Comscore Tracker

5 Hal yang Pantang Dilakukan di Usia 20an Supaya Masa Muda Tak Sia-Sia

Manfaatkan waktu sebaik mungkin ya

Masa muda adalah saat yang berapi-api. Rasanya, ada begitu banyak impian dan rencana di kepala untuk segera diwujudkan.

Tapi tak jarang banyak anak muda yang terlalu santai, dan tanpa sadar membuang masa mudanya jadi sia-sia. Padahal usia muda adalah masa keemasan untuk melakukan yang terbaik agar tak menyesal kemudian.

Supaya kamu tak menyesal di masa yang akan datang, berikut ini 5 hal yang pantang dilakukan agar masa muda kamu tak sia-sia.

1. Tak punya rencana jelas untuk masa depan

5 Hal yang Pantang Dilakukan di Usia 20an Supaya Masa Muda Tak Sia-SiaUnsplash/Max Felner

Selagi muda, kamu harus punya rencana jelas untuk masa depan. Minimal, kamu punya bayangan jelas seperti apa mimpi, harapan dan cita-citamu.

Jangan sampai ketika kamu sudah menua, kamu kebingungan dan tak punya rencana apa-apa untuk hidup ke depan.

Penyesalan itu mengerikan dan waktu tak bisa diulang. Menyusun rencana masa depan itu sangat penting, agar hidupmu tak luntang-lantung ke depannya.

2. Sibuk membandingkan diri sampai lupa mengasah kemampuan sendiri

5 Hal yang Pantang Dilakukan di Usia 20an Supaya Masa Muda Tak Sia-Siaunsplash.com/ Jessica Castro

Terbiasa membandingkan diri dengan orang lain itu tak baik. Apalagi saat kamu scrolling Instagram, dan melihat teman sebaya sudah sukses, sedangkan kamu masih jadi remah-remah kue. Kalau membandingkan sebagai sarana motivasi diri tak apa, tapi kalau malah membuatmu jadi patah semangat, itu sangat berbahaya.

Setiap orang punya waktu untuk sukses yang berbeda-beda. Tak selayaknya kamu malah membandingkan diri sampai lupa mengembangkan kemampuan sendiri. Jangan sampai kamu tertinggal di belakang karena fokusmu terpecah dengan orang lain.

3. Terlalu boros sampai tak punya tabungan jangka panjang

5 Hal yang Pantang Dilakukan di Usia 20an Supaya Masa Muda Tak Sia-Siaunsplash.com/ Jake Ingle

Sesekali manjakan diri dengan penghasilan sendiri tak apa. Tapi kalau terlalu boros karena sibuk mengikuti tren kekinian tetap saja tak baik.

Kamu gak segan untuk bergaya hedonis demi pengakuan dan kepuasan semu. Bahka, rela berhutang sana-sini untuk memuaskan hasrat belanja. Padahal kamu sadar kalau tabunganmu mulai menipis bahkan kosong melompong.

Investasi selagi muda itu penting. Kalau belum pede untuk investasi, minimal kamu punya tabungan jangka panjang untuk ke depan. Percuma kalau pakai pakaian mahal dan nongkrong di kafe kekinian setiap hari, tapi kondisi keuangan kamu berbanding terbalik dengan gaya hidupmu.

4. Mengabaikan pendidikan

5 Hal yang Pantang Dilakukan di Usia 20an Supaya Masa Muda Tak Sia-Siaunsplash.com/Helloquence

Pendidikan itu penting lho. Di era global seperti sekarang, pendidikan adalah salah satu modal utama untuk mencapai masa depan yang cemerlang.

Kamu boleh saja bermimpi untuk jadi Mark Zuckerberg atau Bill Gates yang putus kuliah, tapi berhasil jadi deretan orang terkaya di dunia. Tapi, perlu diingat, kalau Mark dan Bill memang sudah pandai dari sananya.

Kalau kapasitas otakmu termasuk biasa saja, jangan sekali-kali mengabaikan studi kamu ya. Minimal, kamu harus selesaikan skripsi supaya berhasil jadi Sarjana untuk banggakan ayah dan ibu.

5. Tidak berani keluar dari zona aman

5 Hal yang Pantang Dilakukan di Usia 20an Supaya Masa Muda Tak Sia-Siaunsplash.com/ Isabell Winter

Usia muda adalah masa yang paling tepat untuk belajar dan mencoba semua hal. Dengan tenaga yang masih kuat dan pikiran yang fresh, kamu bisa mencoba apapun yang kamu impikan.

Jangan sampai kamu terlalu enak di zona aman ya. Mungkin kamu merasa kalau tempatmu sekarang adalah yang terbaik, padahal di luar sana kamu bisa mengembangkan kempuan untuk jadi lebih hebat lagi.

Rasa takut akan kegagalan memang mengerikan, padahal proses itulah yang membuatmu punya mental baja dan tahan banting. Hasil akhir memang penting, tapi bagaimana proses yang kamu jalani untuk jadi sukses, adalah kunci utama untuk membuatmu jadi hebat satu level.

Nah, itu dia beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan selagi muda. Agar tak menyesal di kemudian hari, tetap lakukan yang terbaik di masa muda kamu ya.

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya