manfaat buah bagi tubuh bisa di dapatkan dari internet.

Pada siswa sekolah dasar kelas 5 sudah mempelajari tentang manfaat tumbuh-tumbuhan khususnya buah-buahan bagi kesehatan tubuh, terutama dalam membentengi kesehatan tubuh di masa pandemi.

2. Buah lokal murah sebagai bahan infused water

5 Tips Belajar Berbisnis Infused Water untuk Anak Sekolah Dasar Pexels.com/@shanek

Membuat infused water sebagai minuman kesehatan alami di masa pandemi tidak perlu dari buah-buahan impor dari luar negeri. Petani lokal penghasil buah-buahan dalam negeri juga selalu memperhatikan kualitas buah-buahan yang akan di hasilkan. Selain kualitas, buah lokal sangat bagus juga harganya lebih terjangkau bagi masyarakat sekitar. 

Dengan membuat infused water dari buah lokal, kita juga membantu para petani lokal untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka di masa pandemi. Banyak pengusaha kuliner menggunakan buah-buahan lokal sebagai bahan utama masakan mereka, selain murah buah lokal juga mudah didapatkan.

Baca Juga: Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital Budget Hemat

3. Cara membuat infused water

5 Tips Belajar Berbisnis Infused Water untuk Anak Sekolah Dasar Unsplash.com/@dylu

Cara membuat infused water sangat mudah, anak sekolah dasar pun dapat membuatnya sendiri. Bahan yang harus disiapkan adalah: botol kosong buat infused water, buah-buahan lokal segar, dan air putih. Caranya potong tipis buah-buahan, masukkan ke dalam botol, tambahkan air, tutup botol dan masukkan ke dalam kulkas selama 1-2 jam sebelum disajikan atau dijual. Sangat mudah bukan?

4. Penjual harus mengetahui manfaat infused water dari tiap-tiap buah-buahan yang dibuat

5 Tips Belajar Berbisnis Infused Water untuk Anak Sekolah Dasar Unsplash.com/@kaizennguyen

Demi kelancaran penjualan nanti, kita harus paham benar fungsi dari buah-buahan yang sudah kita olah atau campur menjadi infused water. Pembeli harus benar-benar yakin bahwa infused water ­yang kita buat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu perlu penjelasan meyakinkan dari sang penjual tentang pentingnya mengonsumsi infused water bagi kesehatan tubuh setiap hari, apalagi di masa pandemi sekarang ini.

5. Trik jitu cara menjual infused water

5 Tips Belajar Berbisnis Infused Water untuk Anak Sekolah Dasar Unsplash.com/@brunette23

Dalam memasarkan infused water mulailah menjualnya dengan tetangga sekitar rumahmu. Pastikan infused water adalah buatan sendiri yang dijamin kebersihan dan kesegaran dari buah-buahan. Tiap botol infused water dijual dengan harga yang terjangkau, sesuaikan harga penjualan dengan modal dengan mengambil untung secukupnya. Pastikan infused water tetap dalam keadaan segar ketika di jual kepada pembeli.  

Bagaimana, mudah dan simpel bukan tips belajar berbisnis infused water untuk si kecil? Semoga tips di atas dapat menjadi inspirasi untuk mengajarkan si kecil entrepreneruship!

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mengajarkan Anak Menulis Cerpen dengan Mudah

Anisa Surya Photo Writer Anisa Surya

Jangan lupa untuk selalu bersyukur setiap detik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya