Comscore Tracker

5 Alasan Berbuat Baik Bikin Kita Bahagia, Gak Akan Menyesal!

Yuk, sebar kebaikan! #IDNTimesLife

Sejak kecil, kita tentu terus diajari untuk berbuat baik kepada siapa saja. Entah itu orang yang kita kenal, atau bahkan orang yang baru saja kita temui. Tentunya, jika memiliki kepekaan yang tinggi, kita akan tumbuh dengan sifat baik ini dan menjadi sosok teladan yang patut dicontoh. 

Faktanya, ternyata berbuat baik gak hanya membuat kita bermanfaat bagi orang lain, lho. Kebaikan yang kita lakukan juga akan kembali pada kita dan menjadikan kita lebih bahagia. Kok bisa? Begini nih penjelasannya, guys. 

1. Aura positif jadi terpancar dari diri kita

5 Alasan Berbuat Baik Bikin Kita Bahagia, Gak Akan Menyesal!ilustrasi orang berbuat baik (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setiap kali kita melakukan kebaikan, aura positif akan terpancar dari diri kita. Aura inilah yang membuat kita menjadi lebih bersemangat. Apa pun yang kita lakukan setelahnya terasa lebih ringan dan bisa kita selesaikan dengan mudah. 

Bahkan jika terjadi hal-hal yang gak menyenangkan, kita bisa mengabaikannya dan gak mempermasalahkan hal itu. Makanya jangan malas berbuat baik, ya. 

2. Kita jadi merasa hidup ini lebih bermakna

5 Alasan Berbuat Baik Bikin Kita Bahagia, Gak Akan Menyesal!ilustrasi orang berbuat baik (pexels.com/Andres Ayrton)

Setelah melakukan suatu kebaikan, kita pasti akan merasa hidup ini lebih bermakna. Akan ada perasaan bahwa keberadaan kita di dunia ini ternyata gak sia-sia. Kita juga bisa memberi manfaat dengan kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain. Gak heran kalau kita akan merasa bahagia. 

Baca Juga: Jangan Pilih-Pilih, 5 Alasan Kamu Perlu Berbuat Baik pada Semua Orang

3. Kebaikan yang kita lakukan mendatangkan kebaikan lainnya

5 Alasan Berbuat Baik Bikin Kita Bahagia, Gak Akan Menyesal!ilustrasi orang berbuat baik (pexels.com/Tim Douglas)

Pernah dong mendengar istilah bahwa kebaikan yang kita lakukan akan kembali dalam bentuk kebaikan lainnya? Ini benar banget lho, guys. Mungkin kamu gak akan langsung merasakannya, tapi pasti akan kamu alami setelah melakukan kebaikan untuk orang lain. 

4. Kita juga jadi lebih mudah bersyukur

5 Alasan Berbuat Baik Bikin Kita Bahagia, Gak Akan Menyesal!ilustrasi orang berbuat baik (pexels.com/RODNAE Productions)

Menolong orang yang mengalami kesulitan atau sedang membutuhkan uluran tanganmu akan membuat kamu merasa bersyukur. Kamu jadi bisa menyadari bahwa ada orang yang hidupnya gak seberuntung kamu dan bahwa apa yang kamu keluhkan selama ini adalah sesuatu yang diinginkan orang lain. Dengan kesadaran seperti ini, kamu tentunya jadi lebih bisa menjalani hidup dengan perasaan penuh rasa syukur. 

5. Minimnya pikiran negatif yang datang menghampiri

5 Alasan Berbuat Baik Bikin Kita Bahagia, Gak Akan Menyesal!ilustrasi orang berteman (pexels.com/Kamaji Ogino)

Sering membantu orang lain akan membuat pikiranmu dipenuhi oleh hal-hal positif. Kamu akan selalu bisa melihat suatu kejadian dari sudut pandang yang berbeda. Ini akan menjauhkanmu dari berbagai pikiran negatif. Pasti bahagia banget ya menjalani hari demi hari dengan pikiran positif. 

Berbuat baik gak hanya mendatangkan kemudahan pada orang lain, tapi juga akan menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih bahagia. Makanya kita selalu dianjurkan untuk menyebarkan kebaikan di mana pun kita berada. Jadi, sudahkah kamu berbuat baik hari ini? 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Berbuat Baik juga Perlu Dilakukan dengan Bijak

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya