Comscore Tracker

5 Bahaya yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sabar, Rugi Banget!

Jangan diteruskan lagi

Seringkali dalam melakukan kegiatan atau bahkan pekerjaan, banyak yang tidak bisa mengontrol emosinya. Hal ini tentu bukan hal yang jarang, karena pada dasarnya setiap orang punya kemampuan masing-masing dalam mengontrol dirinya sendiri. 

Kesabaran adalah salah satu hal yang masih sulit dilakukan oleh seseorang. Bukan karena ingin semuanya cepat selesai dan buru-buru, namun terkadang rasa tertekan itulah yang membuatnya ragu dan menjadi tidak sabar. 

Namun, jangan khawatir terlebih dahulu. Pastinya kamu harus mengetahui apa saja dampak yang akan timbul kalau kamu tidak sabar. Berikut adalah 5 hal tersebut, semoga kamu bisa lebih mengerti lagi supaya tidak menjadi kebiasaan. 

1. Merugikan orang lain

5 Bahaya yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sabar, Rugi Banget!ilustrasi pria depresi (pexels.com/Inzmam Khan)

Hal pertama yang akan terjadi jika kamu tidak sabar adalah merugikan orang lain. Alasannya adalah ketika kamu tidak sabar, terkadang lingkungan sekitarmu akan menjadi pelampiasan. Atau bahkan, kamu akan menghalalkan segala cara supaya apa yang kamu ingin lekas terwujudkan. 

Kegiatan tersebut tentu akan sangat merugikan orang di sekitarmu. Bisa saja mereka akan merasa bingung dan ketakutan, karena mereka tidak tahu masalahnya tapi dengan mudah kamu melampiaskan begitu saja. 

2. Merusak kepercayaan

5 Bahaya yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sabar, Rugi Banget!ilustrasi perempuan sedih (pixabay.com/DanaTentis)

Ada saatnya kamu akan dipercaya oleh orang lain. Entah itu dalam melakukan sebuah tugas penting, atau bahkan pekerjaan yang membutuhkan kesabaran. 

Nah, ketika kamu tidak sabar dalam melaksanakan kewajiban tersebut, bisa saja hasilnya akan berantakan. Kemungkinan besar hal itu akan merusak kepercayaan yang telah diamanahkan ke kamu. 

3. Menimbulkan rasa kecewa

5 Bahaya yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sabar, Rugi Banget!ilustrasi wanita kecewa (unsplash.com/Sydney Sims)

Selain kedua dampak sebelumnya yang cukup buruk, berikutnya adalah menimbulkan rasa kecewa. Hal ini berkaitan dengan diri sendiri atau bisa juga berdampak ke orang lain.

Misalnya saja, ketika kamu melakukan kegiatan lalu tidak sabar dalam menyelesaikannya. Besar kemungkinannya akan timbul rasa kecewa karena merasa sia-sia dengan apa yang telah kamu kerjakan. 

Mungkin dampaknya akan sangat terasa menyesakkan, karena telah membuang waktu hanya untuk hal yang tidak mungkin berhasil. Padahal, semua butuh proses dan kesabaran juga sangat diperlukan. 

Baca Juga: 5 Cara Keliru Menguji Kesabaran Pasangan, Awas Menyesal!

4. Selalu takut gagal

5 Bahaya yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sabar, Rugi Banget!ilustrasi wanita insecure (pexels.com/Liza Summer)

Hayo, siapa yang sering merasa gagal setelah memperjuangkan apa yang tak pernah dicapai? Hal ini bukanlah sesuatu yang perlu disesali. Karena, sebenarnya kita hanya perlu sebuah kesabaran dalam melakukannya. 

Tidak peduli sudah berapa kali kamu mencoba, asalkan masih ada keyakinan untuk berhasil, ya harus dicoba. Lakukan secara konsisten jika kamu mau berhasil. Bagaimana cara kamu sukses kalau selalu takut gagal? 

5. Tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki

5 Bahaya yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sabar, Rugi Banget!ilustrasi menghadapi toxic (unsplash.com/Christian Erfurt)

Keyakinan dalam mengerjakan suatu kegiatan memang dibutuhkan. Karena beberapa hal yang tidak dilandasi rasa yakin akan berdampak pada ketidakseriusan. 

Entah kamu percaya atau tidak, menanamkan rasa yakin pada diri sendiri bisa menjadi kamu lebih semangat dalam segala situasi. Tentunya dalam hal ini, kamu butuh yang namanya kesabaran. Jadi, jangan sampai tidak yakin lagi! 

Kesimpulannya adalah, kesabaran sangatlah penting untuk diimplementasikan dalam segala segi kehidupan. Bukan berarti dengan kesabaran bisa menyelesaikan semuanya, tapi dengan sabar kita bisa lebih paham dengan adanya proses. 

Harus kamu ingat, bahwa segala sesuatu itu memerlukan proses dan tidak ada yang instan. Makanan instan saja juga butuh proses dalam menyajikannya, kok. Apalagi kegiatan lain yang justru membutuhkan waktu tidak sebentar. 

Baca Juga: 5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya