Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Membuat Batasan untuk Diri Sendiri, yuk, Coba!

Cobain dan rasakan manfaatnya, guys

Kita terkadang merasa sangat mudah saat membuat batasan bagi orang lain. Namun, meski demikian kita juga perlu, lho membuat batasan untuk diri sendiri. Hal ini wajib kita lakukan semata untuk kebaikan diri kita sendiri.

Jadi, gak ada salahnya, dong mulai membuat batasan? Kira-kira gimana, ya caranya supaya kita bisa membuat batasan untuk diri sendiri? Penasaran banget, kan? Langsung aja kita intip caranya sama-sama, yuk!

1. Berhenti bekerja di luar jam kerja

5 Cara Sederhana Membuat Batasan untuk Diri Sendiri, yuk, Coba!Ilustrasi seorang pria bekerja di malam hari (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dimanapun kamu bekerja pasti punya jam kerja yang pasti bahkan aturan mengenai jam kerja juga tertuang dalam undang-undang di negara kita, lho. Semisal kamu seorang freelancer sekalipun kamu juga harus menerapkan batasan yang satu ini, nih.

Agar tetap profesional dan gak menganggu aktivitas kamu wajib berhenti bekerja di luar jam kerja yang sudah di tentukan. Selain bisa bikin kamu stres kalau kamu tetap bekerja meski di luar jam kerja bisa jadi kamu terkena burn out, lho.

2. Gak perlu mencemaskan hal-hal yang sudah berlalu

5 Cara Sederhana Membuat Batasan untuk Diri Sendiri, yuk, Coba!Ilustrasi seorang wanita sedang menangis (Pexels.com/Liza Summer)

Batasan lain yang harus kamu terapkan adalah gak perlu mencemaskan hal-hal yang sudah berlalu. Kamu ingin  kembali ke masa itu juga sudah gak bisa lagi, kan? Daripada memusingkan apa yang sudah terjadi lebih baik kamu lebih berhati-hati.

Jangan sampai apa yang menimpamu di masa lalu terjadi di masa sekarang atau yang akan datang. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang mau belajar dari kesalahan? Jadi, buat apa cemas dengan hal-hal yang sudah berlalu?

3. Selektif dalam memilih teman

5 Cara Sederhana Membuat Batasan untuk Diri Sendiri, yuk, Coba!Ilustrasi empat wanita tengah berkumpul (Pexels.com/ELEVATE)

Percaya atau gak teman yang ada di sekelilingmu adalah mereka yang sedikit banyak punya pengaruh terhadap pola pikir, cara pandang, serta kepribadianmu. Gak kebayang, dong kalau kamu nekat memasukkan siapapun  ke dalam lingkaran pertemanan kamu? Pasti bakal bahaya banget.

Untuk itulah kamu wajib membuat batasan dengan cara selektif dalam  memilih teman. Berteman memang dengan siapa saja tapi memasukkannya ke dalam lingkaran dekat pertemanan harus selektif, dong. Jangan sampai hal buruk terjadi akibat kamu salah memasukkan orang ke dalam lingkaran pertemanan kamu.

Baca Juga: 5 Batasan Bersabar dalam Menghadapi Perlakuan Buruk Orang Lain

4. Menghentikan kebiasaan begadang

5 Cara Sederhana Membuat Batasan untuk Diri Sendiri, yuk, Coba!Ilustrasi seorang wanita bermain ponsel sambil tiduran (Pexels.com/RODNAE Productions)

Hanya karena sepanjang hari kamu sudah beraktivitas berat dan padat lantas di malam hari kamu melakukan balas dendam dengan cara begadang. Kalau ingin begadang nonton film, series, nongkrong, menekuni hobi dan lain sebagainya bisa kamu alihkan saat hari libur atau pas weekend, lho. Jangan paksa mata dan tubuhmu untuk terus-terusan ‘on’ sepanjang waktu. Kamu perlu buat batasan juga kapan mematikan ponsel lantas langsung pergi tidur.

5. Membatasi konsumsi makanan yang gak sehat

5 Cara Sederhana Membuat Batasan untuk Diri Sendiri, yuk, Coba!Ilustrasi seseorang memegang burger (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Sesekali tentu saja kamu masih boleh, dong menikmati makanan yang gak sehat seperti junk food. Tapi, kalau kamu menjadikan junk food sebagai pilihan utama untuk kamu konsumsi sehari-hari ada baiknya mulai buat batasan diri dengan gak mengonsumsinya sebanyak itu. Tubuhmu juga perlu diberi asupan makanan yang sehat dan bergizi, lho. Jangan sampai asal, deh dalam memperlakukan tubuh sendiri.

Itulah tadi beberapa cara sederhana membuat batasan untuk diri sendiri. Kalau kamu rajin melakukannya dijamin, deh hidup kamu akan jauh lebih nyaman dan bahagia.

Baca Juga: 5 Batasan bagi Pasangan untuk Pamer Kemesraan di Muka Umum

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya