Comscore Tracker

5 Manfaat Menulis Diary yang Jarang Diketahui, Anti Lebay!

Baik untuk kesehatan mental

Banyak dari mereka yang menganggap kegiatan menulis diary adalah hal yang sangat lebay dan berlebihan. Tak jarang pula yang merendahkan hobi dan kesukaan dalam bidang kepenulisan ini.
Padahal kegiatan menulis diary ini sangat bermanfaat, loh!

Ada banyak sekali alasan yang harus kamu tahu, mengapa kamu harus menulis buku diary. Siapa tahu kamu akan termotivasi untuk melakukan kegiatan menulis diary setelah ini. Daripada penasaran, yuk langsung baca karena banyak manfaatnya!

1. Sebagai obat anti stress

5 Manfaat Menulis Diary yang Jarang Diketahui, Anti Lebay!ilustrasi orang ragu (unsplash.com/Annie Spratt)

Kesedihan seseorang bisa saja timbul dan membuatnya menjadi stress. Ketika kamu bingung memahami diri sendiri dan kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan, menulis buku diary bisa jadi alternatif pelampiasan. Seseorang bisa saja melampiaskan kekesalannya dalam bentuk tulisan yang dirangkum dalam buku diary

Adanya aktivitas menulis di buku diary, kamu bisa bebas dan tidak perlu memperhatikan ejaan yang baik dan benar. Paling penting, kamu bisa melepaskan semua beban yang kamu rasakan. Tujuan utamanya yaitu berusaha meluapkan rasa kesal yang tak bisa terbendung.

2. Sarana menyampaikan aspirasi dan gagasan

5 Manfaat Menulis Diary yang Jarang Diketahui, Anti Lebay!ilustrasi mnulis puisi untuk lomba (pexels.com/Anna Tarazevich)

Bingung mau menyampaikan aspirasi atau gagasan? Sampaikan saja melalui tulisan. Kalau kamu takut dan belum siap, mungkin buku diary ini bisa jadi perantara sementara. Bisa saja kamu menyampaikan gagasan itu, lalu kamu buat sekreatif mungkin dan menghasilkan suatu karya.

Kalau kamu mau, bisa saja kamu ajukan ke media yang menerima. Banyak kok, yang bisa menerima tulisan atau gagasan kamu itu. Misalnya saja koran, atau media online lainnya. Daripada ide kamu hanya berhenti dipikiran, lebih baik kamu curahkan. Buku diary bisa kamu jadikan tempat penampung sementara jika masih merasa ragu.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan ketika Menghadapi Krisis Ide Menulis

3. Lebih mengenal dan mencintai diri sendiri

5 Manfaat Menulis Diary yang Jarang Diketahui, Anti Lebay!ilustrasi mengikhlaskan dan berdoa (unsplash.com/Ben White)

Menulis diary selain bisa dilakukan seorang diri, ternyata ada manfaat tersembunyi, loh. Ketika kamu mencoba menulis diary, secara tidak langsung kamu bisa meluangkan waktu untuk lebih tenang. Mengambil jeda waktu untuk memenangkan diri dengan menulis, adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. 

Bisa saja kamu merasakan lelah setelah berjuang seharian, kemudian dengan menulis diary setidaknya energimu kembali terisi. Mencurahkan semua keluh kesahmu di dalam buku diary adalah pilihan, ketika kamu ingin mencintai dan lebih dekat dengan diri sendiri.

4. Sebagai pengingat kenangan dan mengabadikan momen penting

5 Manfaat Menulis Diary yang Jarang Diketahui, Anti Lebay!ilustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Kalau kamu punya kenangan tentang kehidupan, kisah cinta, atau bahkan perjuangan meraih impian. Kamu bisa mencoba menulisnya di buku diary, loh! Cobalah tulis sekreatif mungkin dan lakukan secara konsisten supaya terasa manfaat nya. Siapa tahu, kenangan itu bisa menginspirasi orang lain, atau bahkan diri kamu sendiri untuk lebih semangat ke depannya.

Menulis kejadian dan momen di dalam buku diary, juga sangat bermanfaat terhadap kedisiplinan. Kamu bisa menyempatkan waktu dalam sehari, minimal satu tulisan di buku diary itu. Tidak harus hal-hal yang kamu anggap berkesan, cukup yang sekiranya pantas untuk diabadikan.

5. Menulis diary menjadikan namamu abadi

5 Manfaat Menulis Diary yang Jarang Diketahui, Anti Lebay!ilustrasi menulis (pexels.com/Ida Bagus Anggarama)

Tulisan dan namamu di dalam buku diary akan menjadi saksi bahwa kamu pernah menulis sebuah tulisan. Meskipun kamu ingin menyimpan secara rahasia, namun tidak masalah jika kamu sudah mempercayakan ke orang terdekat. Apalagi, jika kamu telah menulis dengan baik dan bisa menginspirasi orang lain yang telah membacanya.

Kesimpulannya, menulis diary sangat bermanfaat dan bisa dilakukan siapa saja. Tidak perlu khawatir jika dibilang lebay atau berlebihan, selama apa yang kamu lakukan adalah hal baik, maka tidak ada salahnya. Apapun yang kamu tulis adalah saksi bahwa kamu pernah merasakan banyak kejadian yang tak semuanya bisa dijelaskan secara langsung.

Baca Juga: 5 Momen Waktu Inspiratif agar Lancar Menulis, Bye Writer's Block

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya