Comscore Tracker

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Stres

Mulai dari mengunyah permen karet sampai mencuci piring

Saat kamu dikelilingi situasi yang bikin stres dan tidak punya waktu senggang, ada cara-cara sederhana yang bisa membantu agar kamu tetap tenang.

Percaya atau tidak, kebiasaan mengunyah permen karet atau minum jus jeruk adalah cara efektif meredakan tingkat stres. Simak ulasannya!

1. Mengunyah permen karet

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Strespexels.com/TOPHEE MARQUEZ

Hasil riset yang telah dipublikasikan di jurnal Appetite berjudul Chewing gum, occupational stress, work performance and wellbeing: An intervention study (2012) menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa meredakan stres baik di dalam atau luar pekerjaan.

Lebih jauh lagi, hasil riset itu menunjukkan bahwa mengunyah permen karet juga bisa meredakan rasa capek, cemas, depresi, dan memicu suasana hati yang positif.

2. Merawat tanaman

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Strespexels.com/bruce mars

Dilansir dari laman situs Washington State University berjudul Impact of interior plants on human stress and productivity (2017), bukan hanya sekadar sebagai hiasan, tanaman juga bisa menjadi pereda stres. Merawat tanaman di ruang kerja bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan produktivitas.

3. Menangis

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Strespexels.com/Ikon Republik

Kita hidup dalam budaya dimana menangis di usia dewasa dianggap sebagai kelemahan. Sebenarnya, menangis adalah cara yang baik untuk meluapkan emosi dan meredakan stres. Otot yang tegang akan kendur dan tekanan darah yang naik akan turun karena kita lega setelah menangis.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Mata Panda, Sering Melakukan?

4. Minum jus jeruk

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Strespexels.com/JÉSHOOTS

Jeruk dikenal banyak orang kaya vitamin C dan bisa meredakan stres dengan efektif. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk bisa menekan hormon kortisol yang jadi pemicu stres. Tidak salah rasanya jika kita disarankan minum jus jeruk sebagai rutinitas harian.

5. Mencuci piring

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meredakan Strespexels.com/Burst

Berdasarkan riset dari Florida State University berjudul Chore or stress reliever: Study suggests that washing dishes decreases stress (2015), saat kamu fokus pada wangi sabun, dinginnya air, dan halusnya permukaan piring ternyata bisa mengurangi rasa gugup sampai 27 persen.

Jadi, jika kamu merasa stres, lebih baik pergi ke dapur dan cuci piring kotor dengan tangan sendiri.

Nah, itulah lima kebiasaan sederhana yang ternyata bisa meredakan stres. Apakah kamu mau mencobanya?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Karyawan dalam Memilih Makan Siang, Kamu yang Mana?

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya