Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Fenomena Doxing, Sebarkan Data Pribadi di Internet

Kamu harus selalu waspada, ya!

Kejahatan media sosial ada banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah doxing. Secara singkat, doxing adalah kegiatan untuk menyebarkan atau membuka data pribadi mulai dari identitas sampai foto-foto tanpa persetujuan yang bersangkutan. 

Fenomena doxing di dunia maya bukan hal baru lagi. Banyak yang jadi korban dan tak jarang mengalami trauma hingga perasaan malu luar biasa. Ini dia beberapa dampak negatifnya. 

1. Rusaknya reputasi pribadi karena data diri yang tersebar masal di internet

5 Dampak Negatif Fenomena Doxing, Sebarkan Data Pribadi di Internetilustasi seseorang menggunakan laptop (pexels.com/Yan Krukov)

Fenomena doxing di internet dapat merusak reputasi seseorang karena seluruh data pribadinya disebar tanpa persetujuan. Mulai dari identitas bahkan sampai informasi keluarga yang jadi bulan-bulanan netizen.

Tentunya, hal itu sangat merugikan korban. Bahkan, teman terdekat dari korban doxing tak luput dari serangan, yang mana memberikan rasa takut dan trauma mendalam. 

2. Melanggar privasi karena menyebarkan data pribadi tanpa persetujuan

5 Dampak Negatif Fenomena Doxing, Sebarkan Data Pribadi di Internetilustrasi penyebaran data pribadi di internet (pexel.com/Mikhail Nilov)

Data pribadi yang disebarluaskan tanpa persetujuan adalah pelanggaran privasi. Bahkan, pelaku penyebaran bisa dipidana. Korban bisa saja menuntut pelaku dengan UU ITE atas dasar pelanggaran privasi. Tindakan doxing bisa disimpulkan sebagai kejahatan media sosial masa kini.

Baca Juga: 7 Hal yang Akan Kamu Dapat Jika Rehat dari Sosial Media, Hilang Stres!

3. Menimbulkan reaksi cyberbullying misalnya komentar jahat di media sosial atau panggilan teror via telepon

5 Dampak Negatif Fenomena Doxing, Sebarkan Data Pribadi di Internetilustrasi media sosial (pexel.com/Pixabay)

Dampak nyata dari doxing adalah reaksi cyberbullying. Korban bisa diolok-olok dan dihujani komentar jahat pada media sosialnya. Lalu, data atau foto yang tersebar berpotensi dijadikan objek pelecehan bagi banyak orang. 

Korban doxing juga sering mendapatkan teror melalui panggilan telepon ataupun chat dari orang tidak dikenal. Tak hanya korban yang terganggu, biasanya anggota keluarga juga tak luput dari sasaran. 

4. Data diri yang tersebar berpotensi diperjual belikan secara ilegal

5 Dampak Negatif Fenomena Doxing, Sebarkan Data Pribadi di Internetilustrasi pencurian data (pexel.com/Christina Morillo)

Data pribadi yang tersebar sangat berbahaya karena bisa diperjualbelikan secara ilegal. Misalnya untuk pinjaman online atau penggandaan data pribadi untuk kejahatan internet lainnya. 

Tak bosannya mengingatkan untuk selalu hati-hati dalam mengunggah data pribadi di internet. Jangan sampai aktivitasmu di dunia maya malah jadi bumerang. Hati-hatilah dalam berkomentar atau membuka situs yang tidak jelas. 

5. Menimbulkan perasaan takut, intimidasi, tertekan baik secara psikis atau mental bagi korban doxing

5 Dampak Negatif Fenomena Doxing, Sebarkan Data Pribadi di Internetilustrasi laki-laki ketakutan (pexels.com/Daniel Reche)

Korban doxing akan merasa takut, cemas dan tertekan secara psikis ataupun mental. Kenyataan bahwa semua informasi yang diunggah dalam internet bisa sangat berbahaya jika tidak hati-hati.

Belum lagi cemooh orang-orang yang menyerang kerabat terdekat. Doxing adalah ancaman yang serius karena menggangu privasi hidup orang lain, terutama dengan tujuan kejahatan atau mempermalukan hidup korban. 

 

Sebelum terjadi pada diri sendiri, kita bisa meminimalisirnya dengan beberapa tindakan, seperti tidak mengunggah dokumen penting sembarangan ataupun menulis informasi yang berpotensi jadi sumber kejahatan.

Kamu juga bisa menambahkan perlindungan password dengan proteksi dua langkah pada media sosial atau supaya tidak mudah diretas. Jadi, hati-hati ya, guys

Baca Juga: Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosial

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya