Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicoba

Jadikan pemicu bagi dirimu!

Merasa iri pada orang yang lebih sukses, lebih duluan berhasil, dan hidupnya terlihat lebih bahagia adalah hal yang wajar. Namanya juga manusia, kita bisa aja merasa sedikit tersentil saat melihat kehidupan orang lain yang sepertinya punya segalanya. Tapi, iri bisa menjadi sebuah penyakit hati yang berbahaya.

Makanya, daripada membiarkan diri ini dikontrol oleh rasa iri, ada baiknya kita yang mulai memanfaatkan perasaan tersebut dan menjadikannya sebagai motivasi. Lalu bagaimana caranya? Ini nih beberapa yang bisa kamu terapkan.

1. Daripada nyinyir di belakang, cobalah terhubung dengan orang itu

5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicobaunsplash/Johanna Buguet

Daripada rasa iri yang kamu rasakan malah berubah menjadi sebuah kebencian, ada baiknya kamu mencoba terhubung dengan orang tersebut. Cobalah untuk berteman dan menjalin persahabatan dengannya. Kenal dia lebih dekat secara personal dan jadikan sosoknya sebagai panutan.

2. Kamu bisa menanyakan kiat-kiat suksesnya

5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicobapexels.com/fauxels

Selanjutnya, setelah kamu berhasil menjalin pertemanan lebih dekat dengannya, tanyakan kiat-kiat suksesnya selama ini. Bagaimana perjalanan hidupnya sehingga dia bisa mencapai titik seperti sekarang. Pasti ada banyak perjuangan yang bisa kamu ambil hikmahnya.

Baca Juga: Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang Lain

3. Jalinlah pertemanan dengannya dan teman-temannya

5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib DicobaUnsplash.com/CardMapr

Berteman dengan orang sukses bikin kamu juga ikut terbawa ke arah kesuksesan. Jadi, cobalah untuk menjalin pertemanan juga dengan teman-teman orang tersebut. Gak cuma menambah relasi, ini juga bisa menjadi jalan bagimu untuk meraih kesuksesan seperti mereka.

4. Ikuti jalannya dengan tetap berinovasi versi kamu sendiri

5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicobaunsplash/Martino Pietropoli

Setelah berteman dengan orang sukses, kamu pasti mulai tau kiat-kiat dan cara mereka meraih kesuksesan. Sekarang, sudah ada jalan yang bisa kamu ikuti kan? Mulailah berjalan di jalan tersebut dan tetap berinovasi sesuai caramu sendiri. Pelan tapi pasti kamu akan sampai ke tujuan.

5. Setiap kehilangan semangat, kamu bisa mengingat rasa iri tersebut

5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicobaunsplash/Nghia Le

Rasa iri yang semula ada, harus tetap dijadikan sebagai pemacu semangat. Kamu bisa mengingat perasaan tersebut ketika keinginan untuk menyerah tiba-tiba datang. Memang, jalan menuju sukses itu gak gampang, tapi yakinlah bahwa kamu pasti bisa.

Membiarkan diri dipengaruhi terlalu dalam oleh sebuah rasa iri hanya akan mendatangkan kerugian yang gak bermanfaat untukmu. Lebih baik, jadikan rasa iri tersebut sebagai motivasi yang bisa mengantarkanmu pada kesuksesan. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerja

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya