Comscore Tracker

5 Cara Eksfoliasi Wajah untuk Pemilik Kulit Sensitif

Jangan sampai salah ambil langkah, ya!

Memiliki kulit sensitif membuatmu susah memilah produk perawatan wajah, terutama untuk eksfoliasi. Takut tidak cocok dan muncul break out akan menjadi kekhawatiran tersendiri. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara eksfoliasi wajah untuk pemilik kulit sensitif berikut.

1. Gunakan chemical exfoliator

5 Cara Eksfoliasi Wajah untuk Pemilik Kulit Sensitifunsplash/Charisse Kenion

Chemical exfoliator berfungsi untuk mengangkat kulit mati yang dapat menyumbat pori-porimu dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA. Cara pemakaiannya yaitu dengan cara menuangkan produk ini ke kapas. Lalu, usapkan secara perlahan pada area wajah dan leher. Kemudian tunggu sebentar hingga cairan meresap ke dalam kulit. 

2. Mulai dengan sabun muka yang gentle

5 Cara Eksfoliasi Wajah untuk Pemilik Kulit Sensitifunsplash/Matthew Tkocz

Memiliki kulit wajah yang sensitif, membuatmu susah untuk memilih jenis sabun muka. Karena apabila salah, sabun tersebut bisa menyebabkan breakout di kulit wajahmu.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memilih jenis sabun muka yang lembut di wajah. Pastikan sabun muka yang kamu pilih sudah melalui dermatological test ya! 

3. Atur frekuensi pemakaiannya

5 Cara Eksfoliasi Wajah untuk Pemilik Kulit Sensitifunsplash/Park Street

Untuk kulit sensitif, hal yang paling penting adalah sabun muka yang berjenis gentle mild. Frekuensi pemakaian skincare untuk kulit sensitif tidak perlu berkali-kali, asalkan diikuti oleh rangkaian yang tepat. 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

4. Jangan menggosok wajah terlalu kasar

5 Cara Eksfoliasi Wajah untuk Pemilik Kulit Sensitifunsplash/Tadeusz Lakota

Hindari menggosok kulit wajah terlalu kasar. Hal ini bisa membuat kulit kemerahan. Alhasil, wajahmu akan lebih rentan terhadap bahan kimia. Selain itu, akan membuat kulit wajahmu menjadi iritasi. 

5. Imbangi dengan rangkaian skincare yang lengkap

5 Cara Eksfoliasi Wajah untuk Pemilik Kulit Sensitifpinterest.com/LOOK

Kulit sensitif memang perlu nutrisi yang lebih banyak dibandingkan jenis kulit lainnya. Pemakaian toner dan sabun muka tidaklah cukup. Untuk itu, kamu perlu menambahkan serangkaian produk skincare untuk kulit sensitif. Misalnya, serum, sleeping mask, dan pelembab wajah. Tentunya, kamu cari yang dikhususkan untuk kulit sensitif ya! 

Tidak perlu khawatir lagi ya untuk melakukan eksfoliasi pada kulit sensitifmu! 

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Malam untuk Kulit Sensitif ala Chelsea Olivia 

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya