Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!

Wajib dicoba biar gak insecure lagi

Apakah kamu seseorang yang tengah mengalami krisis percaya diri? Apakah kamu seseorang yang juga sering merasa insecure karena beberapa hal dalam hidup gak berjalan sesuai dengan apa yang kamu kehendaki?

Jika jawabannya iya, cara sederhana berikut bisa membantumu untuk meningkatkan rasa percaya diri, lho. Kira-kira apa saja ya yang dimaksud? Simak bersama, yuk.

1. Berdandan untuk diri sendiri

5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!Ilustrasi seorang pria tengah bercermin (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara sederhana untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan cara berdandan. Berdandanlah untuk dirimu sendiri. Memang benar saat kamu berdandan hasil dari dandananmu akan dilihat orang lain. Namun, dilihat atau gak bukan jadi fokus utamamu karena kamu berdandan untuk dirimu sendiri.

Di mana kamu bebas mengekspresikan apa yang kamu sukai mulai dari make up hingga pakaian yang kamu kenakan sekalipun. Cara ini dijamin ampuh untuk mendongkrak rasa percaya dirimu.

2. Kelola media sosial dengan baik

5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!Ilustrasi seseorang tengah membuka laman instagram (Pexels.com/Cottonbro)

Bila kamu merasa ada beberapa orang yang membuatmu merasa inferior, insecure, minder bahkan sering membuatmu membanding-bandingkan dengan dirimu sendiri gak ada salahnya untuk melakukan tindakan seperti memblokir, mute, atau bahkan meng-unfollow akun mereka.

Tindakan ini bukan childish, kok, justru memfilter rasa kurang percaya diri dalam dirimu. Jika setelah melakukan ini rasa percaya dirimu belum pulih juga boleh, lho, untuk sejenak rehat dulu dari media sosial.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!

3. Sesekali cobalah untuk selfie

5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!Ilustrasi seorang wanita tengah berswafoto (Pexels.com/Anna Shvets)

Selfie? Memangnya bisa meningkatkan percaya diri? Tentu saja bisa, dong. Bila selama ini kamu sering minder saat difoto orang lain maka saat melakukan selfie kamu gak perlu malu atau minder dengan siapapun.

Hanya ada kamu dan kameramu saja, lho. Bebaskan dirimu untuk berekspresi di depan kamera. Dengan begitu secara gak langsung kamu akan meningkatkan rasa percaya diri. Gak percaya? Coba sekarang juga, deh.

4. Nyaman dengan diri sendiri

5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!Ilustrasi seorang pria tengah tersenyum (Pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Cara sederhana lainnya agar kamu makin percaya diri adalah dengan merasa nyaman dengan diri sendiri. Saat kamu sudah nyaman dengan dirimu sendiri gak akan ada lagi, deh rasa minder yang kamu rasakan.

Karena pada tahap ini, kamu sudah merasa bisa menerima segala macam kekurangan dan kelebihan kamu. Sehingga akan lebih mudah untuk tampil percaya diri di hadapan publik. Gak ada lagi, deh, yang bisa mengintimidasi kamu dari apapun.

5. Selektif memilih teman

5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!Ilustrasi teman satu kantor (Pexels.com/Jopwell)

Selektif memilih teman ternyata berpengaruh untuk meningkatkan rasa percaya diri juga, lho. Pasalnya jika kamu salah memilih teman, apalagi tipe teman yang gemar menjatuhkan kamu haduh bisa bahaya banget, deh.

Bukannya makin percaya diri yang ada malah makin insecure karena terus-terusan dikomentari ini itu. Jadi, untuk meminimalisir teman yang toksik ada baiknya untuk segera selektif terhadap sirkel pertemanan kamu.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Yuk, kurangin insecure-nya dan mulai percaya diri.

Baca Juga: 5 Tips untuk Percaya Diri Tanpa Menjadi Pribadi yang Sombong

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya