Comscore Tracker

5 Sifat Malas yang Justru Berdampak Positif Bagi Hidup Kita

Kira-kira apa saja, ya? #IDNTimesLife

Melihat judulnya saja pasti kamu sudah merasa ada kesan kontradiktif di dalamnya. Bagaimana mungkin sifat malas tapi punya dampak yang positif?

Tapi tenang dulu, karena pada kenyataannya sederet sifat malas berikut memang mendatangkan dampak yang baik untuk kita. Masa, ya sih? Tentu saja ya, dong. Makin penasaran pastinya, kan? Gak usah bertele-tele lagi lebih baik simak barengan, yuk! 

1. Malas menunda pekerjaan

5 Sifat Malas yang Justru Berdampak Positif Bagi Hidup KitaIlustrasi membersihkan kamar (Pexels.com/Monstera)

Sifat malas yang satu ini jelas punya dampak positif banget buat kamu, deh. Dijamin langsung produktif. Pekerjaan cepat selesai kamu jadi punya banyak waktu buat istirahat.

Tapi sebaliknya jika kamu sering menunda pekerjaan yang ada justru pekerjaanmu malah makin menumpuk. Gak jarang saking banyaknya kamu sampai malas mengerjakannya sama sekali. Tentu aja bikin kamu rugi banget, dong? 

2. Malas membicarakan orang lain

5 Sifat Malas yang Justru Berdampak Positif Bagi Hidup KitaIlustrasi tiga orang wanita sedang berkumpul (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sekali membicarakan orang lain biasanya akan kecanduan. Kalau kamu punya sifat malas membicarakan orang lain jelas bakal bikin kamu untung banget. Terhindar dari dosa dan juga drama.

Terkadang saat kita membicarakan orang lain justru secara gak sadar kita memproyeksikan rasa inscure diri kita, lho dengan menjadikan mereka sebagai obyeknya. Kalau kamu punya sifat malas yang satu ini harap pertahankan, ya. 

3. Malas mendramatisasi hidup

5 Sifat Malas yang Justru Berdampak Positif Bagi Hidup KitaIlustrasi seorang ibu yang kewalahan dengan tiga orang anaknya (Pexels.com/Gustavo Fring)

Rasa lelah, ingin menyerah bahkan merasa gak seberuntung orang lain pasti pernah kita alami. Hanya saja kalau kamu justru malah senang mendramatisasi keadaan dengan merasa paling tersakiti, paling menderita, hingga merasa semua orang membenci kamu sepertinya ada yang salah, nih sama kamu. 

Beruntung, deh kalo kamu bukan termasuk orang yang gemar mendramatisasi seperti itu. Karena gak ada gunanya juga, lho. Bukankah memberi afirmasi negatif juga akan berdampak hal negatif pada diri kita? 

Baca Juga: 5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menunda

4. Malas membandingkan diri sendiri dan orang lain

5 Sifat Malas yang Justru Berdampak Positif Bagi Hidup KitaIlustrasi dua orang wanita (Pexels.com/RF._.studio)

Kalau sifat malas satu ini jelas gak diragukan lagi dampak positifnya, Guys. Kamu jadi makin mencintai diri sendiri. Karena kamu tahu bahwa kamu unik, spesial dan berharga. Membandingkan dirimu dengan orang lain gak akan pernah ada habisnya. 

Malah bisa-bisa kita jadi abai untuk bersyukur. Pasalnya, kita selalu melihat bahwa orang lain selalu lebih hebat dan unggul dari kita. Banyakin bersyukur, deh kalau sampai punya sifat malas seperti ini.

5. Malas meladeni omongan orang lain

5 Sifat Malas yang Justru Berdampak Positif Bagi Hidup KitaIlustrasi seorang wanita sedang menutup telinganya (Pexels.com/Liza Summer)

Terkadang dalam hidup ada saja komentar orang tentang hidup kita. Baik itu komentar gang sesuai maupun yang gak sesuai. Tapi, kamu punya hak buat gak meladeninya, kok. 

Terlebih bila kamu sudah punya sifat malas meladeni omongan orang. Aduh, dijamin hidup jadi jauh makin tenang. Kamu malah bisa  fokus pada dirimu sendiri serta orang-orang di sekelilingmu saja. 

Sekarang udah tahu, kan kalau beberapa sifat malas nyatanya memang punya dampak yang positif. Sifat malas seperti di atas wajib kamu pertahankan tapi kalo sifat malas dalam arti kata sebenarnya harus kamu buang jauh-jauh, ya. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Menghentikan Pikiran Negatif

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya