Comscore Tracker

5 Langkah Bangun Personal Branding sebagai Penulis di Media Sosial

Tulisanmu bisa menjangkau lebih banyak pembaca

Sebagai seorang penulis, belum cukup rasanya jika hanya sekadar menulis tanpa mau mengembangkan hal lain sebagai penunjang. Tulisan yang dihasilkan seorang penulis tentu juga pasti membutuhkan pembaca. Nah, salah satu cara mendapatkan pembaca itu adalah dengan membangun personal branding.

Mengikuti perkembangan teknologi, media sosial cukup berperan penting sebagai wadah bagi penulis. Berikut 5 langkah yang wajib kamu coba untuk membangun personal branding sebagai penulis di media sosial. Jangan sampai kamu melupakan pentingnya untuk membangun personal branding ini, ya!

1. Mengenali kelebihan diri sendiri untuk memulainya

5 Langkah Bangun Personal Branding sebagai Penulis di Media Sosialilustrasi menulis (unsplash.com/Brooke Cagle)

Setiap orang pasti mempunyai kelebihannya masing-masing, termasuk juga dengan jiwa seorang penulis. Nah, kalau kamu masih belum tahu harus memulai dari mana, coba untuk memperhatikan diri kamu sendiri lebih menyukai membaca tulisan seperti apa. 

Sebab tulisan fiksi dan nonfiksi itu berbeda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah kamu bisa meyakinkan diri lebih suka membaca buku dengan genre seperti apa. Bisa jadi dari buku bacaan itu kamu menemukan banyak inspirasi baru. Tentu saja untuk menjadi penulis harus mau banyak membaca juga.

2. Tentukan sosial media yang ingin dikembangkan

5 Langkah Bangun Personal Branding sebagai Penulis di Media Sosialilustrasi mengedit photo (unsplash.com/Nathana Rebouças)

Ada banyak sosial media yang bertebaran saat ini. Kamu bisa mencoba untuk menjadi pengguna terlebih dahulu. Kalau dirasa cocok dan nyaman dengan konten-konten yang ada, baru kemudian kamu membuat konten versi kamu. Misalnya, media sosial, seperti TikTok, Instagram, YouTube, atau bahkan Twitter. 

Tentu, semua mempunyai target pasar yang berbeda. Begitu juga variasi konten yang diminati para penggunanya. Pemilihan media sosial ini juga pasti membutuhkan waktu. Kamu harus menjelajahi terlebih dahulu yang sekiranya konten itu lebih ramai di mana sebelum benar-benar mempelajari algoritmanya lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Personal Branding Bagi Penulis

3. Menulis dengan percaya diri dan sesuai kemampuan

5 Langkah Bangun Personal Branding sebagai Penulis di Media Sosialilustrasi tersenyum (unsplash.com/Soundtrap)

Kalau kamu seorang penulis, tentu harus percaya dengan diri sendiri terlebih dahulu sebelum mempublikasikan tulisan ke banyak orang. Nah, cara paling utama supaya percaya dirimu semakin meningkat adalah memastikan menulis sesuai kemampuan.

Jangan hanya menulis karena mengikuti tren yang sedang ramai. Sebab, ketika hasilnya tidak sesuai ekspektasi, kamu bisa kecewa dan enggan melanjutkan. Penting untuk kamu percaya dengan usaha sendiri sehingga menikmati setiap proses yang ada.

4. Konsisten dalam menulis dan membuat konten

5 Langkah Bangun Personal Branding sebagai Penulis di Media Sosialilustrasi berpikir (unsplash.com/bruce mars)

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah konsisten. Ini masih menjadi tantangan paling berat bagi setiap penulis baik pemula atau senior sekalipun. Meskipun konsisten ini berat untuk dijalani, jika diperjuangkan akan menghasilkan hasil yang luar biasa. 

Bahkan, terkadang kamu sampai lupa dengan perjuangan karena sudah menikmati hasil konsisten itu. Menulis dan jangan lupa untuk membuat konten di media sosial kamu, ya. Keduanya sangat berkaitan satu sama lain dan akan menghasilkan hal yang luar biasa.

5. Bergabung ke komunitas untuk memperluas relasi dengan penulis lainnya

5 Langkah Bangun Personal Branding sebagai Penulis di Media Sosialilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Icons8 Team)

Terakhir dan jangan sampai kamu abaikan adalah bergabung ke komunitas. Adanya komunitas akan membuatmu semakin semangat dalam berjuang. Selain menemukan penyemangat dan teman satu frekuensi, di dalam komunitas sudah pasti banyak relasi yang akan kamu dapatkan. 

Ini bisa menjadi poin penting yang sulit didapatkan di tempat lain. Namun, penting untuk memperhatikan komunitas yang benar-benar baik dan sesuai. Sehingga, kamu bisa mendapatkan hasil lebih maksimal. Jangan hanya bergabung di sembarangan komunitas.

Personal branding bagi seorang penulis bisa dibilang sangat penting. Sebab dengan adanya bantuan media sosial, personal branding akan tercipta dengan baik. Alhasil akan semakin banyak jangkauan pembaca yang kamu dapatkan untuk membaca karya-karyamu. Kalau kamu sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas atau belum?

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menampilkan Personal Branding, Harus Dihindari, nih!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya