Comscore Tracker

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Pertahankan Ketika Dewasa

Jangan sampai kehilangan teman yang seperti ini!

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti tak bisa hidup sendiri. Begitu pula dengan teman. Kehadiran teman akan menjadi salah satu penyeimbang dalam kehidupan sosial kita.

Di usia dewasa, umumnya pertemanan seseorang akan cenderung menyempit. Bukan perihal sombong karena selektif memilih teman, tapi mempertahankan mana yang benar-benar layak kita sebut teman.

Nah, saat kamu bertumbuh dewasa ada setidaknya lima tipe teman yang harus kamu pertahankan. Apa saja tipe teman yang dimaksud? Penasaran? Let’s check this out!

1. Teman yang suportif

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Pertahankan Ketika DewasaPexels.com/Helena Lopes

Tak banyak, lho jenis teman yang seperti ini. Bila kamu memiliki seorang teman yang selalu mendukungmu dalam setiap keputusan yang kamu ambil, maka pertahankanlah jenis teman yang satu ini. Selain suportif, tipe teman seperti ini tak akan ada waktu membicarakanmu dibelakang.

2. Teman yang menerimamu apa adanya

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Pertahankan Ketika DewasaPexels.com/Budgeron Bach

Setiap manusia pasti tidak luput dari ketidaksempurnaan seperti halnya kamu. Namun, sosok teman yang mampu menerimamu apa adanya wajib kamu pertahankan dalam kehidupanmu.

Tipe teman seperti ini tidak akan menuntutmu untuk menjadi orang lain. Ia akan menerimamu lengkap dengan segala kelebihan dan kekuranganmu.

Baca Juga: Buruk untuk Dijadikan Teman, Jaga Jarakmu dari 5 Tipe Orang Ini Ya!

3. Teman yang selalu ada

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Pertahankan Ketika DewasaPexels.com/Anete Lusina

Tipe teman yang harus kamu pertahankan saat kamu dewasa ada teman yang selalu ada. Saat kamu bahagia dia ada, bahkan saat kamu terpuruk sekalipun dia tidak akan pernah pergi.

Tipe teman seperti ini termasuk juga ke dalam tipe teman andalan. Kamu dapat mengandalkan dia dalam situasi apapun.

4. Teman tempat kamu berkeluh kesah

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Pertahankan Ketika DewasaUnsplash.com/Anna Vander Stel

Banyak orang menyebut tipe teman yang seperti ini sebagai ‘diary berjalan’. Teman yang satu ini merupakan tempatmu berkeluh kesah.

Umumnya mereka tak hanya mampu menyimpan rahasia saja, melainkan juga merupakan pendengar yang baik. Tak berhenti di situ saja, tak jarang mereka kerap kali memberimu beberapa masukan positif terhadap masalah yang kamu alami.

5. Teman yang selalu berpikir positif

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Pertahankan Ketika DewasaUnsplash.com/Elizeu Dias

Sebagai manusia tak jarang kita kerap kali dihinggapi perasaan negatif akan sesuatu hal. Tak pelak hal tersebut malah akan membuat kita mudah berpikir yang tidak-tidak. Oleh karenanya, sosok teman yang selalu berpikir positif perlu kita pertahankan.

Tak hanya segelintir kalimat penuh motivasi yang akan kita dapatkan, tapi aura positif juga akan berpengaruh baik di dalam hidup kita. Positive vibes-lah pokoknya!

 

Itulah tadi lima tipe teman yang perlu kita pertahankan saat kita dewasa. Kehadiran mereka tanpa kita sadari akan membuat kita berubah menjadi individu yang lebih baik. Kalau kamu sudah punya teman dengan tipe seperti di atas, belum?

Baca Juga: Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya