Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas Muncul di Pagi Hari, Bikin Produktif

Salah satunya adalah dengan bangun lebih pagi

Seseorang punya aktivitas pagi hari yang berbeda-beda. Mulai dari bangun lebih awal untuk berolahraga ataupun sekadar duduk dan membaca buku sembari menikmati secangkir kopi hangat di luar ruangan.

Namun, tidak sedikit juga yang justru merasakan cemas berkepanjangan di pagi hari itu. Rasa ini seringkali menjadikan hari-hari seseorang terasa berat. Nah, jika kamu sendiri familiar dengan hal tersebut, berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas yang kerap muncul di pagi hari.

1. Bangun tidur lebih awal dan melakukan peregangan

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas Muncul di Pagi Hari, Bikin Produktifilustrasi olahraga (unsplash.com/Karsten Winegeart)

Memilih untuk bangun lebih awal adalah opsi terbaik yang bisa kamu coba. Lalu lanjutkan dengan peregangan sederhana. Meskipun di awal terasa berat, namun jika kamu terus melakukan ini berulangkali setiap hari akan menjadi terbiasa dengan sendirinya.

Selain mempunyai waktu yang lebih banyak, bangun awal bisa membuatmu semakin bergairah untuk melakukan aktivitas. Supaya kamu tidak mengantuk di saat menjelang siang, usahakan tidur yang cukup dan lebih awal juga. Buatlah jadwal tersendiri supaya kamu semakin disiplin.

2. Hindari membuka ponsel saat di tempat tidur

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas Muncul di Pagi Hari, Bikin Produktifilustrasi membalas pesan (unsplash.com/Pradamas Gifarry)

Meskipun hal ini terkesan sepele dan terasa tidak berdampak buruk, ternyata bisa menjadikan rasa cemas timbul berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena ketika kamu membuka ponsel, kemungkinan besar akan melihat berbagai aktivitas orang lain yang diposting di media sosialnya.

Hal juga berpotensi membuatmu membandingkan betapa indahnya kehidupan orang lain, ataupun melihat story teman-teman yang sudah lebih dulu sukses menikmati hari-hari mereka. Padahal, sebenarnya kamu tidak perlu melakukan hal itu. Setiap orang punya jalan suksesnya masing-masing.

Usahakan jangan terlalu sering membuka media sosial jika berujung membanding-bandingkan.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Pagi dengan Tepat, Bikin Harimu Jadi Luar Biasa!

3. Jangan terbiasa mematikan alarm dan menundanya

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas Muncul di Pagi Hari, Bikin Produktifilustrasi mematikan alarm (unsplash.com/Luke Chesser)

Fitur alarm yang bisa dimatikan ataupun ditunda sebenarnya bisa bermanfaat apabila kamu ingin tidur lebih panjang. Namun, kebiasaan ini bisa membuatmu menjadi seseorang yang suka menunda-nunda sehingga ketergantungan pada waktu dan bisa saja menimbulkan kecemasan.

Pastikan kamu membuat jadwal bangun tidur lebih teratur sehingga tidak ada alasan lagi untuk menunda. Sangat disarankan apabila kamu bisa terbangun lebih dahulu tanpa menanti alarm berbunyi. Ini bisa memunculkan rasa kemandirian dan kepercayaan diri yang semakin meningkat. 

4. Segera mandi dengan air yang dingin

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas Muncul di Pagi Hari, Bikin Produktifilustrasi mandi (unsplash.com/Spencer Davis)

Beberapa orang lebih memilih untuk mandi dengan air hangat dengan alasan lebih tenang dan tidak kedinginan. Apalagi di pagi hari yang jelas terasa sangat sejuk dan menggigil jika memaksa mandi dengan air dingin.

Namun ternyata, mandi dengan air dingin di pagi hari mampu membangkitkan semangat untuk melalui aktivitas sehari yang menguras tenaga dan pikiran. Air dingin bisa membuatmu semakin antusias dalam mencoba hal baru, juga meminimalisir rasa cemas.

Usahakan untuk membiasakan diri dengan mandi air dingin karena semuanya akan terasa biasa ketika kamu mau mengusahakan di setiap harinya. Sesekali tidak masalah jika ingin menggunakan air hangat. Namun jangan terlalu rutin dan menimbulkan ketergantungan. 

5. Biasakan sarapan yang sehat dan bergizi

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas Muncul di Pagi Hari, Bikin Produktifilustrasi makan bersama (unsplash.com/Dan Gold)

Ternyata sarapan yang kamu lakukan di pagi hari juga berpengaruh pada semangat dalam mengerjakan aktivitas seharian, lho. Maka dari itu, sangat disarankan untuk sarapan yang sehat dan bergizi. Bisa juga dengan menambahkan beberapa camilan kesukaan yang bisa dinikmati bersama keluarga besar.

Kalau kamu tidak sempat untuk memasak, cobalah menikmati secangkir minuman hangat dan beberapa roti untuk memulai hari. Kenyataannya, rasa cemas bisa timbul akibat kurangnya asupan dalam tubuh dan membuat semangat menurun. Padahal, pagi hari sangat bagus untuk memulai segalanya dengan penuh antusias yang tinggi. 

Kesimpulannya, memulai segala sesuatu di pagi hari dengan beragam aktivitas sederhana sangat dianjurkan. Meskipun segalanya tidak mudah dan terasa cukup berat, namun ketika kamu mencoba melakukannya secara rutin maka bisa membentuk kebiasaan yang lebih baik untuk mengatasi rasa cemas.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Belum Bisa Menikmati Hidup, Mudah Cemas!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya