Comscore Tracker

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu 

Ayo, cek lagi di sekitarmu

Di antara sekian banyak temanmu, pasti ada yang tergolong teman dekat, teman yang biasa-biasa saja, sampai teman yang cuma tahu nama. Untuk kategori teman dekat, biasanya berisi orang-orang yang memiliki paling banyak kesamaan denganmu.

Saat kamu masih muda dan senang pergi main, teman-teman dekatmu biasanya juga memiliki kesenangan yang sama. Gak salah kok. Selain sudah dari sananya kita lebih mudah dekat dengan orang yang mirip kita, memang seru bepergian bersama orang yang juga suka main.

Kalian akan merasa nyambung. Dia punya banyak informasi tempat main baru yang bisa dicoba. Meski begitu, jangan abai pada teman-temanmu yang lain ya? Walaupun mereka gak asyik diajak main, bisa jadi mereka sebenarnya amat berarti dalam hidupmu karena memiliki sifat-sifat berikut ini.

1. Gak pernah banyak omong, tetapi semua yang dilakukannya bisa menginspirasimu 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/frostbud

Orang yang seperti ini bisa menjadi contoh untuk kamu ikuti. Dia memberimu ilham bukan dengan setumpuk omong kosong melainkan bukti-bukti bahwa banyak hal di dunia ini benar-benar bisa dilakukan. Dia sibuk dalam hal-hal positif. Tipe sedikit bicara, banyak bekerja.

2. Berani menegurmu kalau kamu melakukan kesalahan, tetapi tidak menyudutkanmu 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/anthonytran

Jika seseorang menegurmu, itu artinya dia ingin kamu menjadi lebih baik dan tahu kamu mampu untuk itu. Sementara bila seseorang menyudutkanmu karena kesalahan yang kamu lakukan, dia hanya ingin membuatmu merasa buruk. Sampai-sampai, kesalahan yang kamu lakukan gak sebanding dengan perasaan buruk yang menekanmu.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menegur Kesalahan Rekan Kerja Tanpa Bikin Dia Tersinggung

3. Berpengetahuan luas, tetapi gak menjadikannya alat untuk membuat orang lain tampak bodoh 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/leifjaervinen

Di dunia ini gak sedikit orang yang berpengetahuan luas. Apalagi seiring berkembangnya teknologi yang memungkinkan siapa pun mengakses informasi dengan teramat mudah. Namun seiring dengan itu, banyak juga yang lantas gak bisa menjaga sikapnya dan menjadi senang membodohkan orang lain.

Maka jika kamu punya teman yang berpengetahuan luas dan bisa menjaga sikapnya biar gak terkesan cuma dia yang tahu, itu barangkali satu di antara seribu.

4. Gak pelit ilmu dan informasi 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/fiwol

Saat kamu benar-benar membutuhkan bantuan informasi atau cara menyelesaikan suatu tugas, seberapa sering kamu malah mendapatkan jawaban yang bikin emosi? Seperti, ‘cari tahu sendiri kenapa sih?’, ‘begitu aja tanya!’, ‘gak lihat aku lagi sibuk?’, dan sebagainya.

Atau berpura-pura baik dengan memberimu jawaban tetapi ternyata jawabannya bohong alias dia sengaja menyesatkanmu. Kalau pernah bahkan sering mengalaminya, berasa banget kan, betapa berharganya orang yang mau berbagi ilmu dan informasi?

5. Dia tetap bersikap baik padamu saat kalian berkawan dalam kehidupan sehari-hari maupun saat menjadi lawan dalam sebuah kompetisi 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/quinoal

Jika seseorang bersikap seperti ini padamu, artinya dia benar-benar menghargaimu sebagai pribadi. Situasi kompetisi gak mengubah rasa hormatnya kepadamu. Bahkan saat kamu mengalahkannya, dia ikut berbahagia atas keberhasilanmu. Bukan malah julid. Kalau kamu sampai menyia-nyiakan teman seperti ini, kamu belum mengerti arti teman yang sesungguhnya.

6. Curhat padanya dijamin aman karena dia menjaga rahasia orang lain sebaik menjaga rahasianya sendiri 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/martzzl

Gak usah kamu bilang, ‘ini rahasia, jangan kasih tahu siapa pun’, dia sudah otomatis menjaganya untuk dirinya saja. Tentu kecuali isi curhatmu mengandung potensi bahaya seperti kamu ada keinginan melakukan bunuh diri. Kalau seperti ini, dia gak segan membeberkannya pada keluargamu atau pihak yang berkompeten demi menolongmu.

7. Dia gak memaksakan diri untuk selalu menjadi penolongmu; tetapi setiap kali dia menolongmu, kamu gak perlu khawatir soal balas budi 

Meski Gak Seru Diajak Main, 7 Tipe Teman Ini Bak Mutiara dalam Hidupmu Unsplash.com/ciottoo

Sudah pernah punya pengalaman gak enak sama orang yang senang mengungkit kebaikannya padamu dan memintamu membalasnya? Kalau kamu gak bisa memenuhi yang dia mau, ucapannya pada orang-orang tentangmu langsung menggelinding bak bola liar. Atau malah teman dekatmu sendiri ada yang begini?

Banyak yang bilang, makin ke sini, orang yang tulus makin sedikit saja. Entah kebenarannya. Namun apa pun itu, jika kamu masih mendapati orang yang tulus di sekitarmu, kamu benar-benar beruntung.

Ayo, coba perhatikan lagi di sekelilingmu. Ada berapa banyak mutiara yang selama ini luput dari perhatianmu?

Baca Juga: 7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmu

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya