Comscore Tracker

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan Cepat

Hidup jadi lebih tenang deh

Stres bisa saja muncul dengan tiba-tiba karena adanya masalah dalam hidup, tekanan pekerjaan, atau masalah asmara. Tak seperti datangnya yang bisa saja muncul, untuk menghilangkannya tak bisa saja hilang dengan sendiri. 

Perihal stres yang bikin hari-hari tak semenyenangkan lagi, rasa hampa dan hambar kemudian dunia adalah seakan teman yang berubah menjauh meninggalkan kita sendirian dalam masalah.

Tak usah ikut menyetujuinya, lebih baik tetap optimis dan positif semua bakal berlalu dengan baik. Sementara itu, kita bisa mencoba langkah cepat bagaimana cara menghilangkan stres yang akan membuat kita nyaman dan tenang di bawah ini.

1. Tarik napas dalam-dalam

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/pollianapoltronieri

Kita bisa sedikit lebih tenang dengan bernapas. Seperti kita tahu pernapasan bertindak sebagai alat pacu jantung untuk mengalirkan oksigen ke otak kita, jadi saat pikiran kita berjalan liar karena stres dan kekhawatiran, mungkin inilah saatnya untuk memperlambat napas dan memusatkan pikiran.

Mengambil sedikit waktu 30 detik untuk menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan menghembuskan napas perlahan melalui mulut akan mengatur aktivitas otak dan membuat relaksasi terjadi.

Sekarang coba deh, ambil nafas dalam-dalam kemudian lepas perlahan melalui mulut dengan merasa semua masalah juga ikut keluar dan rasakan apa yang terjadi.

2. Tertawa

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/rawpixel

Tips yang satu ini bukan suatu guyonan ya. Tertawa akan merangsang sirkulasi dan mengurangi ketegangan, itu juga merangsang otak dan mendorongnya untuk melepaskan endorfin positif sebagai gantinya.

Di laman Mayoclinic.org dijelaskan bahwa tertawa adalah obat terbaik stres. Tertawa merangsang banyak organ. Tertawa meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, menstimulasi jantung, paru-paru dan otot kita, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak kita.

3. Gunakan aroma terapi untuk lebih tenang

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/Devanath

Pernah mendengar ungkapan "Stop dan smell the roses"? Bukan saja wangi mawar, mencium aroma lavender, geranium, serta aroma terapi memiliki peran ampuh membuat perasaan lebih nyaman dan tenang.

Cobalah tempatkan buket bunga, diffuser atau dengan mengunakan yang paling simpel dengan aroma terapi di ruangn kita agar saat stres melanda perasaan kita bisa sedikit lebih tenang.

4. Menguyah permen karet

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/sferrario1968

Mengunyah permen karet juga manjur dilakukan untuk meredakan stres yang terjadi. Kita bahkan merasa nyaman tanpa disadari.

Sebuah studi tahun 2008 dari Swinburne University di Melbourne menemukan bahwa mengunyah permen karet mengurangi hormon stres kortisol dalam air liur sebesar 16 persen selama stres ringan, dan hampir 12 persen selama stres sedang. Yuk, mulai stok permen karet di tas masing-masing.

5. Berteriak, lepaskan semua beban kita

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay.com/RyanMcGuire

Yup, menjerit juga kita lakukan saat semua tak baik-baik saja. Sering kali stres menumpuk bukan karena kita gak dapat menangani banyak hal, tetapi karena kita menolak untuk melepaskan semuanya.

Saat merasa cemas di dada, terkadang hanya perlu teriakan yang bagus untuk mengeluarkannya semua yang selama ini menjadi beban.

Terapi dengan teriakan telah menjadi bentuk psikoterapi yang sukses untuk mereduksi kecemasan dan trauma yang bisa jadi penyebab stres sejak tahun 1970-an.

Untuk melakukannya kita bisa ambil bantal atau pergi ke suatu tempat terpencil dan berteriak sekeras yang kita bisa untuk merasakan katarsis.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

6. Cobalah untuk sedikit meregangkan tubuh

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay.com/sasint

Meski terlihat simpel, meregangkan tubuh bisa membuat lebih baik. Sama saat melakukan yoga secara penuh, meluangkan waktu sejenak untuk meregangkan otot yang tegang akan membantu menimbulkan perasaan tenang.

Peregangan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, yang membantu menstabilkan sistem saraf. Kita dapat melakukan gerakan menyentuh jari-jari kaki untuk menghilangkan stres sepanjang hari.

7. Bermain dengan hewan peliharaan

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/ElizabethLi

Mempunyai hewan peliharaan memang sangat menyenangkan, bukan saja, mengajarkan bagaimana untuk bertanggung jawab. Lebih dari itu, menghabiskan beberapa menit untuk membelai kucing, bermain dengan anjing, memberikan makan ikan atau hamster dapat membuat kita rileks dan memicu perasaan gembira.

Jika kita gak memiliki hewan peliharaan atau belum bisa mempunyai hewan peliharaan sendiri, alternatifnya kita dapat pergilah ke cafe bertema anjing atau kucing yang sudah banyak di Indonesia.

8. Dengan minum teh

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/StockSnap

Beberapa teh mempunyai kadar asam amino yang membantu menenangkan. Teh hijau dan lemon adalah pereda stres yang populer.

Teh hitam juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengatur hormon stres. Untuk itu, umum disarankan untuk minum secangkir teh dalam sehari.

9. Bernyanyi

Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan CepatPixabay/icsilviu

Jangan khawatir meski kita gak memiliki suara yang cukup bagus, mengekspresikan diri dengan bernyanyi tak memerlukan itu. Cukup putar lagu yang menjadi favorit kita dan mari bernyanyi bersama.

Bernyanyi dapat mendorong otak untuk melepaskan oxycontin, yang berperan penting agar kita merasa nyaman. Ini juga merangsang saraf vagus yang mengontrol respons relaksasi kita. Yuk, mulai lantunkan lagu-lagu favorit kita!

Beberapa tips atau cara menghilangkan stres di atas mungkin dapat dicoba saat kita merasa cemas, saat kita merasa hidup tak baik-baik saja untuk dijalani. Meski begitu kita harus tetap menjalani hidup, semua pasti berproses dan bakal dilewati kok, tugas kita gak boleh menyerah dan kudu tetap survive ya. Semoga bermanfaat guys!

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Stres

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya